Agribisnis

Tanaman Hias Kaktus, Dari Hobi Dapat Menjadi Bisnis

Tanaman hias kaktus mudah perawatannya, juga jika koleksinya sudah banyak dapat dikembangkan menjadi bisnis hobi.

  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
null

Selama pandemi Covid-19, mau tidak mau sebagian besar kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah saja. Tentunya akan sangat membosankan dan penat dengan segala aktivitas yang dilakukan di rumah saja.

Hobi tanaman hias bisa menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan agar kembali fresh dari kepenatan. Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dirawat di pekarangan rumah. Salah satunya kaktus, yang kembali hits pada masa pandemi ini.

Kaktus

Sebelum banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, kaktus diketahui berasal dari Benua Amerika, yang ditemukan tumbuh di tempat terbuka diantara tanah berpasir dan batu-batuan serta tanpa terlindungi oleh pohon-pohon besar. Itu karena tanaman kaktus tumbuh baik pada tempat yang terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

Tanaman kaktus merupakan jenis tanaman sukulen yang termasuk kedalam family Cactaceae dan memiliki lebih dari 2000 varietas warna dan bentuk. Kaktus sebagai tumbuhan sukulen, seluruh bagian tubuhnya seperti batang, akar, dan daun mampu menyiman air untuk bertahan hidup.

Duri pada tanaman kaktus merupakan daunnya dan memiliki ukuran bervariasi serta dapat mencapai panjang 15 cm. Daun yang berubah menjadi duri bertujuan untuk mencegah penguapan air berlebih. Sebagian duri kaktus bahkan berwarna terang yang membantu untuk memantulkan sinar matahari sehingga tanaman tetap dingin.

Tanaman Hias Kaktus

Karena keunikannya kaktus menjadi tanaman hias yang cukup populer. Alasan penggemar tanaman hias, yakni kaktus cenderung mudah dirawat dibandingan dengan jenis tanaman lainnya.

Dalam merawat tanaman kaktus di rumah pun terbilang mudah. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan dalam merawat kaktus:

  • Pastikan tanaman kaktus mendapat asupan sinar matahari yang cukup dan letakkan di dekat jendela selama minimal empat jam tiap hari.
  • Tanaman kaktus cukup disiram 2-3 minggu sekali dan usahakan menggunakan air hangat serta dilakukan pada pagi hari.
  • Agar tanaman kaktus dapat berkembang dengan baik meski dipeliraha di dalam rumah, maka letakkan kaktus di tempat yang sejuk, teduh dan tidak lembap seperti di teras rumah.
  • Untuk menanam kaktus, komposisi media tanam yang bisa digunakan yaitu tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Peranan serbuk arang membuat struktur media menjadi berongga dan terbuka, sehingga bisa membantu tanaman kaktus dapat tetap tumbuh sehat.
  • Dalam komposisi media tanam, dapat juga ditambahkan sedikit tulang dan serbuk kapur yang dapat berperan untuk memperkuat fisik kaktus serta dapat mengurangi kadar asam dalam media tanam.
  • Agar kaktus tumbuh optimal dan selalu segar dipandang mata, jangan lupa tambahkan pupuk, seperti pupuk kompos, dan hanya dilakukan 1 tahun sekali.

Jenis-jenis Kaktus dan Kandungannya

Sebagai tanaman hias, ada beberapa jenis kaktus yang patut diketahui, diantaranya:

  • Kaktus Parodia atau Ball Cactus, dengan bentuk bulat seperti bola dan bunga berwarna kuning.
  • Kaktus Haworthia Zebra, dengan bentuk seperti tanaman lidah buaya dengan ukuran lebih kecil namun berduir lebih banyak.
  • Kaktus Uban atau Chepalocereus senilis, karena memiliki rambut-rambut halus berwarna putih dan ukuran yang kecil.
  • Kaktus belimbing, memiliki bentuk tinggi dan terkadang bercabang.

Selama ini kaktus memang dikenal sebagai tanaman hias, namun siapa sangka tanaman hias ini memilki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kaktus mengandung senyawa golongan flavonoid dari beberapa bahan alam dilaporkan memiliki aktivitas antibakteri. Kaktus dilaporkan mampu menghambat Escherischia coli yang menyebabkan penyakit diare.

Bisnis Hobi Tanaman Has Kaktus

Ketika koleksi kaktus sudah banyak, maka dapat menjadi peluang bisnis tanaman hias ala rumahan. Selain itu, usaha tanaman kaktus masih belum banyak kompetitornya dan tentunya menjadi peluang usaha menjanjikan.

Konsep strategi penjualan saat pandemi Covid-19, bisa menggunakan media sosial sebagai alat pemasarannya. Ketika berjulan secara online tersebut, tentunya kualitas foto dan video prduk kaktus hias yang ingin dijual harus layak tayang sehingga menggugah pencinta kaktus hias untuk membeli kaktus yang dipasarkan tersebut.

  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
Referensi

Manfaat Tanaman Kaktus Has dan Cara Merawatnya. www.casaindonesia.com

 

Juniadi. Teknis Budidaya Kaktus. www.bbpp-lembang.info

 

Jukri. Bisnis Kaktus Hias Peluang Usaha Rumahan menguntungkan. www.bisnisukm.com

 

Cara Budidaya Kaktus Sebagai Tanaman Hias. tanipedia.co.id

 

0 Komentar