Ecosia, Mesin Pencari Dengan Model Bisnis Program Lingkungan
DIGITAL

Ecosia, Mesin Pencari Dengan Model Bisnis Program Lingkungan

Share Li
3 weeks ago
428 views

Sekarang, siapa yang tak kenal google, ia adalah mesin pencari nomor 1 di dunia. Mesin pencari umum yang dikenal lainnya, ada Baidu, Yandek, Bing, Aol, Ask, dan Yahoo. Diantara itu, ada satu mesin pencari yang unik, yang keberadaanya didedikasikan untuk program pelestarian lingkungan, penghijauan guna menanggulangi pemanasan global, dan pertanian, guna menjaga ketahanan dan ketersediaan pangan global.

Ecosia, Peduli Lingkungan

Bertepatan dengan konvensi iklim dunia, tanggal 5 Desember 2009 mesin pencari peduli lingkungan bernama ecosia diluncurkan pertama kali di Kopenhagen, Denmark. Setelah hampir 10 tahun, sekarang ecosia sudah menanam lebih dari 50 juta pohon. 

Ecosia, tidak berorientasi laba. Berbasis di Berlin, Jerman, produk layanan mesin pencari yang pengembangannya dipelopori dan digawangi oleh Christian Kroll ini mendonasikan setiap pendapatannya untuk program penanaman pohon untuk pelestarian lingkungan dan pertanian untuk ketahanan pangan.

Seperti diberitakan oleh independent, kemunculan ecosia didukung oleh Bing dan Yahoo. Ecosia mendonasikan 80% pendapatan dari advertising untuk pelestarian hutan juhan dengan penanaman pohon. Program penghijauan, tanam pohon untuk menjaga biodiversity dan pemanasan global ecosia meliputi berbagai negara Afrika, Amerika latin, dan Asia, termasuk Indonesia.

Bagaimana Ecosia Bekerja?

Ketika menggunakan ecosia, pada layanannya dikiri atas tertera notifikasi jumlah pencarian yang dilakukan dan rata-rata jumlah pencarian untuk penanaman per satu pohon. Itu merupakan cara kerja ecosia. Setiap 45 pencarian dari satu user, dengan jumlah user aktif 7 juta akan menghasilkan advertising yang valuable setara dengan penanaman 1 pohon, 0.2 Euro per pohon.

Ecosia merupakan terobotas pelestarian lingkungan masa kini. Kehadirannya sebagai bagian dari era digital, menyasar generasi masa baru yang mempunyai kesadaran lingkungan lebih tinggi dari generasi sebelumnya merupakan solusi atas pemanasan global dan kerusakan lingkungan. 

img feature: ecosia.itunes
https://www.independent.co.uk/news/media/ecosia-search-engine-fights-climate-change-5511123.html
https://www.forbes.com/sites/cognitiveworld/2018/12/21/will-you-save-amazon-alexa/#1760fcc026d2
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more