Budidaya, Manfaat, dan Potensi Pasar Buah Pinang
BUDIDAYA

Budidaya, Manfaat, dan Potensi Pasar Buah Pinang

Admin
1 month ago
5353 views

Pohon Pinang

Pohon pinang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, memiliki nama latin Areca catechu. Pohon pinang masuk dalm golongan famili Areceae pada ordo Arecales dan kelas monocotyle, atau termasuk dalam tumbuhan berkeping satu.

Pohon pinang adalah tanaman tropis yang lebih sensitif bila dibandingkan dengan tanaman tropis lainnya. Tanaman pohon pinang sangat mudah kering. Untuk tumbuh maksimal tanaman pohon pinang sebaiknya ditanam di tanah lempung/liat dengan pengairan yang mencukupi. 

Budidaya Pinang

Pohon pinang dapat tumbuh dengan baik dengan produksi maksimal jika tumbuh di lahan dengan ketinggian 0-1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan lokasi idealnya pada ketinggian 600 mdpl. Selain itu, pinang harus ditanam di tanah yang gembur dengan curah hujan antara 750-4.500 milimeter per tahun. Suhu kelembaban yang baik bagi pohon pinang adalah diantara 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Pinang juga harus mendapat sinar matahari yang cukup berkisar enam hingga delapan jam per hari.

Budidaya pinang hampir sama dengan budidaya kelapa. Sama halnya kelapa, budidaya pinang juga berasal dari buah. Kriteria buah yang bisa dijadikan bibit harus yang sudah tua dan dalam kondisi bagus. 

Cara menyemai buah tersebut cukup ditaruh di dalam kantong plastik atau polybag. Lamanya penyemaian memerlukan waktu 18 sampai 30 bulan. Saat itu, bibit sudah tumbuh dengan lima sampai tujuh helai daun dan sudah bisa ditanam. 

Bila ditanam di areal perkebunan yang masih banyak terdapat babi hutan, tanaman ini harus benar-benar dijaga. Setidaknya, selama tanaman pinang berusia tiga bulan pertama sejak ditanam.

Setelah diameter batang mencapai ukuran 1,5 meter (m) hingga 2 m atau setelah tiga bulan, tidak perlu lagi perawatan khusus.

Pohon pinang mulai berbuah dari umur empat sampai delapan tahun. Pohon pinang bisa terus berbuah sampai umur 50 tahun, bahkan sampai 100 tahun. Pohon pinang berbuah 1 tahun sekali. Buah pohon pinang yang juga dikenal dengan nama pinang, butuh waktu selama 8 bulan untuk menjadi matang. 

Kandungan & Manfaat Pinang

Pohon pinang ditanam untuk dimanfaatkan biji dan batangnya. Jika di Indonesia disebut ‘pinang’, Biji pinang dalam bahasa Inggris disebut ‘betel nut’. Pinang yang memiliki rasa pahit, mengandung alkoloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang memiliki sifat racun dan adiktif. Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang, antara lain arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine (guacine).

Manfaat pinang utamanya adalah sebagai tanaman obat. Pinang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya:

  • Untuk mengobati luka kulit. Caranya tumbuk daging buah pinang yang masih muda kemudian tempelkan pad abagian kulit yang terluka.
  • Untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya rebus buah piang muda kemudian meminum airnya secara rutin sampai rahimnya mengecil.
  • Untuk mengobati mata rabun. Caranya, peras buahnya kemudian meminum airnya.
  • Untuk mengobati cacingan, khususnya untuk mengobati cacing pita. Caranya, rebus biji pinang muda hingga mendidih, dinginkan airnya, kemudian minumkan air rebusan biji pinang tersebut kepada penderita cacingan.
  • Pinang juga bermanfaat sebagai penambah gairah bagi kaum pria karena dalam buah pinang terkandung arekolin.

Budaya Mengunyah Pinang

Mengunyah pinang dan sirih adalah tradisi, yang melekat pada adat-istiadat atau ritual sejak ribuan tahun lalu, di daerah Asia Selatan sampai Pasifik. Di Vietnam daun sirih dan jus pinang juga digunakan dalam ritual pernikahan sebagai simbol cinta.

Di India, pinang dianggap ramuan pertanda baik yang digunakan dalarn ritual agama, dan sebagai penghormatan secara individu. Di Maldives, mengunyah sirih sangat populer sebagaimana di Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Taiwan, Indonesia, Thailand dan juga para imigran di Australia Tenggara, Amerika Serikat dan Inggris.

Potensi Bisnis Pinang

Pinang dibudidayakan dalam skala besar di India. Negara penghasil pinang lainnya diantaranya, China, Indonesia, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Malaysia, Maldives. Nepal clan Sri Lanka. Merujuk pada data FAO tahun 2010, produksi pinang dunia mencapai sekitar 1.023.050 ton, dengan India sebagai negara penghasil pinang terbesar, sebanyak 47 persen, disusul olhe China dengan produksi sekitar 20 persen.

Asia Selatan merupakan pasar potensial ekspor pinang terbesar. Walaupun, India penghasil pinang terbesar, ia tetap mengimpor pinang terutama dari Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir permintaan pinang dari negara-negara Asia Selatan seperti Srilangka, Banglades dan lainnya mengalami peningkatan. Pasar industri pinang untuk dalam negeri juga mengalami peningkatan seiring dengan timbuhnya tren minuman kesehatan dengan bahan baku pinang.

 

Sumber/Referensi:
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-pohon-pinang-areca-cathecu/
https://risehtunong.blogspot.com/2018/03/cara-pemupukan-tanaman-pinang.html
https://tester-kadar-air.com/manfaat-bisnis-biji-buah-pinang/
Market Brief: Pinang. http://djpen.kemendag.go.id/
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more