Di Era Digital, Ini Keterampilan dan Keahlian yang Harus Dikuasai Oleh Petani Muda
DIGITAL

Di Era Digital, Ini Keterampilan dan Keahlian yang Harus Dikuasai Oleh Petani Muda

Aruma Sistha
3 months ago
365 views

Petani sekarang ini, khususnya petani muda dihadapkan pada sebuah era dimana perangkat digital menjadi perangkat utama yang melekat pada hampir disetiap kegiatan manusia. Tantangannya bagi petani muda adalah bagaimana perangkat digital itu dapat bermanfaat sesuai kiprahnya, meningkatkan hasil panen dan mengembangkan usaha bercocok tanamnya.

Era Digital dan Petni Muda

Ini tidak mudah. Disamping perangkat digital, seperti smartphone dan internetnya merupakan jendela informasi dan pengetahuan, serta tersedianya konten dan platform digital lainnya yang memudahkan berbagai kegiatan, tapi tersedia juga konten negatif dan yang menjadikan orang lupa waktu kerja.

Perangkat digital hanya alat. Semua kembali ke penggunannya. Sebetulnya tantangan itu, tidak hanya berlaku bagi petani, tapi bagi setiap orang. Ditengah arus deras informasi, serta berbagai jenis dan ragam fasilitas digital yang ada di HP, sekarang ini setiap orang hanya bisa untuk selalu waspada. Karena, benteng terakhir atau saringan terakhir aspek kebermanfaatannya bergantung pada setiap individu.

Manfaat dan Keterampilan Penggunaan Perangkat Teknologi Digital

Petani, khususnya petani muda tidak dapat mengelak dengan penggunaan perangkat teknologi digital. Berbagai perubahan sosial, alam dan lingkungan, serta pengembangan inovasi teknologi digital itu sendiri, menggiring petani untuk terampil dan ahli menggunakan perangkat teknologi digital. Adapun, manfaat perangkat inovasi teknologi digital bagi petani, khususnya petani muda diantaranya:

1. Untuk Bercocok Tanam

Keterputusan pembelajaran bercocok tanam secara turun-temurun, iklim dan cuaca yang berubah yang tidak lagi dapat diprediksi, peralatan bercocok tanam yang diitegrasikan dengan teknologi digital, keterbatasan tenaga kerja ketika musim panen dan musim tanam, lambat-laun perubahan itu diakomodasi oleh perangkat teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital untuk bercocok tanam secara praktis, diantaranya:

  • Cari dan tandai atau download situs web atau aplikasi yang menyajikan informasi dan pengetahuan bercocok tanam atau budidaya. Petani dapat memanfaatkan informasi dan pengetahuan itu sebagai referensi, serta dapat langsung dipraktekan dan dikembangkan sendiri.
  • Cari dan tandai atau download situs web atau aplikasi yang menyajikan informasi perubahan ikim dan cuaca. Petani dapat menggunakan itu untuk rujukan waktu bercocok tanam, dan mengantisipasi perkembangan cuaca dan iklim yang ekstrim. Situs BMKG menyediakan itu.
  • Cari dan tandai atau download situs web atau aplikasi yang menyediakan informasi dan pengetahuan tentang peralatan bercocok tanam terkini. Itu dapat membantu petani untuk mempelajari manfaat dan kegunaan peralatan pertanian terkini, sebelum memutuskan membeli peralatan atau mesin untuk becocok tanam.

2. Menjual Produk, Komoditas Hasil Panen 

Sekarang ini, produk kmoditas hasil panen petani dapat dijual langsung ke konsumen melalui ecommerce. Namun, sebelumnya petani harus mempelajari tentang mekanisme ecommerce ini. Tapi yang pasti supaya aman gunakan situs ecommerce yang terpercaya. Jika terkendala keterbatasan waktu, petani dapat bekerjasama dengan pihak lain yang terpercaya untuk penjualan melalui ecommerce.

Selain itu, ecommerce juga dapat digunakan sebagai solusi pembelian benih atau bibit ketika terjadi kelangkaan benih. Untuk pembelian benih atau bibit secara online, itu sudah teresdia dan tinggal mencarinya di situs ecommerce besar.

3. Mengembangkan Usaha Agribisnis

Sekarang ini, petani tidak hanya dituntut untuk pintar bercocok tanam, tapi juga dituntut untuk pintar menjalankan usaha tani. Petani dapat memanfaatkan internet dan HP untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan mencari ide-ide atau inspirasi usaha agribisnis, pengolahan produk komoditas hasil panennya, pengepakan yang baik, pemilahan kualitas, dan penanganan pasca panen.

Perhatian Sebelum Menggunakan Fasilitas atau Layanan Digital

Sekarang ini, pengembangan teknologi digital untuk bercocok tanam dan agribisnis dari yang paling sederhana sampai yang advance, layanannya sudah stersedia di smartphone atau internet. Untuk penggunaanya, pilih dan pilah sesuai dengan kebutuhan yang paling dasar dan penting. 

Sebelum menggunakan layanan atau produk digital itu, supaya lebih aman petani dapat mempelajari terlebih dahulu kelebihan, kekurangan dan konsekwensinya. 

img: GenAgraris.ID
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more