Fungsi-fungsi Pada Sistem Crowdfunding Pendanaan Petani
DIGITAL

Fungsi-fungsi Pada Sistem Crowdfunding Pendanaan Petani

4 weeks ago
258 views

Crowdfunding menjadi salah satu solusi permodalan untuk petani yang banyak dikembangkan oleh startup. Aspek premodalan dibidang pertanian sebagai salah satu masalah umum merupakan ceriman atas pasar yang permintaannya sudah jelas ada, bahkan besar.

Crowdfunding Sebagai Solusi Permodalan Petani

Dengan pasar yang sudah jelas, tantangan crowdfunding sebagai solusi permodalan untuk petani terletak pada bagaimana menjangkaunya dan dari mana dimulainnya. Tentunya dalam lingkup manajemen risiko sebagai bisnis inti yang dikembangkan menjadi lebih fleksibel dan adaptif.

Konsep dasar crowdfunding adalah pendanaan yang melibatkan masyarakat. Dalam crowdfunding investornya adalah masyarakat, dimana dana dari masyarakat itu disalurkan langsung untuk pendanaan sebuah usaha atau project dalam bentuk pembiayaan, dengan imbal hasil bunga bagi investor atau investasi dengan sistem bagi hasil atau lainnya.

Startup crowdfunding yang menyajikan solusi permodalan bagi petani merupakan perusahaan rintisan yang mengembangkan dan menggunakan inovasi digital (platform) untuk memudahkan mempertemukan investor dengan petani. Kemampuan platform crowdfunding meliputi placement, monitoring dan pelaporan, dengan fungsi utama memudahkan petani untuk mendapatkan permodalan, dan memudahkan investor dalam memonitor investasi langsungnya.

Fungsi-fungsi Crowdfunding untuk Petani

Dalam implementasinya crowdfunding untuk petani tidak sederhana. Ini dikarenakan karakteristik dari usaha pertanian itu sendiri yang bergantung pada kondisi alam dengan hasil panen yang fluktuatif dan kualitasnya tidak seragam.

Untuk memahami itu dapat dengan memetakan atau menelaah fungsi-fungsi dalam sistem crowdfunding petani. Berikut adalah fungsi-fungsi dalam sistem crowdfunding bagi petani:

1. Investor atau Sponsor

Investor atau biasa disebut juga sponsor adalah pihak yang menanamkan sejumlah uangnya yang ditawarkan sebagai modal untuk penanaman komoditas tertentu bagi petani.

2. Pemilik lahan

Pemilik lahan bisa petani atau bisa bukan petani, adalah pihak yang menyediakan lahan untuk penanaman komoditas tertentu.

3. Operator

Operator bisa petani, perusahaan rintisan itu sendiri atau pihak lain yang bertanggung jawab atas aktivitas penanaman, pemeliharaan tanaman, panen sampai menjamin pasarnya.

4. Pendamping

Bisa tenaga independen atau perusahaan rintisan sebagai pihak yang melakukan monitoring, mengontrol penggunaan dana dan kegiatan peruntukannya, melakukan pendampingan dan memberikan laporan kepada pihak investor atau sponsor.

Arti Definitif Startup Crowdfunding Pendanaan Bagi Petani

Fungsi-fungsi diatas merupakan pemetaan sumber daya, baik input maupun operasional dari berbagai pihak. Dalam implementasinya, fungsi-fungsi diatas dapat didelegasikan pada satu pihak, sepanjang operasional dapat berjalan dan memenuhi standar manajemen risiko.

Dengan melihat kenyataan itu, perusahaan rintisan atau startup crowdfunding pendanaan bagi petani pada dasarnya adalah perusahaan yang mengelola dan mengorganisir sumber daya usaha pertanian, baik input maupun operasional, pada sebuah usaha bercocok tanam untuk mendapatkan penghasilkan tertentu. (dari berbagai sumber)

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more