7 Sumber Pendanaan dan Alternatif Pendanaan Lainnya Bagi Startup dan UMKM
RINTISAN

7 Sumber Pendanaan dan Alternatif Pendanaan Lainnya Bagi Startup dan UMKM

Admin
1 month ago
426 views

Pendanaan menjadi salah satu faktor kunci bagi startup dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) supaya dapat mengakselerasi bisnisnya, tumbuh menjadi perusahaan mapan. Walau memiliki karakteristik berbeda, startup lebih pada bisnis yang mempunyai potensi scalable, tapi biasanya belum tentu berpendapatan, sebaliknya UMKM sudah berpendapatan, tapi umumnya tidak scalable, keduanya biasanya belum memiliki kemampuan dan akses untuk menjangkau atau memperoleh pendanaan.

Perencanaan Pendanaan

Pendanaan bagi bisnis yang belum mapan dengan keterbatasan aset memang tidak mudah. Tapi itu bukan berarti tidak bisa. Ada sumber-sumber pendanaan aternatif yang dapat dicoba oleh startup maupun UMKM. Tentunya sebelum itu, bisnisnya harus berlandaskan ide yang merepresentasikan potensi yang besar, dan “realistis”.

Penting diingat juga, pendanaan untuk mewujudkan ide bisnis atau untuk meningkatkan pengembangan bisnis harus direncanakan dengan matang. Setidaknya terkait dengan:

  • Seberapa banyak pendanaan yang dibutuhkan;
  • Mempertimbangkan biaya setup bisnis, investasi yang dibutuhkan, moda kerja, perkiraan pertumbuhan dan pengembangan;
  • Lama waktu investasi, atau perkiraan waktu memperoleh pendapatan, benefit dan keamanan yang ditawarkan kepada investor.

Sumber-sumber Pendanaan Bagi Startup dan UMKM

Berikut adalah sumber-sumber pendanaan untuk mewujudkan ide bisnis atau untuk mengakselerasi bisnis bagi startup dan UMKM.

1. Personal Investment

Investasi pribadi. Pendanaan ini bersumber dari dana pribadi. Pendanaan bisa dari tabungan pribadi, atau penjualan aset “tidur” pribadi yang ingin diaktifkan. Besaran pendanaan tergantung pada ketersediaan dana pribadi.

Selain tidak membuang banyak waktu, personal investment mutlak diperlukan entah itu besar atau kecil, karena personal investment juga merepresentasikan kesungguhan dari pelaku usaha atau founder.

2. Keluarga atau Teman

Sebelum mencari pendanaan keluar, “ketuk pintu” dulu untuk mendapatkan pendanaan dari keluarga atau teman. Aturannya, selain bisnis, investor selalu melihat personal atau pribadi sebagai bahan pertimbangan. Keluarga atau teman tentunya sudah mengenal pribadi dan personal, sehingga lebih mudah untuk menilai kapabilitas dan menaruh kepercayaan.

Penting untuk diingat juga, walau itu keluarga atau teman, pengajuan, penghitungan dan kesepakatan pendanaan tetap harus dilakukan secara profesional, agar dikemudian hari tidak terjadi selisih paham.

3. Grant atau Hibah

Pendanaan yang berasal dari dana hibah. Pendanaan ini banyaknya dari pemerintah atau organisasi nir laba, baik nasional maupun internasional. Untuk mendapatkan dana hibah ini suatu bisnis biasanya syaratnya mempunyai dampak sosial, merupakan bisnis dengan inovasi brilian atau lainnya, yang sesuai dengan program atau agenda si pemeberi dana hibah.

4. Program Pembiayaan Khusus Startup dan UMKM

Pendanaan ini berupa pinjaman dengan bunga lunak, termin panjang dan fasiitas grace period. Pendanaan ini biasanya merupakan program pemerintah yang penyalurannya melalui bank atau lembaga keuangan lainnya, atau swasta untuk memperluas lini bisnis dan komunitasnya.

5. Inkubator Bisnis

Inkubator bisnis bisa berbentuk lembaga atau perusahaan. Inkubator bisnis memang misinya mencari, membantu dan mengelola, startup atau UMKM potensial. Pendanaan dapat berupa cash money, atau fasiitas seperti kantor, pelatihan dan mempertemukan dengan investor profesional.

6. Angel Investor

Pendanaan dari angel investor dapat berupa dana cash dan fasilitas lainnya. Untuk mendapatkan pendanaan dari angel investor kuncinya adalah networking. Dan, untuk pendanaan ini baiknya temukan angel investor yang mengerti industrinya dan memiliki minat atau passion yang sama dalam sebuah bidang usaha.

7. Venture Capital

Untuk startup tahap awal mungkin belum perlu mencari pendanaan dari venture capital. Pendanaan VC biasanya dalam bentuk ekuitas, dan masuk dalam kontrol manajemen. Pendanaan dari VC biasanya tidak sedikit dan membutuhkan proses dan waktu panjang. 

Alternatif Sumber Lain

Selain pendanaan diatas yang kebanyakan merupakan cash money, startup dan UMKM juga dapat menanfaatkan cara-cara lain yang bentuknya bukan berupa cash money, tetapi fasilitas tertentu, seperti:

  • Pertukaran barang atau jasa layanan yang tidak terkait dengan bisnis inti dengan pihak lain.
  • Menjalin kontrak kerja sama dengan perusahaan besar yang tertarik dengan bisnis atau produk dan layanan yang dikembangkan oleh startup atau UMKM.
  • Komitmen dengan Konsumen Utama yang mau men-cover biaya pengembangan produk dengan insentif tertentu seperti, terlibat dalam produksi untuk memastikan produknya sesuai yang diinginkan atau lainnya.
img: Sistha. GenAgraris.ID (edit)
Martin Zwilling, 2010. Top 10 Sources Of Funding For Start-ups. Forbes.com
Pankaj Verma, 2017.8 Different Sources of Finance for Startups. Growmap.com
66 Shares
 
Update Lainnya
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Berbagai kajian dan penelitian terbaru menunjukan tumbuhan mempunyai kesadaran, bahkan kecerdasan, walau berbeda dengan organisme lainnya, seperti kelompok binatang.
3 days ago
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
Sebagai sumber daya vital, keberadaan dan ketersediaan air, dalam pengelolaannya dikembangkan berbagai teknologi, seperti teknologi hujan buatan, fog harvesting, irigasi pintar, dan ASRG.
5 days ago
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
"Smart & Digitalization Farming Conference Indonesia 2019" erhasil menyajikan gambaran dan pemahaman yang jelas menyangkut penerapan teknologi pertanian berbasis digital.
2 weeks ago
Load more