Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
INDUSTRI

Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka

1 month ago
293 views

Modern market merupakan salah satu pasar potensial bagi usahatani buah dan sayuran. Modern market merujuk pada pasar modern, retailer, dan pasar bisnis modern, seperti rretailer modern swalayan, retailer toko modern, dan horeka (hotel, restoran dan kafe) modern. 

Salah satu karakteristik pasar ini adalah harga pembelian buah dan sayuran tinggi dan cenderung stabil. Keberadaan pasar ini tentunya di daerah perkotaan, di mall yang banyak restoran wetern dan orteintal. Pemasokan buah dan sayuran pasar modern market adalah untuk konsumen akhir dengan segmen middle-up.

Pemasaran Buah dan Sayuran Pasar Modern Market

Untuk menjadi pemasuk buah dan sayuran ke pasar ini usahatani pertama dapat mendata terlebih dahulu daftar swalayan dan restoran modern yang ada disuatu kota. Setelah itu, datangi satu-persatu, tanyakan kebutuhan buah dan sayuran disuatu gerai atau restoran.

Biasanya, setelah menanyakan kepada karyawan di gerai atau restoran, akan dipertemukan dengan store manager atau restoran manajer. Jika store manajer ada di tempat biasanya diminta untuk menunggu, jika tidak biasanya diminta membuat janji meet up. Tapi, yang penting adalah mendapatkan contact person pada suatu gerai atau restoran.

Ketika bertemu dengan store manajer biasanya akan ditanya seputar buah dan sayuran yang akan dipasok dan secara singkat dijelaskan kebijakan perusahaan untuk pemasok. Lalu, selanjutnya akan diminta ke kantor pusat, atau bertemu dengan bagian yang mempunyai kewenangan atau menangani supplier atau pemasok langsung. Nama bagian ini pada setiap perusahaan bisa berbeda-beda.

Disitulah tergambar secara jelas bisa atau tidaknya menjadi pemasok buah dan sayuran untuk suatu gerai atau restoran.

Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market & Horeka

Menjadi pemasok buah dan sayuran untuk pasar modern market dan horeka akan lebih mudah jika usahatani sudah siap dengan pasar ini. Pasar retailer swalayan modern market dan horeka terutama untuk segmen western dan oriental merupakan pasar dengan persyaratan. Artinya, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memnjadi pemasok buah dan sayuran untuk pasar ini.

Terutama untuk grading, packaging dan pembayaran, persyaratannya tiap retairel modern swalayan dan restoran bisa berbeda. Lebih jelasnya itu dapat ditanyakan langsung ketika bertemu dengan pemegang otoritas di restoran atau swalayan.

Persiapan atau Pemahaman Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market & Horeka

Sebagai penjajakan pasar, bagi usahatani buah dan sayuran berikut persiapan atau pemahaman untuk masuk pasar modern market dan horeka.

1. Kontinyuitas

Persiapan utama masuk pasar modern market dan horeka adalah kemampau koninyuitas pasokan pemasok. Untuk pasar ini, bisa saja hanya menysupai satu peoduk komoditas buah dan sayuran, seperti brokoli atau jeruk lemon. Tapi, rutin untuk berapa hari atau minggu sekali.

2. Kualitas

Persiapan lain yang menentukan untuk pasar modern market dan horeka adalah kualitas produk. Pasar ini akan meminta jaminan pemenuhan kualitas produk. Artinya, usahatani harus melakukan grading dan wrapping, dan sudah mempunyai pasar lain untuk menjual produk yang tidak memenuhi grading dan wrapping.

3. Packaging

Detail pemenuhan packaging atau pengemasan untuk pasar modern market dan horeka bisa ditanyakan langsung ketika melakukan penawaran. Prinsipnya untuk pasar ini meminta persyaratan packaging, supaya produk tidak mudah rusak saat pengiriman, dan juga labeling untuk pasar swalayan. Jadi, akan ada biaya tambahan untuk packaging dan labeling.

4. Harga dan pembayaran

Setelah yakin kontinyuitas dan kualitas dapat dipenuhi, selanjutnya persiapan untuk bernegosiasi harga dan pembayaran, atau setidaknya tanyakan sedetail dan sejelas mungkin akan hal ini. Pembayaran tempo, minimal satu minggu, atau biasanya 2 minggu sampai 4 minggu. Untuk harga, biasanya kontrak selam 1 bulan, tiap restoran atau perusahaan kebijakannya berbeda-beda.

5. Dokumen

Ketika bertemu atau melakukan penawaran ke restoran atau retailer modern swalayan untuk produk buah dan sayuran yang akan dipasok, akan lebih baik membawa minimal company profile, yang didalamnya memuat informasi farm, atau ladang, perkebunannya, informasi produk, manajemen dan kontak yang dapat dihubungi.

Dokumen lain seperti sertifikasi, pengalaman sebagai pemasok, dan sejenisnya jika dibawa atau disertakan akan menjadi nilai tambah.

6. Penijauan lapangan

Jika diperlukan, pihak resoran atau retailer modern swalayan buah dan sayuran akan melakukan peninjauan langsung ke kebun atau ladang. Jika itu dilakukan, usahatani sebagai pemasok bisa mendampingi dengan menjelaskan mekanisme, operasi dan tempat-tempat yang ada dikebun.

Distribusi dan Pemasokan Buah dan Sayuran Secara Kelompok

Diluar itu, yang tidak kalah penting yang harus dipersiapkan adalah pengirimannya. Pemahaman atas pola-pola pengiriman ini penting, seperti jam berapa harus sampai ke tempat tujuan, dibutuhkan waktu berapa lama untuk sampai ketujuan, bagaimana memenuhi skala ekonomi setiap satu kali pengiriman.

Ini terkait dengan produk buah dan sayuran dan mudah rusak. Terutama untuk sayuran seperti brokoli, tenggat waktu dalam hitungan jam warna brokoli akan berubah, menjadi tidak segar lagi. Untuk mensiasati itu, bisa dilakukan pemasokan secara kelomok. Misal, dengan membentuk kelompok tani, menanam satu produk unggulan, dan pengiriman untuk satu lokasi, area, atau daerah pasar tertentu.

Pola diatas adalah pola penawaran buah dan sayuran down to top. Jika sudah kenal dengan pemilik restoran bisa jadi perosedurnya berbeda. Yang pasti, untuk lebih jelasnya dapat dilakukan penjajakan lapangan langsung.

img: Buah dan Sayuran. GenAgraris.ID
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more