Bahan Makanan

Mengenal Cascara, Minuman Olahan dari Kulit Ceri Kopi

Cascara memiliki rasanya yang berbeda dari minuman kopi dan memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari biji kopi.

  1. 0 Komentar
  2. 12 Dibagikan
null

Manfaat kopi sudah di kenal sejak lama di Indonesia dari mulai anak – anak, remaja dan dewasa tentunya sudah kenal dengan kopi namun sayangnya masih sedikit orang yang mengetahui tentang cascara yang sebenarnya memiliki manfaat yang tak kalah dengan kopi bahkan memiliki rasa dan aroma yang sama uniknya dengan kopi. Lalu apa itu cascara dan sebenarnya apa manfaat dari cascara ini ?

Sejarah Cascara

Nama Cascara berasal dari El Salvador, bermula dari seorang penanam kopi yang menemukan minuman dari ceri kopi. Lalu minuman itu dinamakan "cascara", dalam bahasa Spanyol artinya “kulit”.

Di beberapa negara cascara sudah lama dikenal, menyadi minuman yang banyak dikonsumsi layaknya teh, dan lainnya. Di Bolivia, minuman ini dikenal oleh kahalayak luas, dan menjadi minuman rutin. Di Yaman, cascara dikenal dengan nama Qishr, yaitu minuman kuno yang terbuat dari air dan kulit kering atau ceri kopi. Dan, di Ethiopia cascara dikenal sebagai Hashara.

Di beberapa negara pembuatan minuman cascara dapat dengan menambahkan rempah-rempah untuk menambah rasa dan membuat lebih harum.

Apakah Cascara Termasuk Teh atau Kopi?

Cascara memiliki rasanya yang berbeda dari minuman kopi dan memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari biji kopi. Cascara diambil dari kulit ceri kopi yang dikeringkan dengan dijemur atau di oven pada suhu tertentu dan tidak di-roasting seperti kopi sehingga cascara tidak memiliki rasa pahit ala kopi.

Cascara memiliki rasa dan aroma yang berubah-ubah, bergantung pada bagaimana kopi ceri diproses. Namun, dasar cascara dasar rasa adalah manis dan beraroma buah. Karena lebih mendekati dengan rasa teh, ada juga yang mengkategorikan cascara sebagai minuman teh. Tapi, pada kenyataannya, Cascara samase kali bukan teh.

Pengolahan Kulit Kopi Menjadi Cascara

Cascara bukan berasal dari pohon, atau daun teh. Selain itu, cascara juga memiliki bentuk yang berbeda dari teh. Bentuk Cascara lebih mirip buah cherry kering yang sedikit lebih besar. Cascara diperoleh dari biji kopi dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Ceri kopi melewati proses depulping, dimana ceri kopi dimasukkan kedalam mesin pulper untuk dipisahkan biji kopi dan kulitnya. Setelah itu kulitnya diambil dan dikeringkan, dijemur atau di-oven dalam suhu tertentu.
  2. Ceri kopi langsung ditumbuk dan kemudian kulit ceri kopi dipisahkan. Setelah dipisahkan, cerimkopi dikeringkan dibawah sinar matahari atau dioven dalam suhu tertentu.
  3. Ceri kopi langsung dikeringkan. Kemudian setelah ceri kopi kering, selanjutnya ditumbuk dan kemudian dipisakan antara biji kopi dan kulit ceri kopi.

Manfaat Kesehatan Dari Cascara

Cascara memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung di Cascara cocok untuk orang yang menderita sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tingkat antioksidan yang ditemukan di Cascara lebih besar dari teh hijau, Vitamin E dan C, serta blueberry dan stroberi. Cascara juga memiliki sifat anti-inflamas yang bermanfaat untuk mengobati osteoporosis. Mirip dengan efek mengonsumsi kopi, Cascara juga meningkatkan kesehatan hati dan memberikan energi instan.

 

  1. 0 Komentar
  2. 12 Dibagikan
Referensi

Emanauli, Rudi Prihantoro STUDY TEA PRODUCTION FROM LIBERICA GREEN COFFEE SKININ TUNGKAL, JAMBI AS A REFRESHING DRINK. Diakses 29 november 2019. (https://online-journal.unja.ac.id/ifstj/article/download/6401/4565/)

 

Evelyn Ochi Mengenal Cascara, Teh dari Coffee Cherry yang Rendah Kafein. Diakses 29 november 2019. (https://journal.sociolla.com/lifestyle/mengenal-cascara/)

 

Niki. what is cascara. Diakses 29 november 2019. (https://coffeecorner.com/blog/what-is-cascara/)

0 Komentar