Kelor, Potensi Produk dan Startup Olahannya yang Mendunia
RINTISAN

Kelor, Potensi Produk dan Startup Olahannya yang Mendunia

Admin
4 months ago
453 views

Akhir tahun 2018 lalu, salah satu duta petani muda asal NTT, Meybi Agnesya Lomanledo memperkenalkan produk olahan daun kelor, coklat kelor sebagai produk unggulannya. Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae.

Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain, limaran, moringa, ben-oil (dari minyak yang bisa diekstrak dari bijinya), drumstick (dari bentuk rumah benihnya yang panjang dan ramping), horseradish tree (dari bentuk akarnya yang mirip tanaman horseradish), dan malunggay di Filipina.

Tanaman kelor tumbuh subur dan tersebar di seluruh Indonesia. Bagi masyarakat Nusantara, kelor merujuk pada keseluruhan terutama pohon dan daunnya merupakan tanaman serat manfaat dan khasiat, terutama untuk pengobatan tradisional, dengan berbagai teknik atau metodenya.

Kelor, Miracle Tree

Suatu anggapan yang salah jika tanaman kelor disebut sebagai tanaman mistis yang dikaitkan dengan hantu dan sejenisnya. Adapun pemanfaatan tanaman kelor, terutama daun kelor yang terkenal sebagai penolak bala merupakan pemanfaatan dengan teknik atau metode yang berbeda dengan metode ilmiah.

Walau metodenya berbeda, penelitian ilmiah juga menyatakan bahwa kelor merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat. Pada tahun 2008, kelor mendapatkan anugerah “plant of the year” dari National Institute of Health (NIH) Amerika Serikat.

Bahkan, The Guardian, dalam laporannya pada November 2018 lalu menyebut tanaman ini sebagai “miracle tree” alias “pohon ajaib”. Itu merujuk pada keterangan FAO yang menyatakan bahwa tanaman seluruh bagiannya bisa dimakan, mulai dari akar sampai kulit kayunya, tumbuh dengan cepat dan tahan kekeringan, dengan benih yang dapat menjernihkan air.

Kuli Kuli Startup Kelor yang Mendunia

startup produk olahan moringa kelor
angel.co (edit)

Masyarakat Eropa & Amerika Serikat sangat mengagumi tanaman satu ini. Hingga, salah satu startup yang masuk kategori social entrepreneurship, dengan basis produksi (penanaman) di Afrika, pengembangan produk makanan olahan dan kesehatan dari kelor berhasil menggebrak pasar Amerika.

Kuli Kuli adalah nama brand skaligus nama startup itu. Startup yang berbasis di Oakland, pada tahun 2017 berhasil mengumpulkan pendanaan putaran seri A sebesar $ 4,25 juta. Lisa Curtis selaku CEO dan Co-Founder mengembangkan produk olahan kelor dengan produksi yang layak secara ekonomi maupun standarisasi komersil berhasil menjadikan tanaman kelor sebagai makanan yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sisi Sosial dan Sisi Entrepreneurship

Sejak awal, Kuli Kuli telah menggunakan teknologi dalam penggalangan dana. Debut produknya di Indiegogo, terhubung dengan angel investor melalui AgFunder dan memperoleh pinjaman melalui Kiva. Startup ini juga menggunakan teknologi eksklusif dalam memproses pabrik kelor, yang disebut "makanan super," menjadi batangan, serbuk, teh dan minuman energi.

Kuli Kuli terhubung dengan para wanita yang merupakan petani di Afrika Barat, Amerika Selatan dan Karibia, membeli panen moringa mereka dengan harga yang wajar dan kadang-kadang memberikan dukungan tambahan, melalui proyek-proyek tertentu, yang membantu para petani dan komunitas local untuk menanam pohon kelor, dan belajar tentang nutrisi. 

Pada tahun 2017, Kuli Kuli melaporkan bahwa mereka telah mendukung 800 petani perempuan dan membantu menanam 200.000 pohon kelor.

Peluang Bisnis Kelor

Mengingat potensi alam, budaya lokal, seperti resep, dan teknik pemanfaatan tradisional lainnya, serta peluang yang sangat terbuka terutama untuk produk kesehatan, semoga ini menjadi inspirasi wirausaha bagi petani muda untuk mengembangkan lagi kelor menjadi produk bernilai ekonomi tinggi.

img feature: http://srigading.bantulkab.go.id/
http://jogja.tribunnews.com/2018/11/15/tanaman-kelor-kerap-disebut-pohon-ajaib-ini-sederet-manfaat-tanaman-dan-daun-kelor
http://www.netralnews.com/news/rsn/read/165524/menyingkap-mitos-pohon-pohon-berkekuatan-gaib
http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/8935/Seminar-Ilmiah-Tanaman-Obat-Kelor-----Kekuatan-Budaya-Nusantara-untuk-Kesehatan-Dunia---.html
https://techcrunch.com/2017/01/11/kuli-kuli-raises-4-25-million-to-make-moringa-a-mainstay-in-the-us-diet/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor
66 Shares
 
Update Lainnya
Kandungan dan Keunggulan Lima Sumber Pangan Alternatif Pengganti Nasi
Kandungan dan Keunggulan Lima Sumber Pangan Alternatif Pengganti Nasi
Sagu, sukun, umbi kayu, umbi jalar, merupakan pangan alternatif pengganti beras yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok dengan kandungan nutrisi yang tinggi.
1 week ago
Potensi dan Tantangan Budidaya Buah Kurma Di Indonesia
Potensi dan Tantangan Budidaya Buah Kurma Di Indonesia
Budidaya buah kurma di Indonesia berhasil membuat kurma ini sebagai buah segar yang dapat dipanen pada umur 150 hari.
6 days ago
Mengenal Benih Unggul Kopi Robusta dari Pagar Alam
Mengenal Benih Unggul Kopi Robusta dari Pagar Alam
Kopi robusta pagar alam, varietas kopi unggulan dengan cita rasa, hasil panen, dan harga tinggi, serta bermanfaat bagi kesehatan.
6 days ago
Load more