10 Slide Pitch Presentation, Tips Presentasi Ke Investor atau Klien bagi Startup
RINTISAN

10 Slide Pitch Presentation, Tips Presentasi Ke Investor atau Klien bagi Startup

Aruma Sistha
2 months ago
404 views

Pitch Presentation 

Sebagai pemilik bisnis startup, tentunya kita sangat mendambakan pendanaan dari investor untuk mengembangkan bisnis serta menghasikan keuntungan. Namun, tentu saja usaha untuk mendapatkan pendanaan tidaklah semudah membayangkannya. Selain harus siap bersaing dengan pebisnis lainnya, kita pun harus memiliki strategi jitu dalam mengenalkan bisnis kita melalui pitch presentation di hadapan investor.

Pitch presentation sendiri merupakan sebuah presentasi bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan kontrak pembelian atau pendanaan dari calon klien atau investor. Atas dasar itulah maka pitch presentation menjadi sangat krusial bagi seorang pebisnis.

10 Slide Pitch Presentation

Layaknya penjudi, investor akan memilih proyek atau ide yang risikonya sebanding dengan peluang keuntungan dari uang yang akan mereka tanam. Untuk menunjukkan hal itu, kita harus mampu menjabarkan gambaran keseluruhan bisnis kita dengan jelas dan singkat. Berikut adalah 10 hal yang wajib ada di slide presentasi kita.

1.The Vision – Slide pertama haruslah selalu berfungsi sebagai “elevator pitch” dan rangkuman dari apa yang sedang kita kerjakan. Secara singkat, jelaskan ide-ide kita dengan satu atau dua kalimat saja.

2. The Problem – Jelaskan komponen “why” dalam bisnis kita. Perkenalkan calon klien atau investor dengan permasalahan yang bisa saja mereka hadapi. Pastikan kita menjelaskan permasalahan tersebut secara detail dan jelas, menunjukan mengapa masalah tersebut perlu dipecahkan.

3. The Opportunity – Soroti value proposition, dan tunjukkan besaran potensi pasar serta tentukan posisi kita di dalamnya. Gunakan data secara detail dan penjabaran singkat dan jelas untuk menunjukkan cakupan masalah yang telah tertanggulangi.

4. The Solution – Tunjukan juga perbedaan mendasar dan keunikan produk kita. Buktikan pula bahwa spesifikasi produk atau jasa kita dapat menjadi alternatif solusi yang lebih baik ketimbang yang lain.

5. The Business Model – Cara perusahaan menghasilkan keuntungan dari produk atau jasanya adalah hal yang vital bagi investor. Untuk mempersiapkan materi ini paling tidak kita harus mampu menjawab salah satu pertanyaan mendasar, “Siapa yang mau membayar untuk solusi seperti ini?”

6. Validation and What’s Next – Adanya bukti keberhasilan business model yang dapat ditunjukkan akan menjadi sangat penting. Itu dapat mengurangi keraguan klien dan investor potensial. Ceritakan pada mereka tentang klien pertama, pesanan yang tertunda, serta hal lain yang menggambarkan bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan telah digunakan. Lalu sampaikan roadmap kita dengan jelas, akan melangkah kemana kita selanjutnya.

7. Marketing and Growth – Deskripsikan bagaimana kita akan meraih konsumen serta bagaimana bentuk strategi pemasaran dan promosi yang kita lakukan. Jelaskan saluran pemasaran mana yang kita gunakan dan mengapa.

8. The Team – Bangun kredibilitas dengan menyampaikan orang-orang yang bekerja keras dibalik bisnis dan produk kita. Fokuskan pada keahlian dan pengalaman tim manajemen agar investor dapat memperkirakan siapa dan apa seberapa besar kemampuannya “pengemudi kapalnya”.

9. Financials – Para investor tentunya ingin melihat perkiraan penjualan yang kuat selama 3 tahun kedepan. Biasanya mereka juga ingin mengetahui tentang informasi laba-rugi, cashflow, jumlah konsumen, dan angka penting lainnya dalam bisnis kita. Bersiaplah dengan adanya diskusi tentang angka di sini, maka kitapun harus menyiapkannya dengan realistis.

10. The Ask – Kita harus dapat mampu mengajak investor untuk bertindak dengan memberikan dana sesuai dengan nominal yang kita sodorkan. Jangan lupa untuk menyampaikan rencana kita, dimana kita akan menggunakan dana tersebut. Mungkin kita juga akan membicarakan tentang timeline juga di sini.

Jelas dalam Waktu yang Singkat

Tidak cukup di 10 hal itu saja, semua hal yang telah disampaikan sebelumya harus dapat dikemas dalam sebuah pesentasi yang tidak lebih dari 20 hingga 10 halaman saja.

Dan, kita juga harus mampu mengutarakan semua hal penting itu dalam waktu sekitar 10 – 15 menit saja. Penjabaran dan penggambaran bisnis yang jelas dengan waktu yang singkat pada saat pitching menunjukan bahwa ia memang ahlinya.

66 Shares
 
Update Lainnya
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Berbagai kajian dan penelitian terbaru menunjukan tumbuhan mempunyai kesadaran, bahkan kecerdasan, walau berbeda dengan organisme lainnya, seperti kelompok binatang.
3 days ago
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
Sebagai sumber daya vital, keberadaan dan ketersediaan air, dalam pengelolaannya dikembangkan berbagai teknologi, seperti teknologi hujan buatan, fog harvesting, irigasi pintar, dan ASRG.
5 days ago
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
"Smart & Digitalization Farming Conference Indonesia 2019" erhasil menyajikan gambaran dan pemahaman yang jelas menyangkut penerapan teknologi pertanian berbasis digital.
2 weeks ago
Load more