Lebah Madu, Lebih dari Komersil, Menentukan Keberlangsungan Kehidupan
BUDIDAYA

Lebah Madu, Lebih dari Komersil, Menentukan Keberlangsungan Kehidupan

3 weeks ago
594 views

Peran Lebah Madu Dalam Kehidupan

Lebah madu merupakan spesies kunci dalam kehidupan. Fungsi utamanya sebagai spesies penyerbukan pada sekitar 70% tanaman yang menyokong sekitar 30% pasokan pangan global menjadikan keberadaan lebah madu penentu keberlangsungan kehidupan di bumi.

Laporan penurunan jumlah koloni lebah madu di seluruh dunia menjadi kekhawatiran banyak pihak. Penurunan tersebut dikhawatirkan mengganggu keseimbangan ekosistem dan berdampak besar pada pertanian. 

Para peneliti dan pemerhati lingkungan menduga penurunan jumlah koloni lebah madu berhubungan dengan pemanasan global, penggunaan pestisida, dan peningkatan radiasi gelobang elektromagnetik. Apa yang terjadi jika sampai koloni lebah mengalami kepunahan?

“If the bee disappeared off the surface of the globe then man would only have four years of life left,” sebuah kata-kata bijak yang sering dikaitkan dengan Albert Einstein.

Lebah, Lebah Madu dan Tradisi Panen Madu

Lebah termasuk kelompok bangsa serangga atau ordo Hymenoptera (sayap bening) yang membesarkan sayapnya dengan serbuk sari dan madu. Bangsa lebah beranggotakan 12.000 spesies. Selain suku Apidae yang hidup berkoloni, ragam jenis serangga umumnya hidup soliter. 

Lebah madu termasuk serangga sosial yang hidup berkoloni dan memiliki beragam sebutan. Di Jawa disebut tawon gung dan gambreng, di Sumatera Barat disebut lebah gadang, gantuang, kabau, jawi dan sebagainya. Di Tapanuli disebut harinuan, di Kalimantan dan suku Belu (tetum terik) di Timor disebut wani dan di Tataran Sunda lebih dikenal dengan sebutan tawon odeng.

Di beragai daerah tersebut sebelum memanen madu, masyarakat terlebih dahulu melakukan ritual, upacara yang terdiri dari berbagai tata cara yang pada intinya meberlakukan alam sebagai mitra, melakukan puja-dan puji syukur atas limpahan hasi alam dari Yang Maha Kuasa.

3 Lebah Madu yang Dapat Dibudidayakan 

Lebah madu sendiri ada yang dapat dibudidayakan/diternakan, dan ada yang liar, tidak dapat dibudidayakan. Lebah madu yang dapat dibudidayakan diantaranya, Apis dorsata, Apis mellifer, dan  Apis cerana.

1. Apis dorsata 

Dikenal dengan madunya sebagai madu alam atau madu hutan. Spesies lebah ini hanya berkembang di Asia, termasuk Indonesia, meliputi daerah Sumatera, sampai NTT dan Papua. Sudah dibudidayakan, dengan produtivitas 15 -25 kg per koloni.

2. Apis carena 

Lebah madu ini juga merupakan lebah madu asli Asia, hampir bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia. Budidaya lebah ini dengan menggunakan gelodok atau stup dengan produktivitas 2-5 kg per koloni.

3. Apis mellifera 

Lebah madu import dari Italia. Lebah madu ini lebih besar dari Apis cerana, tidak ganas, mudah dibudidayakan dengan proditivitas mencapai 20-60 kg madu per koloni, sehingga sangat cocok untuk usaha budidaya lebah madu untuk skala komersial.

Ekosistem Sekitar Untuk Budidaya Lebah Madu

Budidaya atau beternak lebah madu sangat tergantung kepada keberadaan bunga dari tanaman yang ada di sekitar koloni berada. Keberadaan bunga bagi lebah madu sangat penting. Lebah pekerja mendatangi semua bunga yang berpotensi menjadi sumber pakan, baik dalam bentuk nektar maupun serbuk sari.

Untuk lebah madu Apis cerana memiliki daya jelajah antara 350 m hingga 2,1 km (Oldroyd dan Wongsiri, 2006). Oleh karena itu, ketika membudidayakan atau beternak lebah madu jenis Apis cerana harus didukung oleh adanya bunga secara berkesinambungan pada radius tersebut. 

Lebah Madu, Lebih dari Komersil

Dengan fungsi utama lebah madu sebagai spesies yang melakukan penyerbukan, membantu perkembangbiaan tanaman, dan manfaat yang dihasilkan dari lebah madu berupa madu yang serat dengan manfaat, terutama bagi kesehatan, serta budidaya atau peternakannya yang membutuhkan ekosistem yang “subur” dan seimbang, usaha beternak lebah madu tidak hanya memenuhi nilai komersil, tetapi juga secara langsung menjaga keseimbangan kehidupan.

img feature: GenAgraris.ID
https://keajaibanlebah.com/jenis-lebah-madu-yang-dapat-dibudidayakan/
http://www.libelium.com/temperature-humidity-and-gases-monitoring-in-beehives/
Retno Widowati. Studi Usaha Ternak Lebah Madu Indigoneus Indonesia Apis cerana Secara Tradisional Di Bali. Universitas Nasional.
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more