Peternakan & Akuakultur

Peluang Usaha Potensial Budidaya Ternak Ayam Arab

Tahan penyakit dan tidak boros pakan, ayam arab dapat jadi usaha alternatif yang menjanjikan.

 

  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
null

Ayam Arab merupakan jenis rasa yam Brakel Kriel-Silver, yang berasal dari Belgia yang sudah terseleksi sebagai penghasil telur. Ayam Arab disebut demikian karena keberadaan ayam ini di Indonesia  akibat telurnya yang dibawa oleh orang yang menunaikan ibadah haji dari Mekah.

Ayam Arab Di Indonesia

Ayam Arab mulai dikembangkan di Indonesia pada awal tahun 90-an. Selama masa introduksi tersebut ayam Arab telah diupayakan untuk dikembangbiakan baik secara galur murni, maupun dikawinsilanglkan dengan ayam lokal, artinya ayam Arab dapat dikatakan telah beradaptasi dengan baik terhadap suhu di Indonesia.

Ayam Arab banyak diternakkan di Indonesia juga karena memiliki potensi sebagai ayam petelur unggul dan memiliki karakteristik warna dan bentuk telur yang menyerupai ayam Kampung sehingga banyak diminati konsumen. Ayam Arab yang berada di Indonesia ada dua jenis, yaitu ayam Arab Silver dan ayam Arab Merah (Golden Red). Namun, di kalangan masyarakat, ayam Arab yang lebih dikenal adalah ayam Arab Silver.

Ciri-Ciri dan Keunggulan Ayam Arab

Ayam Arab memiliki ciri-ciri antara lain memiliki sifat lincah, berpostur tubuh ramping, agak liar, keinginan mengeram rendah, daya seksual pejantan tinggi, tingkat efisiensi pakan yang tinggi, dan kemampuan memproduksi telur yang tinggi. Ayam ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil sehingga konsumsi pakan relatif rendah dan lebih ekonomis untuk dikembangkan oleh peternakan rakyat. Kemampuan adaptasi terhadap lingkungan dan daya tahan akan penyakit membuat ayam ini menjadi primadona di beberapa wilayah Indonesia.

Keunggulan yang dimiliki ayam Arab enyebabkan ayam tersebut sering disilangkan dengan ayam jenis lain guna memperoleh bibit ternak unggul, khususnya produksi telur. Tujuannnya agar diperoleh produksi telur yang lebih tinggi dengan kualitas daging yang lebih baik.

Produksi telur ayam Arab yang tinggi yaitu 190-250 butir/tahun dengan berat telur 30-35 gram dan hampir tidak memiliki sifat mengeram sehingga waktu bertelur menjadi lebih panjang. Lebih lanjut, Ayam Arab juga memiliki keunggulan dalam efisiensi pakan sekitar  80 gram/ekor/hari. Hal ini yang menjadikan ayam ini memilik peluang usaha yang bagus untuk dibudidayakan.

Beternak Ayam Arab

Menilik dari keunggulan ayam Arab, tentunya bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan jika dikelola secara tepat dan optimal, yang bertujuan untuk meningkatkan produktiviyas ternak ayam Arab ini. Berikut hal-hal penting terkait kiat-kiat dalam usaha ternak ayam Arab:

1. Pemberian pakan.

Pemberian pakan dilakukan secara teratur dan harus memperhatikan mutu serta jumlahnya. Bahan untuk pakan untuk ternak ayam Arab diantaranya jagung, konsentrat, bekatul, serta vitamin dan premik yang diberikan sesuai kebutuhan.

2. Pengendalian penyakit.

Ayam arab termasuk jenis ayam yang kuat terhadap serangan penyakit. Tetelo atau pesau sampar (Newcastle Disease) merupakan jenis penyakit yang sering menyerang ternak ayam Arab. Penyakit ini mematikan bagi ayam serta diketahui belum ada obatnya. Pencegahan penyakit tetelo bisa dengan melakukan vaksinasi dan menjaga kebersihan kandang dengan desinfektan. 

3. Pengelolaan reproduksi.

Hal in berkaitan dengan produksi telur, baik telur konsumsi maupun telur tetas. Jika target produksi telur adalah telur tetas, maka perbandingan antaran jantan dan betina yang akan dikawinkan yaitu 1:8. Ayam Arab betina sudah mulai bertelur saat berumur 5 bulan dan puncak produksi telurnya yaitu saat betina berumur 8 bulan. Rata-rata produksi telur yang dihasilkan yaitu 80-90%.

Peluang Usaha Ayam Arab

Melihat keungulan dalam memelihara ayam Arab, budidaya jenis ayam ini bisa menjadi usaha alternatif yang cukup menjanjikan, khususnya pada masa pandemic Covid-19 yang tidak menentu ini. Tentunya hal tersebut berdasarkan keunggulan dari pemberian pakan yang tidak boros selama efesien dan cenderung tahan terhadap penyakit. Dengan pengelolaan ang baik usaha ternak ayam Arab dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
Referensi

Furqan. Produksi dan Kualitas Telur Ayam Arab Umur 22-28 Minggu Ada Suhu Kandang Berbeda. Skiripsi, Fakultas Peternakan IPB, Tahun 2012.

 

Admin. Ayo Bisnis Ternak Ayam Arab dan Keuntungannya. Info Agribisnis

 

0 Komentar