Arabika Java Preanger, Primadona Kopi Dunia dari Tanah Priangan
INDUSTRI

Arabika Java Preanger, Primadona Kopi Dunia dari Tanah Priangan

Aruma Sistha
2 months ago
89 views

Jawa Barat memiliki banyak daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut serta merupakan salah satu daerah penghasil kopi Arabika berkualitas ekspor.

Java Preanger Dijuluki "A Cup of Java"

Bahkan, sebelum dunia mengenal beragam jenis kopi asli Indonesia, kopi arabika asal daerah ini sudah terkenal ke berbagai negara sejak abad ke XVIII. Kopi yang pertama kali di budidayakan di tanah priangan ini disebut dengan Java Preanger, yang merujuk pada sebutan orang-orang Belanda untuk kata priangan.

Kopi arabika Java Preanger memiliki keterkaitan dengan sejarah penanaman kopi di Indonesia yang pertama kali dibawa masuk ke Indonesia pada tahun 1696 atas nama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) dari Malabar, India. Sedangkan biji kopinya adalah keturunan murni kopi arabika Kenya yang tidak ditemukan di daerah lain.

Ini membuat Java Preanger memiliki cita rasa otentik arabika yang khas dibandingkan biji kopi lain yang tumbuh di Indonesia. Tak heran apabila Java Preanger pernah menjadi primadona dengan julukan “a cup of Java” (secangkir Jawa) di Eropa sana.

Java Preanger, Cita Rasa dan Aroamnya Menjadikannya Kopi Terbaik 2016

Pada April 2016 lalu, sejarah kembali mencatat dan mengakui kopi arabika Java Preanger dari Gunung Puntang sebagai kopi terbaik dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Atlanta, Amerika Serikat. Lima varian kopi arabika Java Preanger lainnya juga mewakili Indonesia dan masuk kedalam 20 besar penilaian, yaitu Mekar Wangi, Malabar Honey, Java Cibeber, West Java Pasundan Honey dan Andungsari.

Enam kopi terbaik Jawa Barat yang mewakili Indonesia ini memiliki beberapa keunggulan aroma yang kuat dan cita rasa khas (unik). Aroma yang jelas tercium adalah aroma blueberry, Jasmine, vanilla, lychee, apricot, caramel, fruity, lime, maple syrup, slightly floral, ripe cherry, dark chocolate, apple, roasted peanut dan honey dengan sweet aftertaste.

Salah satu keistimewaan Java Preanger terletak pada aroma dan rasanya yang sangat kuat. Aroma yang menjadikannya unik adalah wangi bunga yang membuat peminumnya merasakan relaksasi tubuh saat menghirup aromanya, rasa manis juga ditemukan saat menyesap kopinya.

Selain itu, Java Preanger memiliki body dan acidity yang sedang, membuatnya cocok bagi yang sensitif pada lambung.

img feature: Ilustrasi. Kopi di kebun organik AgatoFarm. Bogor.
Dirangkum dari:
dispun.jabarprov.co.id
Sunjaya Putra, Yulius Ferry. Keragaan Kopi Arabika Java Preanger di Jawa Barat. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar. Jurnal SIRINOV. 2015

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more