Belajar Produktif Dari Karakter Individu Super Produktif
INSAN

Belajar Produktif Dari Karakter Individu Super Produktif

Aruma Sistha
2 months ago
617 views

Hampir di seluruh bidang industri kita seringkali menemui beberapa individu yang “super produktif” hingga mampu merampungkan tugasnya dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan individu lainnya. Hal tersebut terkadang membuat kita bertanya-tanya mengenai rahasia produktivitas mereka, karena tentunya sebagai seorang pelaku usaha kita pun ingin menjadi individu yang super produktif. 

Perilaku dan Keterampilan Individu-individu Super Produktif

Menurut hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jack Zenger dan Joseph Folkman, terdapat tujuh perilaku dan keterampilan yang secara konsisten muncul dari individu-individu super produktif, yaitu :

1. Menetapkan Tenggat yang Lentur

Kebanyakan dari kita biasanya memang akan mengulur-ngulur waktu kerja, bukan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah namun untuk membuat kita bekerja dengan lebih santai di awal waktu dan terburu-buru menelesaikan tugas karena tenggat tiba-tiba mendekat. 

Bagi individu super produktif, tenggat yang panjang merupakan kesempatan bagi mereka untuk dapat membagi tugas besarnya menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dilakukan secara bertahap. Tenggat yang tampak lentur ini bagi individu super produktif tentunya akan dapat mengurangi tekanan pekerjaan sehingga tugas-tugas terasa lebih mudah dan justru dapat diselesaikan dengan lebih cepat. 

2. Menunjukkan Konsistensi

Sebagai seorang yang super produktif, konsistensi merupakan hal yang mutlak dilakukan ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan. Individu super produktif tidak akan menunda waktunya dan akan secara konsisten menyelesaikan tugas-tugas yang telah dibaginya sesuai dengan rencana di awal waktu. Bukannya surut dari hari ke hari, individu super produktif justru seolah-olah memiliki irama dan ritme dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, dan  itulah yang membuatnya terus dapat bergerak.

3. Memiliki Pengetahuan dan Keahlian Teknis

Tidak ada yang lebih cepat membunuh produktivitas selain kurangnya pengetahuan atau keahlian. Ketika kita paham apa yang kita lakukan, kita tidak harus mengorbankan kualitas demi kecepatan. Kita dapat melakukan keduanya, cepat dan tepat. Kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tutorial online atau bertanya kepada kolega. Individu super produktif memang tidak akan ragu untuk meminta bantuan ketika membutuhkannya, namun mereka tidak sering membutuhkan hal tersebut. Secara intensional, kita juga dapat mempelajari hal baru untuk menambah keahlian, tetap merasa bersemangat dan meningkatkan kecepatan eksekusi dalam menyelesaikan tugas pekerjaan.

4. Berorientasi pada Hasil

Biasanya, kebanyakan orang akan menerima sebuah tanggung jawab dan bekerja dengan kecepatan rata-rata dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Akan tetapi, individu super produktif memiliki hasrat yang tinggi untuk menyelesaikan tugasnya secepat mungkin. Tidak hanya kompetitif terhadap koleganya, mereka juga sangat kompetitif pada dirinya sendiri. Individu super produktif akan sangat senang mencetak rekor baru dan mengalahkan rekornya sendiri.

5. Mengantisipasi dan Menyelesaikan Masalah

Individu super produktif merupakan seorang pemecah masalah yang hebat. Mereka hadir dengan solusi yang inovatif dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan efisien. Mereka juga cenderung mengantisipasi hambatan serta menyiapkan solusinya sebelum memulai tugasnya. Fokus dan berorientasi pada hasil namun tetap mempertimbangkan apa yang mungkin akan menghambat pencapaian hasil tersebut dapat membantu kita untuk mencapai tujuan.

6. Memiliki Inisiatif

Bagi kebanyakan orang, memulai merupakan hal yang paling sulit. Namun individu super produktif akan memulai secepat mungkin dan tidak akan menunggu perintah untuk memulai sesuatu. Inisiatif yang terlalu tinggi memang terkadang dapat membuat kita melakukan kesalahan, namun ada kalanya meminta maaf terhadap sebuah kesalahan merupakan hal yang lebih baik ketimbang meminta izin jika hal tersebut justru menghambat sebuah produktivitas.

7.Berkolaborasi

Meskipun seolah-olah seorang individu super produktif nampak brilian dalam segala hal, namun dalam organisasi kompleks masa kini. Akan sangat sedikit ditemukan orang yang mampu beraksi sendiri karena segala sesuatunya memiliki interdependensi yang tinggi. Justru dengan berkolaborasi dan bekerjasama dengan baik, kita tidak harus meluangkan waktu untuk berusaha “mengambil hati” orang lain, lagipula hal itu bukanlah tujuan utama seorang individu super produktif.

Prinsipnya Terus Belajar & Menempa Diri

Seorang individu super produktif tampak sangat berbakat sehingga bisa dengan mudah melakukan segalanya secara ajaib. Padahal produktivitas ekstrim hanyalah sebuah keterampilan dan tentu saja kita pun bisa memperoleh dan menggunakannya apabila tidak putus asa untuk menempa diri secara terus-menerus.

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Berbagai kajian dan penelitian terbaru menunjukan tumbuhan mempunyai kesadaran, bahkan kecerdasan, walau berbeda dengan organisme lainnya, seperti kelompok binatang.
3 days ago
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
Sebagai sumber daya vital, keberadaan dan ketersediaan air, dalam pengelolaannya dikembangkan berbagai teknologi, seperti teknologi hujan buatan, fog harvesting, irigasi pintar, dan ASRG.
5 days ago
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
"Smart & Digitalization Farming Conference Indonesia 2019" erhasil menyajikan gambaran dan pemahaman yang jelas menyangkut penerapan teknologi pertanian berbasis digital.
2 weeks ago
Load more