Kewirausahaan

Strategi Pemasaran bagi Wirausahawan Pemula

Gunakan sosial media, atur harga dan buat logo agar mudah diingat dulu, dalam pemasaran sebuah produk bagi wirausahawan baru.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Pemasaran merupakan suatu usaha perusahaan untuk mampu mengelola pasar melalui berbagai kegiatan operasionalnya, agar mampu memperoleh timbal balik yang menguntungkan dari konsumen, di mana pemasar berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen melalui suatu penciptaan nilai dari produk barang atau jasa. 

Tentang Pemasaran

Jadi, pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan juga mempertukarkan nilai dari produk barang atau jasa.

Dalam berwirausaha tujuan pemasaran haruslah terencana dengan strategi pemasaran yang tepat, karena akan digunakan untuk melawan atau menghadapi pesaing yang ada dan juga pesaing yang akan masuk.

Selain itu, pemasaran juga merupakan upaya memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan dalam berwirausaha dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

Pemasaran untuk Wirausahawan Baru

Dengan banyaknya wirausahawan yang bermunculan saat ini, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat konsumen. Meskipun sulit , namun jika fokus dalam merencanakan strategi pemasaran tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha kecil dapat tumbuh berkembang menjadi besar.

1. Gunakan sosial media 

Pada umumnya, wirausahawan baru mempunyai anggaran yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan wirausahawan yang sudah lama. Oleh sebab itu, sosial media adalah cara pemasaran yang efektif untuk mensiasati anggaran yang memang terbilang kecil.

Dengan menggunakan sosial media gratis seperti facebook, twitter, dan instagram, maka seorang wirausahawan baru dapat memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen tanpa mengunakan anggaran yang besar.

2. Atur Harga

Harga merupakan hal yang mendasar untuk menarik perhatian konsumen, jadi harga itu adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk. Pada umumnya karakteristik konsumen atau perilaku konsumen di masyarakat tertarik dengan harga yang lebih murah, tetapi juga kualitas produk yang mumpuni.

Oleh sebab itu, strategi harga untuk wirausahawan yang tergolong baru jangan mentargetkan laba yang banyak, dengan menurunkan harga dibawah pasaran dengan produk kualitas yang sama maka dengan asumsinya konsumen akan tertarik untuk membeli produk kita.

3. Pakai Logo Merek 

Logo sangat penting untuk memasarkan merek dalam berwirausaha baik kecil atau besar. Tidak perlu menjadi desainer profesional untuk menghabiskan banyak waktu dan anggaran untuk membuat logo yang tampak hebat. Di zaman teknologi serba canggih ini, bisa dengan cepat dan efesien membuat logo untuk merek melalui blog atau situs – situs desain  di internet, pelajari dan buatlah yang unik dan berbeda.

Selanjutnya

Setidaknya, tiga itu saja dulu, setelah selanjutnya di tinjau ulang kekurangan dan kelebihannya, masukan dari konsumen dapat menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan dan pemasaran berikutnya.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi

0 Komentar