Kandungan dan Keunggulan Lima Sumber Pangan Alternatif Pengganti Nasi
TRADISI

Kandungan dan Keunggulan Lima Sumber Pangan Alternatif Pengganti Nasi

1 month ago
117 views

Sebagian besar masyarakat Indonesia akan mengatakan belum makan jika belum makan nasi dalam satu hari. Hal tersebut didukung dengan data konsumsi beras nasional yang trendnya selalu mengikuti pertumbuhan jumlah penduduk setiap tahunnya.

Pangan Pokok

Beras menjadi makanan pokok bukan hanya bagi penduduk Indonesia, tapi juga bagi sebagian besar penduduk di Asia. Selain beras, gandum menjadi makanan pokok lainnya yang paling banyak dikonsumsi. Adapun makanan pokok seperti sagu konsumsinya bersekala lokal.

 

Sebagai negeri agraris, dimana potensi sumber pangan berlimpah, tidak bijak jika Indonesia hanya bergantung pada beras sebagai sumber pangan pokok. Sumber pangan pokok seperti sagu perlu dipertahankan, bahkan sumber pangan lainnya yang memiliki potensi menjadi makanan pokok perlu dikembangkan.

Sumber Pangan Pengganti Beras

Komoditas lain sebagai sumber pangan alternatif pengganti beras banyak tersedia dan tumbuh sumbur di Indonesia. Komoditas alternatif tersebut memiliki nutrisi yang hampir sama atau melebihi kandungan nutrisi beras. Selain itu, sumber pangan alternatif lain pengganti beras juga mudah dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat.

 

Berikut beberapa komoditas sumber pangan alternatif pengganti beras, diantaranya yaitu:

1. Jagung (Zea mays).

Sebagain bahan makanan, jagung berada di posisi ke-dua setelah beras dengan nilai gizi yang yang hampir sama dengan beras. Selain itu, sebagai sumber bahan alternatif, jagung memiliki beberapa faktor yang diperlukan, diantaranya: rasa dan bau yang netral, harga lebih murah dari beras, dapat disimpan lama, dan mudah diusahakan.

2. Ubikayu (Manihot esculanta).

Dikenal juga dengan sebutan singkong, memang telah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ubikayu yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, dapat dikonsumsi langsung sebagai bahan pangan dan memiliki beberapa variasi untuk dibuat sebagai bentuk lain makanan.

 

Kandungan nutrisi dari ubikayu yaitu kaya akan vitamin C dan karbohidrat. Namun, ubikayu kurang akan lemak dan protein sehingga pemanfaatan ubikayu sebagai sumber makanan pokok harus diimbangin dengan tambahan protein hewani agar diet menjadi seimbang.

 

Selain itu, konsumsi ubikayu juga perlu diwaspadai karena kandungan racunnya, yang dapat dihilangkan melalui proses pemasakan yang optimal (untuk ubikayu setengah pahit) dan proses pengolahan yang lebih modern seperti di pabrik (untuk ubikayu pahit).

3. Ubi Jalar (Ipomea batatas).

umbi jalar
Umbi Jalar. GenAgraris.ID

Diketahui sudah menjadi komoditas bahan makanan pokok di beberapa daerah tertentu, seperti Papua. Oleh karena itu, ubi jalar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengganti beras sebagai sumber pangan yang mengandung karbohidrat. Kandungan serat pada ubi jalar diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan, yakni dapat menyerap lemak atau kolesterol darah.

4. Sagu (Metroxylon sagu Rottb.)

Sagu dimanfaatkan sebagai jenis komoditas alternatif pengganti beras, dalam bentuk tepung sagu. Kandungan nutris pati sagu memiliki nilai gizi yang sama dengan tepung beras. Sagu yang bisa dikonsumsi apabila sudah berumur 3-5 tahun. Biasanya, sagu diolah menjadi olahan makanan yang terkenal dengan sebutan bapeda yang dihidangkan dengan ikan kuah kuning.

5. Sukun (Artocarpus altilis)

Sukun dapat dijadikan sebagai pangan alternatif karena kandungan nutrisi yang relatif tinggi. Dalam 100 gram berat basah sukun mengandung karbohidrat 35,5%, protein 0,1%, lemak 0,2%, abu 1,21%, fosfor 35,5%, kalsium 0,21%, besi 0,0026%, kadar air 61,8% dan serat atau fiber 2%.

 

Selain itu, keberadaan sukun tidak seiring dengan pangan utama, yakni beras. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberadaan sukun sebagai seumber pangan alternatif dapat menutupi kekosongan produksi pangan utama (beras).

 

Apabila pada bulan-bulan terjadi paceklik padi, maka sukun dapat dipakai sebagai pangan alternatif. Musim panen sukun dua kali setahun, yakni pada panen raya bulan Januari - Februari dan panen susulan pada bulan Juli - Agustus. 

 

Daerah penyebaran sukun  hampir merata di seluruh wilayah di Indonesia, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, diketahui juga tanaman sukun jarang terserang hama dan penyakit yang membahayakan, maka hal ini memungkinkan sukun untuk dibudidayakan.

 

Buah sukun yang telah dimasak mengandung sumber vitamin A dan B komplek yang tinggi, tetapi kandungan vitamin C menjadi rendah.

 

Selain itu, kandungan mineral seperti Ca dan P, pada buah sukun diketahui lebih baik daripada kentang dan kira-kira sama dengan yang ada pada ubi jalar.

Persepsi Masyarakat Terhadap Pangan Pokok Selain Nasi

Saat ini komoditas diatas kebanyakan diolah dan dikomsumsi sebagai makanan sekunder, cemilan, jajanan dan lainnya. Potensi komoditas diatas menjadi sumber pangan pokok pengganti beras atau nasi sekarang sangat terbuka mengingat image atau persepsi masyarakat terhadap pangan pokok selain beras sebagai makanan kelas dua semakin memudar.

img: Jagung dan umbi jalar di pertanian organik, Agato Farm. GenAgraris.ID
  1. http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/509-manfaat-sukun-sebagai-sumber-pangan-alternatif
  2. Dahlia Simanjuntak. 2006. Pemanfaatan Komoditas Non Beras Dalam DIverifikasi Pangan Sumber Kalori. Jurnal Penelitian Bidang Ilmu Pertanian 4 (1); 45-54
  3. Ume Humaedah, Iman Priyadi, Sundari. 2012. Umbi-Umbian Sumber Karbohidrat Pengganti Beras. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian
  4. https://www.sampulpertanian.com/2017/05/7-bahan-makanan-alternatif-pengganti.htm
66 Shares
 
Update Lainnya
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Menjadi pemasok buah dan sayuran untuk pasar modern market dan horeka akan lebih mudah jika usahatani sudah siap dengan pasar ini.
22 hours ago
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pasar, kondisi lahan, cuaca menjadi pertimbangan penanaman jenis tanaman yang akan ditanam pada usahatani buah dan sayuran.
2 days ago
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Kemitraan merupakan asas fundamental bisnis. Jalinan kemitraan antar mitra dalam lingkup yang lebih luas menyatakan eksistensi bisnis tidak ada.
3 days ago
Load more