Agro Ekonomi

Sekilas Manfaat dan Potensi Komoditi Kelapa

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan. Setiap bagian pohon kelapa mempunyai manfaat, buah kelapa merupakan komoditi ekonomi tinggi.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Komoditi Kelapa

Kelapa atau cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren – arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini hampir semua bagiannya bermanfaat bagi manusia. Oleh sebabnya, dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir samudra hindia disisi asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Indonesia sendiri merupakan negara penghasil kelapa terbesar didunia. Namun, sayang tingkat produktivitasnya masih minim.  Produksi kelapa Indonesia pertahunnya mencapai 18 juta ton dengan produktivitas masih cukup rendah yakni satu ton per hektar. Indonesia kalah dari Filipina yang memiliki produktifitas mencapai empat ton per hektar.

Daerah Penghasil Kelapa 

Provinsi Riau merupakan daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Tanaman kelapa di provinsi ini memang menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan, bahkan tanaman kelapa terbesar di dunia ada di kabupaten Indragiri Hilir. Daerah penghasil kelapa di Indonesia pada umumnya masih milik masyarakat, artinya tanaman ini atau komiditas ini dikembangkan dan juga diperdayakan oleh masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai.

Manfaat kelapa 

Pada sebagian masyarakat, pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan. Pohon ini dapat menghasilkan berbagai macam produk yang berasal dari berbagai bagian–bagiannya, seperti untuk membangun rumah, dekorasi dan bahkan obat–obatan. Berikut adalah manfaat dari bagian-bagian pohon kelapa.

Akar

Akar, manfaat pohon kelapa dari akar sampai pucuk tak terelakkan lagi, akar kelapa sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup. Kelapa memiliki akar yang menyerupai rambut, dan memiliki sistem akar berserat.  Akar kelapa umumnya digunakan berbagai bidang, obat – obatan herbal, kontruksi bangunan, penangkal banjir dan bahan aneka kerajinan tangan.

Batang

Batang, batang kelapa memiliki butiran yang berserat, ada tiga warna dasar yang berkaitan dengan kepadatan kayunya, yaitu cokelat gelap, cokelat medium, dan emas bercahaya. Batang kelapa umumnya memiliki tinggi mencapai 25 meter dengan diameter 300mm, kandungan sisilika dalam batang memberikan efek elastisitas pohon. Jadi batang kelapa bisa digunakan untuk bahan desian struktur dan interior, bahan desian eksterior , dan bahan dasar kertas.

Daun

Daun, kelapa memiliki bagian daun yang merupakan daun tunggal dan menyirip, bisa digunakan jika daun masih muda untuk anyaman, seperti ketupat dan lemet.

Buah

Buah, kelapa memiliki buah dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk bulat, dan bagian buah kelapa paling banyak manfaatnya seperti air kelapa bisa untuk kesehatan, lalu daging buah kelapa digunakan campuran untuk jenis minuman, cangkang kelapa bisa untuk arang dan sabut kelapa bisa digunakan pembersih untuk cuci piring.

Bunga

Bunga, bunga kelapa mulai mekar ketika kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bagian bunga ini dapat dimanfaatkan , hasil fermentasinya sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka, dan obat–oabatan tradisional. 

Potensi Ekspor Kelapa

Dua negara yang berpotensi menjadi tujuan produk kelapa indonesia yaitu Thailand dan Tiongkok. Negara thailand sedang membutuhkan diversifikasi produk kelapa impor dalam bentuk minyak kelapa. Permintaan setiap tahun semakin meningkat . selain itu juga negara ini tengah mengembangkan campuran biodiesel berbahan kelapa 10% sejak 2012.

Untuk negara Tiongkok, kelapa dibutuhkan untuk berbagai macam hal , salah satunya serat kelapa. Saat ini, Tiongkok menjadikan serat kelapa sebagai bahan baku industri spring bed, matrs, jok mobil, sofa , dan benda lainnya.

Selain itu , Indonesia dan negara ASEAN lainnya tidak dikenakan tarif importasi produk kelapa dan hanya terkena pajak pertambahan nilai sebesar 13 – 17 %. Dengan kelapa Indonesia masih cukup besar, kedua negara tersebut bisa menjadi negara utama untuk mengekspor produk–produk kelapa.

img feature: buah kelapa. GenAgraris.ID
  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi
htpps://manfaat.co.id>manfaat-pohonkelapa
htpps://www.pontianakpost.co.id
https://www.kompas.com

0 Komentar