Agribisnis

Semakin Banyak Diminati, Ini Kunci Sukses Usaha Agribisnis Budidaya Jambu Biji

Indonesia merupakan negara agraris dengan pertanian sebagai sumber mata pencaharian dan sumber pendapatan bagi masyarakat Indonesia.

  1. 0 Komentar
  2. 6 Dibagikan
null

Disebut berpotensi mencegah virus corona, otomatis permintaan jambu biji meningkat tajam. Dari berbagai pemberitaan media, permintaan jambu biji meningkat, ada yang sampi tiga kali lipat. Belum lagi, selain wabah virus corona, wabah demam berdarah (DBD) mulai muncul di beberapa daerah. Sepertinya, tahun ini tahunnya jambu biji.

Usahatani Budidaya Jambu Biji

Usahatani budidaya jambu biji merupakan salah satu yang potensial dari berbagai usaha agribisnis. Tidak sekedar permintaan yang meningkat karena sedang terjadi wabah virus corona. Karakter buah, khasiat dan manfaat, serta budidayanya mendukung fleksibilitas dan kemudahan operasional usaha.

Jambu biji termasuk tanaman komersil, dan berlaku global. Buah dengan rasa manis ini, sudah dibudidayakan sedikitnya di 150 negara. Artinya, pasar jambu biji bukan hanya di dalam negeri, tapi juga memiliki potensi pasar ekspor, pasar luar negeri, baik sebagai produk olahan, maupun sebagai produk hortikultura, produk buah.

1. Karakteristik Buah Jambu Biji

Ada enam varietas jambu biji yang umum biasa ditanam di Indonesia, Getas Merah, varietas Kristal, varietas Lokal, varietas Pear, varietas Sukun Farang, dan varietas Sukun Merah. Kesemuanya mempunyai keunikan sendiri, ada yang teksturnya seperti pasir, pulen, rasanya legit, dan lainnya. Dengan karakteristik itu, buah jambu biji paling sering digunakan sebagai jus, minuman buah segar alami, yang bersifat fancy.

Sebagai sebuah usaha agribisnis, karakter jambu biji yang menjadi kendala sehingga perlu perhatian khusus adalah terkait dengan jangka waktu kesegaran buah jambu biji. Jambu biji yang tergores, dan tidak disimpan disuhu ideal hanya mempunyai waktu kesegaran tiga hari, sebelum mulai busuk.

Jambu biji dapat bertahan sampai 21 hari jika disimpan di suhu sekitar 15 derajat celcius, buah tidak tergores, dan di packing dengan benar. 

2. Kegunaan dan Manfaat

Jambu biji memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi dibandingkan buah lainnya. Konsentrasi antioksidan didalam biji jambu mencapai 500 miligram per 100 gram, plum 330 miligram, delima 135 miligram. Jambu biji tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, tapi juga merawat kulit dan mencegahnya agar tidak cepat menua. Selain itu khasiat jambu biji dapat mencegah dari serangan deman berdarah.

3. Budidaya

Secara umum budidaya jambu biji termasuk mudah. Pertimbangan untuk lokasi budidaya jambu biji diantaranya pemilihan lokasi yang baik adalah lokasi dengan sinar matahari dan pengairan yang cukup. Supaya otimal atur juga jarak tanam dengan pola baris, antar baris kira-kira 3─4 meter, sedangkan jarak tanam antar pohon 82.7 ─3.6 meter. Perawatan jambu biji hanya memerlukan pemangkasan batang dan daun, dan menjaga pohon yang tumbuh tingginya tidak lebih dari 2 meter.

Kunci keberhasilan yang paling utama dari budidaya jambu biji sebagai usahatani adalah intensifikasi. Dengan pengelolaan, pengobatan, dan pemupukan yang terprogram, jambu biji bisa berbuah setiap tahun. 

Kunci Sukses Usaha Agribisnis Budidaya Jambu Biji

Tidak mudah menjalankan usaha agribisnis, apalagi untuk menjadi sukses, berkembang mempekerjakan, berdaya bersama orang lain. Dibutuhkan tidak sekedar keuletan, ketekunan dan daya juang, walau itu yang paling utama. 

Dengan tidak mengesampingkan keutamaan itu, faktor kunci dalam usahatani budidaya jambu biji, diantaranya: 

  1. perencanaan budidaya dan kesungguhan intensifikasi budidaya,
  2. pengepakan,
  3. jaringan pemasaran,
  4. pengembangan nilai tambah produk, dan
  5. pengaturan keuangan.

Untuk usaha di bidang pertanian, apalagi budidaya jambu biji yang dilakukan outdoor, perlu untuk selalu di ingat, keberhasilan setiap pane sangat tergantung pada faktor cuaca, curah hujan, hama dan lainnya yang sifatnya tidak terduga dan tidak terdeteksi.

Kewirausahaan Dalam Usaha Agribisnis Budidaya Jambu Biji

Kunci keberhasilan usaha agribisnis budidaya jambu biji diatas hanya sebatas yang diketahui dan dapat diantisipasi. Selebihnya, seperti menghadapi wabah virus corona ini, pelaku usaha hanya dapat terus berjuang, menanam dengan suka rela, baik disaat iklim tidak mendukung atau ada serangan hama, maupun disaat panen melimpah.

  1. 0 Komentar
  2. 6 Dibagikan
Referensi

Abstrak. Pengaruh Kemasan dan Suhu Penyimpanan Terhadap Masa Simpan Jambu Biji (Psidium Guajava L) Terolah Minimal Menggunakan Lapisan Gel Lidah Buaya (Aleo Vera). Diakses 25 Maret 2019. Link disini

 

Jambu Biji. Biofarmaka, IPB. Diakses 25 Maret 2019, Link disini.

 

0 Komentar