Fenomena dan Intuisi Chaos dalam Kewirausahaan
INSAN

Fenomena dan Intuisi Chaos dalam Kewirausahaan

1 month ago
403 views

Sebelumnya, mengenai apa itu chaos dalam bahasan artikel ini mengacu pada artikel dengan link berikut ini.

Chaos

Pemahaman tentang chaos disini bukan arti definitif tetapi lebih mengacu pada cara berfikir dan fenomena yang disimpulkan dari pengertian chaos dalam ruang lingkup matematika sebagai ilmu seperti yang ada di wikipedia, dan beberapa jurnal tentang chaos lainnya.

“'Chaos' is an interdisciplinary theory stating that within the apparent randomness of chaotic complex systems, there are underlying patterns, constant feedback loops, repetition, self-similarity, fractals, self-organization, and reliance on programming at the initial point known as sensitive dependence on initial conditions.” – Wikipedia

Kata kunci cahos dalam teori tersebut diantaranya prilaku atau pola, sistem dinamis, dan initial condition atau kondisi awal. Teori chaos menyatakan prilaku atau pola sistem dinamis yang sangat sensitif pada kondisi awal. 

Pemahaman sederhanannya bahwa segala sesuatu itu dinamis, bergerak dan berkembang, membentuk pola-pola. Chaos ini merupakan gerak dan perkembangan acak (terlihat tidak berpola), tetapi sebenarnya berpola, dengan pola seperti disebut diatas (frakal, repetisi, self-similarity, dll), yang berasal suatu sebab dari satu poin yang sangat sensitif pada kondisi awal.

Kesimpulan atas pemahaman chaos diatas, segala sesuatu di kehidupan ini pergerakan dan perkembangannya berpola. Bukan tidak mungkin pada pola tertentu, misalnya linier sebenarnya dalam lingkup lebih besar merupakan bagian dari pola chaos, atau di lingkup yang lebih kecil mengandung pola pergerakan dan perkembangan chaos.

Chaos dalam Lingkup Kewirausahaan

fenomena dan intuisi chaos dalam kewirausahaan
Ilutrasi

Dalam lingkup kewirausahaan chaos dapat diidentikan dengan ketidakpastian. Jalan wirausaha bisa dikatakan sebagai jalan ketidakpastian. Wirausahawan merupakan orang yang memilih jalan ketidakpastian, sehingga salah satu karakter seorang wirausaha adalah mampu menghadapi ketidakpastian.

Ini berarti secara bawah sadar atau intuitif seorang wirausaha merupakan orang yang terbiasa memahami fenomena dan bertindak dengan intuisi chaos, untuk mengantisipasi atau bahkan untuk membentuk atau mengupayakan momentum chaos itu sendiri. 

Misal, seorang wirausaha membuka usaha berangkat dari modal Rp.1.000.000,di awal tahun,dengan harapan yang direncanakan (biaya dan tindakan) untuk mendapatkan hasil Rp.500.000, menjadi Rp.1500.000, di akhir tahun.

Walau segala tindakan bisnis sudah direncanakan, dalam praktiknya baik secara detail maupun global seorang seorang wirausaha harus bertindak menyesuaikan keadaan. Pergerakan yang berkembangan membentuk perubahan-perubahan membutuhkan penyesuaian tindakan supaya on the track untuk mencapai target di akhir tahun.

Bersandar pada pemahaman dasar chaos diatas, penjabaran rencana usaha atau business plan lebih merupakan prediksi linier atas faktor-fakor yang diketahui dan dapat dijabarkan. Dalam praktiknya seorang wirausaha juga bertindak secara intuitif atas sesuatu yang tidak dapat dijabarkan tetapi terkeam dan terolah secara bawah sadar. 

Banyak pengambilan keputusan usaha atau ladasan suatu ide usaha yang sebenarnya selain berdasarkan data juga lebih berdasarkan pada intuisi pelaku usaha. Karena jika hanya berdasarkan data atau fakta yang lebih bersifat dapat diprediksi dan terencana, tidak akan muncul terobosan-terobosan. 

Dengan demikian kejadian tiba-tiba atau tak terduga atau yang dalam usaha biasa disebut “keberuntungan” dapat dikatakan sebagai momentum chaos, suatu kondisi bertepatan dengan keadaan atau tindakan usaha yang menguntungkan yang membentuk pola baru yang sebelumnya tidak terprediksi, dan “kesialan” dapat dikatakan momentum chaos sebaliknya.

Dan, kejelian seorang pengusaha melihat peluang dan risiko lebih merupakan kesimpulan intuisi atas fenomena chaos yang kemudian didukung oleh agrumentasi logis sebatas yang bisa dijabarkan.

Tidak Ada Kepastian

Walau demikian tidak ada kepastian bahwa suatu tindakan usaha didominasi oleh faktor intuisi pemahaman atas chaos. Pada suatu tindakan usaha ada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti mental, dan psikologi yang juga bepengaruh pada intuisi, yang bisa jadi pola dan letupan-letupannnya juga mengikuti kaidah chaos.

http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1061130964
https://en.wikipedia.org/wiki/Chaos_theory
Sahid. Teori Keos (Chaos Theory) : Dapatkah Gejala Dinamika Alam dan Sosial Diprediksi dalam Jangka Panjang?
Teori Chaos: Sebuah Keteraturan dalam Keacakan
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more