10 Tanaman Hias Penyegar Udara dan Suasana Hati
INDUSTRI

10 Tanaman Hias Penyegar Udara dan Suasana Hati

Aruma Sistha
1 month ago
153 views

Polusi, kebisingan, dan keruwetan pada kehidupan urban perlahan dapat menggerogoti kesehatan fisik dan mental. Belum lagi, tekanan-tekanan atau tuntutan pekerjaan, urusan rumah tangga, dan sosial lainnya serngkali membuat tidak bisa menghela nafas barang sedikitpun.

Itu membuat alam terbuka menjadi tempat yang diharapkan mampu memberikan kualitas rehat yang baik untuk mengembalikan segala hal positif yang terkuras oleh kesibukan sehari-hari, menghela nafas, menghirup udara segar, dan merasakan suasana natural.

Tanaman Hijau Mampu Mengurangi Stres dan Ketegangan Pikiran

Melihat tanaman hijau ternyata mampu mengurangi tingkat stres dan ketegangan pikiran, termasuk ketika hal tersebut dihadirkan di sudut hunian atau ruang kerja. Penting diketahui, beberapa area hijau yang diposisikan dengan baik tidak hanya dapat mencerahkan, tapi juga memurnikan udara serta membantu menciptakan suasana lebih santai dan tenang di setiap ruangan.

Penelitian di Belanda pada tahun 2008, membuktikan adanya tanaman tertentu di bangsal rumah sakit membuat pasien dilaporkan memiliki tingkat stres lebih rendah ketimbang pasien tanpa tumbuhan di bangsalnya.

10 Tanaman Hias yang Terbukti Mampu Mengurangi Stres

Berikut adalah 10 tanaman hias yang terbukti efektif dalam mengurangi stres, bahkan beberapa diantaranya memiliki stempel pengakuan dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) karena mampu meningkatkan oksigen dan membersihkan racun, yaitu :

1. Melati (Jasminum)

Aroma melati yang wangi dan segar memang berbeda dari bunga lainnya. Efek positif menghirup wangi bunga melati bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang, mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati ketika bangun tidur. Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian ilmiah yang dipimpin oleh Professor Habil Hanns Halt dari Fakultas Biologi dan Bioteknologi, Universitas Ruhr Bochum Jerman. Ia menemukan bahwa, dibandingkan dengan ratusan wewangian lainnya, wangi bunga melati paling efektif meningkatkan senyawa alami otak yang berfungsi untuk meredakan kegelisahan hingga lima kali lipat.

2. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Tanaman yang biasa digunakan untuk mempercantik ruangan ini diakui oleh NASA karena memiliki kemampuan untuk menyerap radikal jahat di udara dan menjadikannya lebih bersih. Tanaman yang sering juga disebut dengan snake plant ini dapat menangani sick building syndrome atau keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas karbondioksida, nikotin dari rokok dan penggunaan AC. Bahkan lidah mertua juga mampu meredusi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh perangkat elektronik.

3. Rosemary (Rosmarinus Officinalis)

Tanaman hijau segar rosemary memberi dampak yang baik pada kesegaran ruangan. Aroma rosemary juga dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, membersihkan pikiran dan memiliki kemampuan untuk merangsang aktivitas otak yang lebih positif, sehingga dianggap dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan stres.

4. Herbras (Gerbera jamensonii)

Kehadiran bunganya yang warna-warni sudah pasti akan menyemarakkan suasana ruangan serta memperbaiki suasana hati yang kacau. Hebatnya, tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat tricloroethylene yang biasa dikeluarkan oleh detergen pakaian. Si cantik ini bahkan mengeluarkan oksigen pada malam hari, sehingga kita dapat bernapas dengan lancar dan membuat tidur terasa lebih pulas dan berkualitas.

5. Sedasi (Lavender)

Sosok cantik berwarna ungu kebiruan ini biasa dikenal sebagai anti nyamuk. Padahal aroma khasnya juga mampu memberikan efek relaksasi karena mengandung anti-neurodepresive yang dapat membantu penderita insomnia untuk tertidur lebih cepat.

6. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel dari tanaman lidah buaya memiliki banyak khasiat, tidak hanya melembutkan kulit, penyubur rambut dan penyembuh luka saja, tetapi ternyata juga mampu memberikan limpahan oksigen pada malam hari serta membantu memantau kualitas udara di ruangan. Lidah buaya yang sehat dan mendapat banyak sinar matahari akan membersihkan udara dari polutan yang ditemukan dalam produk pembersih kimia. Tanaman yang juga diakui keampuhannya oleh NASA ini akan menampilkan bintik-bintik coklat ketika jumlah bahan kimia berbahaya di udara sudah berlebihan.

7. English Ivy (Hedera helix)

Tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Barat ini sangat mudah tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan serta dianggap bagus secara feng shui. English ivy memiliki senyawa bioadesif yang mampu menyerap benzena, formaldehida (formalin) dan berbagai zat kimia beracun yang dihasilkan oleh bahan sintetis, serta terbukti dapat mengurangi 90 – 94% jamur di udara dalam kurun waktu 12 jam, membuatnya menjadi salah satu tanaman hias pembersih udara handal yang terdaftar di NASA.

8. Peace Lily (Spathiphyllum)

Tanaman ini tidak hanya cantik sebagai dekorasi yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran, tetapi juga berfungsu sebagai pembersih udara dari racun seperti aseton, etil asetat, bensol, metil alkohol, xylene, formaldehida dan trikloroetilen.

9. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman cantik yang dekoratif ini mudah tumbuh dan menjadi salah satu tanaman pemurni udara terbaik dalam daftar NASA karena efektif dalam memerangi polutan termasuk benzena, formaldehida, karbonmonoksida dan xilena.

10. Seruni (Chrysanthemums)

Seruni melambangkan umur panjang, bisa jadi karena kemampuannya menyaring racun di udara dapat menciptakan atmosfer yang baik dan positif. Terlebih dengan warna yang cerah, bunga yang disebut juga dengan krisan ini membuat suasana kamar tidur terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Selain indah dan wangi, berdasarkan penelitian NASA, tanaman ini ternyata juga mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), amonia, formaldehida serta bahan kimia berbahaya lainnya dari udara.

img: GenAgraris.ID
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more