Cabai Warna-Warni, Jenis Cabai yang Potensial Untuk Tanaman Hias
BUDIDAYA

Cabai Warna-Warni, Jenis Cabai yang Potensial Untuk Tanaman Hias

RuthMW
1 month ago
202 views

Umumnya, cabai (Capsicum sp.)  dikenal sebagai jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk pelengkap bumbu masakan. Saat ini diketahui tanaman cabai dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang bernilai komersial. Cabai itu dikenal dengan sebutan cabai warna-warni atau rainbow pepper.

Cabai Warna-warni atau Rainbow Pepper Sebagai Tanaman Hias

Biasanya, penanaman tanaman cabai waran-warni ditanam pada pot berfungsi sebagai tanaman hias baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain bernilai komersial, tanaman cabai warna-warni secara estetika juga dapat dinikmati pada tiap bagian tanaman seperti bagian daun, bunga, maupun buahnya.

Cabai warna-warni ini pertama kali popular sebagai tanaman hias diketahui terjadi pada masyaraklat Eropa dan meluas sampai ke Amerika. Sebutan tanaman Christmas Pepper untuk cabai warna-warni karena banyak tersedia dan diminati saat natal. Biasanya, tanaman cabai hias dijual ketika warna buah masak dan berwarna merah sebagai simbol keceriaan dan pesta yang meriah.

Jenis Cabai Tanaman Hias & Keunggulannya

Pada tanaman cabai warna-warni, saat buah matang merupakan fase penumbuhan keragaman warna buah mulai dari merah, kuning, hijau, ungu, hingga orange, layaknya pelangi. Cabai unik ini termasuk ke dalam jenis sweet baby orange yang memiliki bentuk kecil dan menggelembung.

Ada dua jenis cabai yang berpotensi sebagai tanaman hias, diantaranya:

  1. Capsicum chinense, memiliki bentuk buah yang beragam dan variasi warna buah yang menarik.
  2. Capsicum pubescens, memiliki bunga dan buah yang berwarna ungu.

Cara menanam jenis cabai warna-warni pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak lahan, karena dapat dilakukan dalam pot. Kelebihan cabai warna-warni diantaranya kemudahan dalam perbanyakan tanaman, lebih toleran terhadap panas dan kekeringan, serta umur tanam relatif singkat.

Sebagai tanaman hias, tanaman cabai warna-warni mampu memberikan keindahan serta menghadirkan kesan taman yang lebih hidup.

Ornamental Papper & Tolak Ukur Keindahannya

Selain sebagai tanaman hias, cabai warna-warni memiliki manfaat dasar yang sama dengan jenis cabai yang lain, yaitu untuk dikonsumsi agar memberikan cita rasa pedas pada makanan. Cabai warna-warni ini juga dapat disebut sebagai ornamental pepper, selain sebagai tanaman hias juga dapat dikunsumsi, misalnya untuk memasak sayur, sambal, atau untuk pelengkap saat mengkonsumsi gorengan.

Namun, tingkat kepedasan yang dimiliki cabai warna-warni kurang tinggi. Kadar kepedasan cabai warna-warni berkisar antara 5.000-30.000 SHU. Tidak seperti jenis cabai pada umumnya dimana memiliki tingkat kepedasan antara 50.000-100.000 SHU.  

Penanaman cabai warna-warni mempunyai tujuan yang berbeda dengan penanaman cabai untuk produksi. Sebagai tanaman hias, kualitas tanaman cabai warna-warni diukur dari keindahannya, seperti:

  • tinggi tanaman yang proporsional dengan pot,
  • memiliki banyak cabang sehingga tanaman terlihat lebih rimbun, dan
  • mempunyai banyak buah sebagai daya tarik.

Dengan itu cabai warna-warni sebagai tanaman hias akan ebih disukai konsumen.

Teknik Pengembangan Cabai Warna-warni

Beberapa tipe cabai warna-warni yang dapat diperoleh dipasaran dan  dapat dibudidayakan antara lain Pepper (Hot) Razzamatas, Pepper (Hot) Orange Wonder, Numex Twilight, Sweet Orange Baby, serta Bolivian Rainbow. Umumnya, tanaman cabai dapat tumbuh baik pada pH tanah 5.5-6.8 dan curah hujan 600 – 1.250 mm. Suhu optimum untuk perkecambahan benih cabai yaitu antara 18-30 oC dengan ketinggian permukaan laut hingga 1.300 m.

Budidaya cabai warna-warni tidak terlalu sulit karena tanaman cabai tersebut dapat tumbuh dalam iklim dataran tinggi maupun dataran rendah. Beberapa cara dan teknik yang perlu diketahui dalam mengembangkan cabai warna-warni ini yaitu:

1. Persiapan Media Tanam

  • Untuk pertumbuhan, gunakan media tanah yang gembur dan mengandung unsur hara yang cukup bagi.
  • Campuran bahan yang dapat digunakan sebagai media tanam antara lain tanah, pupuk kandang atau kompos, arang sekam, pasir, dan pakis kering, masing-masing dengan komposisi yang sama, yaitu 1:1:1:1:1.
  • Bahan-bahan tersebut dicampurkan secara merata dan masukkan ke dalam pot sebagai tempat media tanam.
  • Pastikan bahwa pot yang digunakan memiliki sistem drainase yang baik.

2. Pemilihan Benih

  • Gunakan benih yang benar-benar tua dan dikeringkan di bawah matahari.
  • Sebelum ditebar, benih yang akan disemai ini direndam terlebih dahulu dalam air hangat.
  • Penyiraman dilakukan secara teratur setiap hari.
  • Dalam hitungan hari, tunas kecambah akan mulai tumbuh.

3.  Penanaman dan Perawatan

  • Penanaman dilakukan setelah tinggi bibit cabai mencapai 10 cm.
  • Penanaman dilakukan dengan mencabut bibit dari lahan semai dan dipindahkan ke dalam pot atau pekarangan rumah.
  • Saat mencabut bibit dari lahan semai, usahakan agar akar bibit tidak rusak dan busuk.
  • Letakkan tanaman di area yang teduh, namun tetap terkena sinar matahari yang cukup.
  • Cabai waran-warni akan mulai berbuah saat sudah berusia sekitar 3 bulan sejak masa tanam.
  • Kebutuhan air pada cabai warna-warni tidak terlalu banyak sehingga tidak perlu terlalu rutin melakukan penyiraman.

Biasanya, cabai warna-warni dapat berkembang lebih baik dalam keadaan tanah kering. Jika tanah terlalu lembab, cabai warna-warni akan mudah membusuk.

Alternatif Tanaman Hias

cabai pelangi
Sumber: https://www.exotic-plants.de/seeds/chilli/Chili-Pepper-Bolivian-Rainbow.php

Potensi untuk dikembangkannya tanaman cabai warna-warni menjadi tanaman hias merupakan hal yang memilki prospek ekonomi yang bagus bagi masyarakat. Namun, tanaman cabai warna-warni belum dikenal masyarakat umum secara luas. Munculnya tipe-tipe cabai warna-warni dengan berbagai kelebihannya dapat menjadi alternatif tanaman hias. 

img: Cabai Biasa. GenAgraris.ID

Referensi:

1. https://bibitbunga.com/cara-menanam-cabe-rainbow-di-pot/

2. Desita AY. 2014. Evaluasi Karakter Hortikultura Galur Cabai Hias IPB Di Kebun Percobaan Leuwikopo. Skripsi. IPB Press.

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more