Insan

WFH, Mahluk Virtual, dan Mahluk Manual

 Kecanggihan teknologi digital yang ada tidak lantas mengubah manusia menjadi mahluk virtual seutuhnya.

  1. 0 Komentar
  2. 7 Dibagikan
ilustrasi

WFH, Work From Home, atau kerja dari rumah ternyata tidak mudah juga. Terbiasa kerja di kantor, ketika kerja dari rumah sepertinya banyak yang hilang. Suasana, senda gurau, bahkan omelan bos, komplain, riuh di jalan, yang tadinya dibenci setelah beberapa hari berlalu, jadi malah dirindukan.

Belum lagi karena kerja dari rumah malah beban kerjanya ditambah. Dirumah sendiri, juga belum tentu bisa fokus. Dan, itu kemungkinan akan lebih dari satu minggu, sedangkan baru beberapa hari saja sudah pusing. Bukannya malah tenang, yang terjadi malah stress, malah tidak produktif.

WFH, Antara Mahluk Virtual dan Mahluk Manual

Iya sih, walau kerja dari rumah masih bisa berkomunikasi dan berinteraksi via online, zoom, WAG, phone call dan lainnya. Tapi, tak jarang juga terbesit prasangka-prasangka karena distori jarak, tidak melihat langsung gestur tubuhnya, ketawa via emoticon. Bertatap muka via vicon, pandangan kita hanya sebatas kamera. Bisa saja menyebabkan mis komunikasi dan mis emosi.

Menyelami itu, berbagai kecanggihan teknologi digital yang ada tidak lantas mengubah manusia menjadi mahluk virtual seutuhnya. Manusia masih membutuhkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya manual. Karena bagaimanapun sense-nya beda.

Mengganti yang Hilang dari Kerja Di Kantor

Manusia akan berusaha menemukan kembali apa yang hilang. Untuk menggantikan apa yang hilang dari kerja di kantor atau aktivitas luar yang sudah menjadi kegiatan rutin. Berikut aktivitas-aktitas yang dapat dilakukan disela-sela WFH, work form home, karena harus dirumah aja. 

1. Main dengan anak kecil

Jangan merasa terganggu karena ada anak kecil di rumah. Bermain dengan anak kecil sejenak dapat menumbuhkan emosi positif, mengembalikan gairah hidup dan ketenangan.

2. Baca buku

Buku adalah benda mati. Tapi, bagi pikiran buku adalah sesuatu yang hidup. Di waktu senggang, seperti membaca buku menjelang tidur akan sangat bermanfaat. Selain menambah pengetahuan, juga dapat menghidupkan imajinasi, sehingga lebih kreatif dan solutif. 

3. Berkebun

Aktivitas berkebun dapat menghilangkan rasa bosan dan seolah terkungkung. Tidak perlu lahan yang luas, tapi bisa memanfaatkan lahan atau tempat yang ada, seperti menanam di pot, atau mengurus taman, menyirami, mencabuti rumput dll.

Juga tidak perlu waktu sehari penuh untuk mengurus kebun, cukup pagi, sian, sore ditengok dan dirawat, hanya membutuhkan paling lama 15 menit.

4. Hewan timangan

Hewan timangan atau hewan kesayangan dapat menjadi teman ketika jenuh dan merasa sendiri. Seperti berkebun, atau merawat tanaman, tidak perlu seharian merawat hewan kesayangan.

Ditengah Online

Melihat perkembangan yang ada, sepertinya physical distancing akan diperpanjang. Perusahaan atau kantor-kantor juga mungkin akan banyak yang memperpanjang waktu WFH. Ketika apa-apa harus online, kerja online, rapat online, belanja online, kegiatan-kegiatan diatas bisa dicoba untuk menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan produktifitas. 

 

  1. 0 Komentar
  2. 7 Dibagikan
Referensi

0 Komentar