Bahan Makanan

Vitamin C dan Zinc Untuk Imunitas Tubuh

Vitamin C dan Zinc dari sumber makanan dapat menjaga sistem imun tubuh ditengah wabah virus corona atau covid-19.

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
null

Bulan Puasa telah tiba. Ada perbedaan suasana puasa dari tahun-tahun sebelumnya. Puasa kali ini dibarengi dengan pandemi virus Corona atau Covid-19. Puasa sendiri sudah menyehatkan. Dari sisi kesehatan, menurut berbagai penelitian dan ahli, puasa merupakan penyeimbangan tubuh baik proses, sirkulasi, dan berbagai kadar didalam tubuh.

Prioritas Menjaga Imunitas Tubuh  

Tapi, tidak ada salahnya ketika berbuka puasa memperhatikan, memilah dan memprioritaskan makanan tertentu yang menyehatkan. Salah satu yang diprioritaskan saat pandemi Covid-19 ini adalah imunitas tubuh. Bukan berati puasa mengurangi imunitas tubuh, tapi menjaga kesehatan merupakan keharusan baik disaat puasa maupun tidak.

Berkaitan dengan itu, pilihan makanan dengan nutrisi yang baik dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Kandungan sayuran dan buah-buahan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh karena banyak mengandung vitamin C dan zinc.

Sekilas Tentang Vitamin C dan Zinc

Disitasi dari berbagai sumber, vitamin C memiliki beragam fungsi, diantaraya melindungi sel tubuh dari kuman penyakit dan sehingga kesehatan sel-sel tubuh tetap terjaga, menjaga kekuatan organ tubuh seperti kulit, tulang, dan pembuluh darah, memperbaiki sel-lsel yang surak akibat luka, meningkatkan daya serap zat besi dari berbagai sumber makanan, serta melindungi kerusakan akibat radikal bebas.

Zinc merupakan salah satu jenis logam yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, Zinc juga diketahui terbukti membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare, serta mencegah infeksi pernapasan.

Kombinasi dari vitamin C dan Zinc tersebut sangat baik dikonsumsi dengan manfaat menambah nutrisi dan menjaga sistem imunitas tubuh.

Sumber Asupan Vitamin C dan Zinc

Sumber utama dari vitamin C dan Zinc bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, jambu biji, kiwi, melon, stoberi, pepaya, mangga, dan nanas.

Sedangkan sayuran yang mengandung vitamin C antara lain kubis, brokoli, ubi jalar, kembang kol, dan paprika merah. Sedangkan sumber makanan yang banyak mengandung zinc antara lain tiram, kepiting, lobster, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, gandum, sereal, susu, dan yogurt.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Persiapan fisik dan daya tahan tubuh yang baik tentunya juga perlu ditingkatkan agar puasa tidak terganggu akibat kesehatan yang menurun. Apalagi menurut ahli, beberapa penyakit justru dapat dikendalikan dengan berpuasa.

Jangan lupa juga, untuk buah-buahan merupakan pengganti gula olahan yang baik. Selain bermafaat bagi kesehatan, kan juga dapat menghemat karena saat ini harga gula mahal. "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa".

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
Referensi

Anonim. Pentingnya Asupan Vitamin C dan Zinc Sebelum Puasa. Media Mandiri Inhealth. Edisi April-Juni 2019, hlm 20-21. Link: https://www.inhealth.co.id/assets/collections/doc/media-mandiri-inhealth-edisi-april-juni-2019-5d1b67fe40fc0.pdf atau https://www.alodokter.com/pentingnya-asupan-vitamin-c-dan-zinc-sebelum-puasa-ramadhan

 

World Health Organization. Interim Guidance 15 April 2020. Safe Ramadan Practices In The Context of the COVID-19. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331767/WHO-2019-nCoV-Ramadan-2020.1-eng.pdf

 

Adrian K, dr. Tingkatkan Sistem Imun dan Atasi Lelah Saat Berpuasa dnegan Nutrisi Berikut. https://www.alodokter.com/tingkatkan-sistem-imun-dan-atasi-lelah-saat-berpuasa-dengan-nutrisi-berikut

0 Komentar