Bahan Makanan

Mengenal Okra, Sayuran Asal Afrika Kaya Manfaat Kesehatan

Okra sebagai bahan pangan dengan ragam manfaat sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

  1. 0 Komentar
  2. 3 Dibagikan
Ilustrai

Okra atau dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus, dikenal sebagai salah satu jenis sayuran buah yang kaya manfaat. Tanaman okra  berasal dari Afrika Barat dan menyebar  serta tumbuh subur di daerah tropis dan bagian sub-tropis. Okra juga sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, Cina, dan India.

Sekilas Tentang Okra

Sebagai tanaman semusim, Okra termasuk kedalam family Malvaceae dan memiliki beberapa nama antara lain lady’s finger, qiu kui, okura, okro, quiabos, ochro, quibo, gumbo, bamya, bamia, bendi, bhindi, kacang bendi, dan kopi arab. Ciri morfologi berupa batang yang tegak bercabang, daun tunggal, bunga berwarna putih kekuningan, dan  buah berwarna hijau muda sampai tua.

Okra telah dikenal sebagai tanaman dengan ragam manfaat karena hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Bagian batang tanaman okra dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar, selain juga dapat dapat digunakan pada pembuatan pulp kertas.

Untuk bahan makanan, daun muda okra biasanya dimanfaatkan oleh orang Afrika sebagai sayur sebagaimana halnya bayam. Buah muda dapat dimanfaatkan dengan cara dimasak sebagai sayur, digoreng, atau sebagai lalapan. Buah okra muda mengandung protein, lemak, karbohidrat dan kalori. Buah okra terdiri dari biji, lendir yang membungkus biji dan kulit buah.

Ketika dimasak, buah okra akan mengeluarkan lendir karenanya biasa dimasak menjadi bahan baku pengental pada sup. Lendir buah okra mempunyai khasiat sebagai bahan pencahar dan ekspektoran. Buah okra juga biasa dikonsumsi dengan cara diiris kemudian digoreng. Lendir dari buah okra dapat dimanfaatkan sebagai bahan emulsifier pada industri makanan maupun kertas.

Biji okra yang tersimpan di dalam buah okra merupakan bagian yang paling terkenal dan paling banyak dimanfaatkan. Biji okra merupakan sumber protein dengan lysine sebagai asam amino, sehingga biji okra sangat baik diolah menjadi sereal sarapan.

Selain itu, biji okra juga mengandung protein, lemak dan serat, serta mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, dan seng.  Lebih dari itu, biji okra mengandung antioksidan, poliphenol, dan flavonoid.

Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Konsumsi okra secara rutin sangat baik bagi kesehatan karena ragam manfaat dari okra itu sendiri. Beberapa manfaatnya, diantaranya :

1. Mengatur Gula Darah

Okra mengnadung serat larut yang dapat membantu menjaga kadar gula darah untuk lebih stabil. Okra diketahaui memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, sehingga memiliki efek meminimalisir  glukosa darah pada tubuh. Artinya, okra baik dikonsumsi secara bebas oleh pasien diabetes dan orang-orang yang memperhatikan berat badannya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan  vitamin C dan antioksidan pada okra menunjukkan bahwa dengan rutin konsumsi okra dapat meningkatkan imunitas tubuh. Seperti diketahui, vitamin C dapat merangsang sistem imun untuk memproduksi sel darah putih, yang nanti berfungsi untuk melawan patogen penyebab penyakit di dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit ginjal

Bagi penderita sakit ginjal, dengan konsumsi okra scara rutin diketahui dapat mengurangi tanda-tanda klinis kerusakan ginjalnya berkurang sehingga membantu mencegah penyakit ginjal kronis.

4. Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Konsumsi okra bagi hamil sangatlah bermanfaat karena kandungan nutrisi yang tinggi pada okra sepertivitamin A, vitamin B (B1, B2, B6), vitamin C, zinc dan kalsium. Kandunga tersebut memang diketahui sangat baik bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada okra juga bagus untuk perkembangan janin, yang berfungsi untuk mencegah cacat lahir. Terakhir, kandungan seratnya juga bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

5. Menurunkan kolesterol

Okra memiliki kandungan serat yang tinggi, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Saat konsumsi okra, maka serat larut pada okra mampu mengikat kolesterol dari makanan lain sehingga bisa dikeluarkan bersama dengan kotoran tubuh.

Potensi Budidaya Di Indonesia`

Ragam manfaat okra menunjukkan bahwa tanaman tersebut sangat prospektif untuk terus dikembangkan di Indonesia. Pengembangan okra dapat ditekankan pada produksi yang tinggi dan kualitas yang sesuai dengan tuntutan pasar. Kulaitas yang dimaksud seperti ukuran, warna, bentuk, kandungan gizi dan kandungan bioaktif yang tekandung didalamnya.

  1. 0 Komentar
  2. 3 Dibagikan
Referensi

Manik AES, MElati M, Kurniawati A, Faridah DN. 2019. Hasil dan Kualitas Okra (Abelmoschus esculentus L. Moench.) Merah dan Okra Hijau dengan Jenia Puuk yang Berbeda. J Agrin Indonesia 47 (1): 68-75.

 

Indarini N, Potoboda T. 5 Manfaat Sehat Okra: Manage Diabetes hingga Turunkan Kolesterol. 4 Februari 2019. Link: https://kumparan.com/kumparanfood/5-manfaat-sehat-okra-manage-diabetes-hingga-turunkan-kolesterol-1549275550975224281

0 Komentar