Agro Ekonomi

Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit

Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya.

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
null

Bedasarkan data dari statista.com Indonesia merupakan produsen sawit terbesar di dunia, disusul, Malaysia, Thailand, Kolombia dan Nigeria. Produksi minyak sawit Indonesia mencapai 41, 5 juta metrik ton untuk tahun 2018/2019, dan menjadi pemasok lebih dari 50% atas kebutuhan minyak sawit dunia.

Sekilas Sawit Indonesia

Sawit memang merupakan komoditas unggulan dan andalan Indonesia. Konsribusi industri sawit terhadap perekonomian nasional terbilang besar. Sebagai salah satu sumber devsia, kontribusi sawit terhadap PDB (Produk Domistik Bruto) mencapai 260 triliun (2016).

Sebagai komoditas dengan nilai ekonomi tinggi, dengan pembukaan perkebunan sawit secara besar-besaran, disitu ada konsekwensinya, dampak negatif yang harus dibayar mahal. Seringkali, perkebunan sawit dinyatakan sebagai salah satu yang menyebabkan kerusakan hutan, biodiversitas, menggusur komonuitas masyarakat lokal, dan sebagai salah satu penyebab pemanasan global.

Disatu sisi, pada ranah perdagangan internasional minyak sawit menghadapi pertentangan atau barrier to entery. Disisi lain, minyak sawit sebagai bahan baku produk jadi, diantaranya consumer goods sangat dibutuhkan oleh masyarakat di berbagai negara.

Berbagai Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit

Dari benih yang ditanam untuk menjadi bibit, kemudian menghasilkan BTS (Buah Tandan Segar), diproses menjadi COP (Crude Palm Oil), sampai menjadi produk akhir, dengan tahapan on farm, pemrosesan bahan baku industri, dan pemrosesan produk akhir, minyak nabati yang berasal dari sawit digunakan hampir pada setiap masakan yang tersaji di rumah-rumah dan di restoran.

Itu merupakan salah satu contoh dari kegunaan minyak sawit yang berasal dari buah sawit, yang berasal dari perkebunan sawit. Penyulingan dan fraksinasi minyak sawit menghasilkan bahan baku produk minyak sawit yang dikenal sehari, diantaranya:

1. Minyak Goreng

Fraksinasi minyak sawit pada suhu terkontrol, setelah terkristalisasi menghasilkan fraksi cair palm olein yang merupakan bahan dari minyak goreng. Keunggulan palm olein sebagai minyak goreng diantaranya tahan terhadap oksidasi, tidak mudah rusak pada suhu tertentu pada saat penggorengan, dan waktu kedaluarsanya lebih lama.

2. Margarin & Kue

Selain palm olein fraksinasi minyak sawit juga menghasilkan fraksi solid yang disebut palm stearin. Palm stearin merupakan bahan baku, salah satu komponen dari produk lemak padat alami, seperti margarin, kue, dan sejenisnya.

3. Sabun, Industri Oleokimia, & Biofeul

Penyulingan dan fraksinasi minyak sawit juga menghasilkan produk sampingan yaitu asam lemak sawit setelah destilasi atau palm fatty acid distillate. Produk ini beraroma harum sehingga salah satunya menjadi bahan baku sabun dan detergen.

Asam lemak sawit setelah destilasi atau palm fatty acid distillate yang diekstrifikasi juga menjadi bahan baku industri oleokimia dan biofuel.

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
Referensi

Republika. Diakses pada September 2019. Sawit Beri Sumbangan Terbesar ke PDB Indonesia

Worldwatch.org. Diakses pada September 2019. Global Palm Oil Demand Fueling Deforestation

Wartaekonomi. Diakses pada September 2019. Literasi ke Milenial, BPDPKS Ungkap 3 Keunggulan Sawit Indonesia

Bakriesumatera.com. Diakses pada September 2019. Proses Penyulingan dan Fraksinasi Minyak Sawit

 

0 Komentar