Kognisi Wirausaha sebagai Aplikasi Kognisi Sosial dalam Kewirausahaan
KEWIRAUSAHAAN

Kognisi Wirausaha sebagai Aplikasi Kognisi Sosial dalam Kewirausahaan

3 months ago
410 views

Judul diatas menggunakan kata “seorang wirausaha”, sementara untuk menggantikan kata”pengusaha”. Penggunaan kata tersebut dimaksudkan untuk memperluas subyek, tidak sebatas pada orang yang usaha yang sifatnya profit oriented, karena kognisi sosial melekat dan penting tidak hanya bagi pengusaha, tetapi bagi setiap manusia.

Kognisi Sosial

Kognisi sosial adalah tata cara manusia dalam menginterpretasi, menganalisa, mengingat dan menggunakan informasi tentang dunia sosial, Baron & Byrne (2003). Wirausaha, sebagai wujud atas kewirausahaan, yaitu karakter, sifat dan prinsip atau nilai diri, merupakan usaha untuk merepresnetasikan itu dalam dunia sosial, karena manusia sebagai mahluk sosial.

Titik temu antara jiwa kewirausahaan yang ada didalam diri manusia dengan manusia sebagai mahluk sosial dijembatani oleh kognisi sosial. Kognisi sosial tertanam secara alamiah, terdiri dari perangkat keras dan perangkat halus, otak dan kesadarannya, yang digerakan oleh suatu daya diri, berasal dari lubuk diri manusia. Kognisi sosial dapat dikatakan sebagai modul yang melekat pada pikiran manusia, berfungsi untuk memahami dunia sosial.

Kognisi Wirausaha

Peran dan pengaruh kognisi sosial dalam kewirausahaan banyak menarik perhatian para akademisi dan ahli yang mendalami bidang kajian kewirausahaan. Seorang wirausaha merupakan orang yang mengarungi jalan ketidakpastian dan ketidakmenentuan, terbiasa dan mampu menghadapi situasi dan keadaan itu. 

Suatu keadaan yang pada ujungnya dapat disimpulkan sebagai peluang atau ancaman, kesempatan atau kesempitan, penerimaan atau penolakkan bagi seorang wirausaha dengan kecerdasan kognisinya, mampu diberdayaakan menjadi situasi atau keadaan yang mendukung, atau sejalan dengan jalan wirausahanya. Sikap dan prilaku seorang wirausaha menjalani dan menghadapi ketidakpastian dan ketidakmenentuan itu disebut entrepreneurial cognition

Entrepreneurial cognition adalah struktur pengetahuan yang digunakan oleh manusia untuk menilai, mengevaluasi, memformulasikan, mengembangkan, dan memutuskan tindakan-tindakan wirausaha (Mitchell, Busenitz, 2002). 

Output antara ketidakpastian dan ketidakmenentuan dengan kesesuaian atau kesesejalanan ketetapan wirausaha seseorang adalah tindakan yang mencerminkan karakteristik diri yang dibutuhkan dan mewakili citra diri dari masyarakat, kosumen, atau klien.

Peran & Pengaruh Kognisi Wirausaha

Kecerdasan prilaku kognisi wirausaha, adalah kecerdasaan mengolah itu, melalui berbagai proses kognisi, skema, atensi dan lainnya, yang pada intinya tindakan cermat dan tepat yang berasal dari karakter kedirian sesuai dengan kebutuhan dan citra diri masyarakat.

Dalam lingkup bisnis wujudnya dapat berupa, produk atau layanan yang otentik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan citra diri segmen konsumen. Dalam skala personal, kognisi wirausaha merupakan struktur pengetahuan manusia untuk memahami manusia lain. 

Hubungan manusia dengan manusia lain dalam sebuah kontek sering kali tidak 100 persen dijabarkan dengan jelas posisi, maksud, dan tujuannya. Dalam hubungan manusia dengan manusia lainnya ada rasa dan estetika, sehingga kebenaran tidak harus disampaikan dengan pernyataan jujur, tetapi dapat disampaikan secara implisit melalui prilaku dan pemaknaan-pemaknaan lainnya.

Kognisi wirausaha memproses itu, sehingga mampu memahami manusia lain secara jernih dan utuh. Dalam situasi dan kondisi serta konteks tertentu, mampu mengidentifikasi atensi dan menjabarkan skema secara keseluruhan, sehingga dapat memutuskan untuk bertindak secara tepat dan otentik, sesuai dengan kebutuhan manusia dan citra diri manusia lainnya.

Negosiasi & Kedalaman Kognisi Rasa

Dalam proses itu juga terjadi tawar-menawar, baik nilai, prinsip, prilaku dan tujuan. Dalam bisnis itu sangat berguna untuk negosiasi. Kecerdasan kognisi wirausaha ini yang membuat seorang wirausaha memiliki keahlian negosiasi lebih.

Seorang wirausaha dituntut untuk terus mengasah kecerdasan kognisi wirausahanya, karena tidak semuanya dapat dikomunikasikan, dan tidak semuanya dapat terungkap melalui survei. Kecerdasan kognisi wirausaha, harus mampu mengungkap sampai pada rasa, yang merupakan ungkapan citra diri dari konsumen.

img feature: GenAgraris.ID
Ryan L. Mattews, Kelly R. Hall, Lucy M. Mattews. Application of New Theory of Entrepreneurship: Social Cognition.
http://sumberilmupsikologi.blogspot.com/2015/08/kognisi-sosial-berfikir-tentang-dunia_2.html
https://dosenpsikologi.com/proses-pembentukan-kognisi-sosial
66 Shares
 
Update Lainnya
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Berbagai kajian dan penelitian terbaru menunjukan tumbuhan mempunyai kesadaran, bahkan kecerdasan, walau berbeda dengan organisme lainnya, seperti kelompok binatang.
3 days ago
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
Sebagai sumber daya vital, keberadaan dan ketersediaan air, dalam pengelolaannya dikembangkan berbagai teknologi, seperti teknologi hujan buatan, fog harvesting, irigasi pintar, dan ASRG.
5 days ago
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
"Smart & Digitalization Farming Conference Indonesia 2019" erhasil menyajikan gambaran dan pemahaman yang jelas menyangkut penerapan teknologi pertanian berbasis digital.
2 weeks ago
Load more