Bahan Makanan

Sekilas Kandungan dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Selain kandungan nutrisi, buah naga mengandung zat fitokimia yang buah berfungsi untuk menurunkan risiko kanker.

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
null

Di Indonesia, buah naga atau dragon fruit (Hylocereus sp.) sudah menjadi buah favorit, menjadi buah yang biasa disajikan sebagai makanan penutup, dibuat juz buah, atau lainnya. Sebagai buah favorit, bukan hanya rasanya yang manis dan segar, kandungan dan manfaat buah naga menjadi nilai lebih sehingga banyak dikonsumsi. 

2 Jenis Buah Naga Di Indonesia

Diketahui, tanaman buah naga merupakan tanaman asli dari Meksiko. Buah naga baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000-an, diimpor dari Thailand. Sebagai buah pendatang baru hortikultura, buah ini memiliki ciri warna merah dengan sisik berwarna hijau.

Ada dua jenis buah naga yang dikembangkan dan dipasarkan di Indonesia, buah berdaging putih (H. undatus) dan buah berdaging merah (H. polyrhizus).

Kedua jenis buah naga itu yang memang banyak beredar di Indonesia memiliki beragam kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Keunggulan lain dari dua jenis buah naga itu diantaranya dalam hal budidaya dan peluang usaha yang menjanjikan.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga

Berdasarkan hasil beberapa riset, diketahui kandungan nutrisi terdiri atas Karbohidrta (11.50%), Protein (0.53%), Air (90.20%), Kalsium 6-10 g/100 g, dan Vitamin C (9.40 %). Kandungan nutrisi pada buah naga tersebut mempunyai beberapa manfaat, diantaranya:

  • meningkatkan metabolisme tubuh,
  • menguatkan tulang,
  • menurunkan kadar kolesterol,
  • penyeimbang gula darah,
  • menguatkan fungsi ginjal dan tulang, serta
  • meningkatkan kerja otak,
  • mempelancar system peredaran darah,
  • mengurangi tekanan emosi, dan
  • menetralkan racun dalam darah.

Selain kandungan nutrisi, buah naga mengandung zat fitokimia yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker. Buah naga dapat dikonsumsi langsung, juga dapat dijadikan sebagai bahan baku makanan olahan. Bahkan, selain sebagai bahan makanan, buah naga juga merupakan bahan baku kosmetik dan kesehatan.

Lainnya Dari Buah Naga

Sebagai tanaman jenis kaktus, tanaman buah naga dapat tumbuh di seluruh wilayah tropis dan mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan tumbuh dan perubahan cuaca, tapi tidak tahan genangan air.

Di Indonesia, masa panen buah naga umumnya terjadi pada bulan November sampai April. Umur tanaman buah naga yang siap panen yaitu umur 1-2 tahun dan umur produktifnya sekitar 20 tahun. setelah dipetik buah naga dapat disimpan selama 7-14 hari dengan suhu 14 derajat C atau 20 derajat C.

  1. 0 Komentar
  2. 2 Dibagikan
Referensi

Primadesi F. 2010. Motivasi Petani Dalam Budidaya Tanaman Buah naga (Hylocereus sp.) di KEcamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Harvey FIW, Januar J, Kusmiati A. 2009. Trend Produksi dan Prospek Pengembangan KOmoditas Buah Naga di Kabupaten Jember. J-SEP 3(2): 71-78

 

http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/1369-budidaya-buah-naga

0 Komentar