Adaptasi Istilah Agriculture 4.0 Kedalam Bahasa Indonesia
AGTECH

Adaptasi Istilah Agriculture 4.0 Kedalam Bahasa Indonesia

Admin
7 months ago
655 views

Istilah "Agriculture 4.0" terdiri dari kata "Agriculture", dan "4.0". Mengacu pada Bahasa Inggris Oxford dictionaries, agriculture artinya, ilmu atau praktik bertani, termasuk budidaya tanaman, beternak hewan untuk penyediaan pangan, wol dan produk lainnya. Sedangkan 4.0 merupakan idiom yang menyatakan fase kata "agriculture" yang menunjukan tahap perkembangan. 

Dari penelusuran tersebut, istilah "Agriculture 4.0" bermakna fase perkembangan pertanian pada tahap 4.0. Apa yang dikamsud 4.0 pada istilah agriculture 4.0 ini dapat dilihat di artikel sebelumnya.

Pertanian 4.0

Terjemahan kata agriculture kedalam bahasa Indonesia adalah pertanian. Kata agriculture dan kata pertanian sebagai terjemahannya, substansi arti keduanya sama, yaitu bertani, meliputi praktik dan cara atau teknik meliputi usaha dan pengolahannnya, yang secara akademis disebut ilmu. Istilah "Agriculture 4.0", sesuai kaidah baku dalam Bahasa Indonesia disebut juga "Pertanian 4.0".

Pertanian 4.0 merupakan fase pertanian atau dalam skala waktu dapat juga disebut era pertanian, merujuk pada idiom 4.0, dimana praktik, metode dan tekniknya berlandaskan pada teknologi digital (meliputi ICT & internet) dimana setiap prosesnya terintegrasi dan terhubung langsung dengan pihak luar, melalui transimsi dan komunikasi data menjadi sistem automasi dan otonom.

Elemen-elemen Pertanian 4.0

Makna kata pertanian pada istilah pertanian 4.0 merupakan makna substansial. Merujuk pada makna kata pertanian tersebut, berarti lingkup pertanian pada pertanian 4.0 adalah rantai nilai pertanian. Elemen-elemen teknologi pada pertanian 4.0, sesuai dengan rantai nilai dapat, diantaranya bio dan gen teknologi, teknologi pertanian, teknologi pangan dan ecommerce pangan dan bahan pangan.

teknologi pertanian 4.0
Powering Growth: Realising The Potential of Agteh for Australia. KPMG, Queensland Gov, Commonwealth Bank

Posisi teknologi ICT dan digital pada elemen teknologi tersebut adalah sebagai integrator, berfungsi sebagai penyampai dan pembawa pesan, sistem komunikator dan pengolahan data dari aktivitas tiap-tiap rantai nilai.

Era pertanian 4.0 merupakan era pertanian dimana pelaku pertanian dapat berinteraksi langsung dengan setiap simpul rantai nilai, konsumen, supplier, distributor maupun retailer, dimana setiap aktivitasnya ter-record sehingga dapat dilakukan prediksi, penakaran dan penelusuran, dengan sistem kendali otomatis dan dapat dilakukan dengan jarak jauh.

Agrikultur 4.0

Pertanian 4.0 menembus batas sektoral. Sedangkan kata pertanian itu sendiri mempunyai makna sektoral. Karena itu, dapat juga digunakan istilah agrikultur 4.0, untuk istilah pertanian 4.0. Kata agrikultur bukan merupakan kata baku. Arti kata agrikultur tidak ada di KBBI. Namun, kata agrikultur memiliki makna yang kurang-lebih sama denga kata pertanian.

Istilah agrikultur 4.0 lebih “luwes” digunakan ketika idiom 4.0 dieja dengan bahsa Inggris, “agrikultur four point o, atau "agrikultur four point zero”.

 

Powering Growth: Realising The Potential of Agteh for Australia. KPMG, Queensland Gov, Commonwealth Bank
Digital Farming: What Does It Really Mean?. European Agricultural Machinery (CEMA). 
Agriculture 4.0: the future farming of technology. World Government Summit & Oliver Wyman.
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more