Intrapreneurship, Elaborasi dan Kolaborasi Jiwa Pekerja dan Jiwa Kewirausahaan
KEWIRAUSAHAAN

Intrapreneurship, Elaborasi dan Kolaborasi Jiwa Pekerja dan Jiwa Kewirausahaan

3 weeks ago
277 views

Berada pada sebuah sistem yang mapan, terstruktur, terencana dan terspesifikasi bukan berarti terhidar dari risiko perubahan. Pada perusahaan yang mapan dan kokoh secara organisasi dan finansial sekalipun sebenarnya perubahan-perubahan didalam perusahaan tetap terjadi.

Karyawan, Pekerja dan Perusahaan

Dalam satu lingkup yang terbatas, terencana dan terstruktur sering kali karyawan tidak merasakan adanya perubahan didalam perusahaan itu sendiri, karena memang tinggal mengikuti alur dan sistem yang ada.

Ini memang paradok. Disatu sisi semakin besar perusahaan dituntut untuk membangun sistem baku dengan segala prosedur dan administrasinya. Disisi lain, dengan sitem tersebut terbangun batasan-batasan yang membatasi kreativitas karaywan.

Banyak perusahaan besar sekarang ini membangun pusat inovasi yang terpisah dari perusahaan induknya dengan sistem yang sudah mapan. Baik untuk mewadahi karyawan berbakat mengerjakan sebuah proyek pengembangan, atau sebagai ajang pencarian dan penampungan inovasi dari luar untuk diakuisisi dan dikembangkan.

Risiko Keamanan dan Kenyamanan

Ini mengurangi risiko gejolak pada perusahaan yang sudah mapan. Perusahaan induknya yang sudah mapan tetap berjalan sebagai mana mestinya. Namun, perusahaan tetap mengembangkan inovasi dan kreativitas baik dari dalam, karyawannya sendiri maupun dari luar.

Bagi karyawan perusahaan besar atau perusahaan yang sudah mapan, keamanan finansial dan kenyamanan yang didapat sebenarnya bukan tanpa kompensasi. Atas keamanan dan kenyamanan tersebut, kompensasinya adalah patuh terhadap sistem, risikonya "dikecilkan" kreasinya, "dibatasi" geraknya.

Dikecilkan dan dibatasi dalam tanda petik, adanya unsur karyawan itu sendri yang membatasi dan mengecilkan dirinya sendiri. Memang awalnya sistem membatasi, tapi lama-kelamaan karyawan nyaman dan terlena dengan ruang lingkup yang terspesifikasi tersebut.

Intrapreneurship

Jiwa manusia seluas semesta, imajinasi manusia dapat mencapai tak terhingga. Perubahan setiap detik terjadi, gairs tangan tidak ada yang dapat menerka, manusia tidak dapat menghindar dari perubahan-perubahan kecil maupun besar, baik psikis maupun fisik.

Perusahaan akan senang dan sudah pasti diuntungkan jika karyawannya mempunyai jiwa kewirausahaan, bekerja sebagai seorang wirausaha, mengerti dan memahami pososinya sebagai seorang wirausaha didalam perusahaan.

Bagi karyawan sendiri, sebagai manusia ia tidak bisa lepas dari jiwa kewirausahaan. Karyawam adalah pekerja sekaligus wirausahawan. Begitu juga wiraswastawan, wirausahawan sekaligus juga pekerja.

Didalam diri manusia, terdapat jiwa wirausaha juga jiwa pekerja. Apa yang tepat atau kapan diperukan yang dominan, antara jiwa atau tindakan pekerja dan wirausaha keseimbangannya merupakan elaborasi dan kolaborasi yang harmonis dan selaras antara keduanya terhadap setiap pekerjaaan.

"Beruntung" bagi karyawan di perusahaan besar yang menemukan jalannya, mampu men-semesta-kan yang terbatas, mencintai pekerjaanya dan bekerja dengan cinta. Ini memang yang diharapkan perusahaan dan karyawan.

Beruntung disini artinya karyawan yang mampu mengelaborasi dan mengkolaborasikan antara pekerja dan wirausaha didalam dirinya, pada setiap pekerjaan sesuai dengan situasi, kondisi dan tujuannya. 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more