Bahan Makanan

Teh Putih, Peluang Komersial dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Peluang usaha teh putih termasuk yang potensial. Salah satu daya tarik teh puti memiliki manfaat bagi kesehatan. 

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
Ilustrasi

Penikmat setia minuman teh, tentunya pernah mendegar atau mencoba teh putih atau white tea. Jenis teh ini dari Cina, sudah ada sejak zaman Dinasti Song (1279-690 SM). Pada awalnya, teh putih hanya dikonsumsi oleh Kaisar dan keluarganya atau pejabat kerajaan. Pada tahun 1891, teh putih mulai diekspor ke kawasan Asia dan Eropa.

Mengenal Teh Putih

Di Indonesia, peluang usaha teh putih termasuk yang potensial. Salah satu daya tarik teh puti memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, keberadaan teh putih masih sangat jarang beredar dan masih terdengar asing ditelinga masyarakat Indonesia. Itu karena jenis teh putih memang langka dengan harga selangit, dibandingkan jenis teh lainnya. Teh putih merupakan varian daun teh dengan harga selangit. Harga teh putih bisa mencapai kisaran Rp 1,5 sampai Rp 2 juta/Kg.

Teh putih diperoleh dari jenis tanaman teh Camelia sinesis. Jenis tanaman tersebut sama dengan tanaman yang menghasilkan jenis teh hitam dan teh hijau. Yang membuat beda adalah proses pengolahannya. Teh putih menjadi mahal karena peroses pengolahan yang cukup rumit.

  • Pertama, teh putih hanya diambill dari bagian pucuk tanaman yang belum mekar.
  • Saat memetik pucuk tersebut pun tidak dapat mengunakan tangan langsung.
  • Waktu memetik pucuk yang belum mekar yaitu antara pukul 05.30 sampai 9.00, untuk mencegah pucuk daun mekar akibat sinar matahari.
  • Setelah proses pemetikan, masuk ke proses pengolahan dan pengeringan teh putih yang dilakukan secara alami dan hanya menggunakan tenaga manusia.

Melihat proses yang cukup rumit tersebut, wajar teh putih menjadi mahal. Proses yang rumit tersebut bertujuan untuk mempertahankan khasiatnya, yakni kandungan antioksidan polifenol yang tetap tinggi bila dibandingkan jenis teh lain. Hal itu lah yang membuat teh putih sanagt baik bagi kesehatan.

Harga yang mahal dari teh putih juga disebabkan hasil produksi yang sedikit. Biasanya, untuk 1 ha kebuh teh hanya memproduski kurang lebih 1 kg teh putih.

Peluang Usaha Teh Putih

Kesadaran masyarakat saat ini terhadap kesehatan semakin tinggi, terutama penambahan gaya hidup terhadap pangan yang dikonsumsi melalui cara preventif. Kehadiran teh putih dapat menjadi alternatif minuman fungsional yang tinggi akan kandungan antioksidan dan dapat menjadi pilihan baru bagi konsumen  yang menyadari pentingnya kesehatan tubuh.

Peluang komersialisasi juga dapat dilakukan dengan melihat adanya pasar yang semakin berkembang, sehingga menciptakan produk turunan dari teh putih. Teh putih bisa menjadi pilihan konsumsi masa kini dengan inovasi yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan target pasar.

Terkait inovasi dalam produk turunan dari teh putih, faktor-faktor yang perlu diperhatikan yaitu khasiat yang tetap ada bagi kesehatan, rasa, tanggal produksi dan kadaluarasa, ketersediaan produk, serta kemudahan dalam persiapan dan konsumsi.

Inovasi Produk Teh Putih

Disamping itu, produk turunan teh putih ini juga harus didukung dengan program pemasaran dengan pendekaan edukatif. Karena program pemasaran untuk makanan akan tepat saran ketika disampaikan secara efektif akan memberikan fokus ke satu ata dua manfaat utama kesehatan dan digabung dengan minimal satu manfat non-kesehatan.

Inovasi produk turunan teh putih juga mencakup tentang rasa (taste), melingkupi, kemasan produk, cara penyajian, perangkat penajian, tempat dan suasana penyajian, tingkat kesegaran, dan sugesti manfaat.

Manfaat kesehatan seperti tinggi antioksidan dan rendah kafein dapat menjadi nilai yang ditekankan dalam program pemasaran, ditambah dengan nilai-nilai lain seperti tidak menggunakan bahan pengawet maupun pemanis buatan.

Penggabungan secara holistik antara inovasi produk dan strategi pemasaran yang tepat akan memberikan produk turunan teh putih peluang yang lebih besar untuk meraih sukses secara komersial. 

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
Referensi

Linnarto FP dkk. Teh Putih sebagai Alternatif Minuman Fungsional untk Gaya Hidup Sehat: Peluang Komersialisasi di Indonesia. Indonesia Business Review Tahun 2019.

 

White Tea: Primadona Baru Bangsa Indonesia. Link disini.

0 Komentar