Habitat, Budidaya, Manfaat dan Produk Turunan Madu Lebah Klaceng
BUDIDAYA

Habitat, Budidaya, Manfaat dan Produk Turunan Madu Lebah Klaceng

RuthMW
3 weeks ago
438 views

Dalam dunia tanaman, serangga seringkali dikenal sebagai organisme pengganggu tanaman (OPT) atau hama. Namun, ada salah satu jenis serangga yang sangat bermanfaat, baik bagi manusia maupun bagi tanaman itu sendiri.

 

Jenis serangga tersebut adalah lebah madu, yang memiliki simbiosis mutualisme dengan tanaman karena serangga berperan sebagai pollinator (penyerbuk). Selain itu, simbiosis muatualisme tersebut dapat dioptimalisasi oleh manusia melalui budidaya lebah madu untuk memperoleh produk berupa madu dan propolis.

Tetragonula sp. atau Lebah Klaceng

Umumnya, budidaya lebah madu di Indonesia dilakukan pada jenis serangga lebah Apis yang memiliki sengat, seperti A. cerana (lebah Asia/local) maupun A. mellifera. Namun, perlu diketahui, ada jenis lebah madu yang juga sering dan sudah dibudidaya oleh peternak lebah madu. Jenis lebah madu tersebut adalah lebah Tetragonula sp. (nama sebelum revisi: Trigona spp.) spatau stingless bee (lebah tanpa sengat).

 

Di beberapa daerah di Indonesia, lebah Tetragonula sp. (gala-gala, lebah lilin) dikenal dengan sebutan klanceng (Jawa), teuweul (Sunda), atau kelulut (Melayu, Dayak-Kalimantan Barat, Riau, dan Kepulauan Riau).

 

Lebah madu Tetragonula sp. atau lebah klanceng merupakan salah satu jenis serangga sosial yang hidup berkoloni/kelompok. Satu koloni terdiri dari kasta reproduktif yaitu lebah ratu dan lebah jantan, serta kasta non-reproduktif, yaitu lebah pekerja.

 

Ciri dari lebah klanceng diantaranya, warna tubuh hitam, tidak memiliki sengat (stingless bee) dan tidak agresif, sehingga lebih memudahkan peternak saat memanen karena tidak menyengat. Ukuran tubuh lebah ini relatif kecil, yakni sekitar 0,8 cm. Di habitat alaminya, lebah klanceng ini dapat ditemukan sarangnya di dalam lubang-lubang pohon, celah dinding, ataupun di lubang-lubang bambu di dalam rumah.  

Budidaya atau Pembiakan Lebah Klaceng

Lebah klanceng diketahui mulai dibudidaya oleh beberapa masyarakat secara terbatas dengan menggunakan batang-batang bambu yang dibelah lalu diikat dengan tali. Namun, saat ini, teknik budidaya lebah klanceng yang sering dilakukan diantaranya, yaitu:

  1. pembuatan stup: biasanya menggunakan kayu yang berserat halus, ukuran standar rata-rata 20 x 15 x17 cm.
  2. pemindahan koloni: dilakukan dari habitat alam ke dalam stup ataupun dari satu stup ke stup lain, dilakukan malam hari (karena semua anggota koloni berada di dalam sarang).
  3. pemeliharaan: dilakukan secara periodik dan rutin, diantaranya cek keberadaan semut atau hewan kecil lainnya.
  4. pemanenan madu dan propolis: umumnya dilakukan secra manual dengan menggunakan pisau kikis, tergantung pada kondisi lingkungan, pakan dan kesehatan koloni, dilakukan 1-3 dalam setahun.
  5. setelah pemanenan: madu dan propolis diletakkan di wadah untuk ditiriskan, yang bertujuan agar madu tetap steril dengan tidak banyak kontak langsung dengan tangan.

Manfaat & Produk Turunan Madu Lebah Klaceng

Habitat, Budidaya, Manfaat dan Produk Turunan Madu Lebah Kelaceng
Stup, tempat budidaya lebah klaceng, yang dikembangkan oleh finalis duta petani muda 2018

Madu dan propolis merupakan produk dari hasil budidaya lebah klanceng yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Madu berasal dari nektar yang diproses secara ferementasi oleh lebah pekerja di dalam sarang. Sedangkan propolis berasal sejenis resin yang dikumpulkan lebah pekerja dari berbagai tumbuhan.

 

Berdasarkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu dan propolis dari lebah klanceng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu lebah klanceng diketahui efektif dalam menghambat dan membunuh bakteri.

 

Hal tersebut, karena kandungan fruktosa dan glukosa, serta tingkat keasaman pada madu klanceng yang sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Memang madu yang diproduksi oleh lebah klanceng dikenal dengan rasanya yang asam.

 

Selanjutnya, beberapa penelitian terhadap propolis lebah klanceng, diketahui bermanfaat sebagai antibiotik alami sehingga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk kesehatan dan kecantikan seperti facial oil, aromatic healing, body butter, dan body scrub.

img: sarang madu lebah klaceng. edit

 

  1. M. Ma’ruf, Gina Alia Mawaddah, Nisa Nur Agistni Eriana, Farah Indah Swari, Syaidatul Aslamiah, Leka Lutpiatina. 2018. MADU LEBAH KELULUT (Trigona Spp.) DALAM AKTIFITAS TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus RESISTEN. Jurnal Skala Kesehatan: Vol.9, No.1
  2. Mellisa Rani Savitri Djajasaputra. 2010. POTENSI BUDIDAYA LEBAH Trigona DAN PEMANFAATAN PROPOLIS SEBAGAI ANTIBIOTIK ALAMI UNTUK SAPI PO. Skripsi. IPB Press.
  3. https://www.itb.ac.id/news/read/5440/home/lebah-tanpa-sengat-sumber-inspirasi-untuk-lahirkan-inovasi
  4. Annisa Dian Angraini. 2006. Potensi Propolis Lebah Madu Trigona spp sebagai Bahan Antibakteri. Skripsi. IPB Press.
  5. http://bp2sdm.menlhk.go.id/emagazine/index.php/umum/66-budidaya-lebah-madu-trigona-sp.html

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more