Manajemen

Manajemen, Alternatif Efisiensi Biaya Pada Masa Pandemi Covid-19

Efisiensi berasal dari kata 'efisien' yang terdiri dari dua dimensi, waktu dan tenaga/sumber daya.

  1. 0 Komentar
  2. 21 Dibagikan
Ilustrasi

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Sagas PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), setelah sebelumnya minus 3,5 persen, pada kuartal tiga, pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan masih akan minus, dengan perkiraan -1 persen.

Pandemi Covid-19 telah menghempaskan perekonomian di banyak negara termasuk Indonesia. Formalnya, jika dalam dua periode berturut-turut pertumbuhan ekonomi minus, sudah dapat dikatakan krisis ekonomi. Walau masih ada letupan optimisme, faktanya suasana krisis pada kegiatan ekonomi di berbagai sektor lebih terasa. 

Efisiensi Dalam Manajemen

Saat ini, banyak usaha atau perusahaan sudah melakukan efisiensi, bahkan banyak juga yang sampai mengurangi jumlah tenaga kerja. Pengurangan jumlah tenaga kerja biasanya diambil sebagai alternatif terakhir, dari berbagai langkah atau tindakan efisiensi lainnya.

Efisiensi berasal dari kata 'efisien' yang terdiri dari dua dimensi, waktu dan tenaga/sumber daya. terkait dengan manajemen perusahaan, efisiensi merupakan upaya memanfaatkan waktu dan tenaga untuk se-ideal mungkin untuk menghasilkan nilai produksi tertentu. Tolak ukur efisiensi adalah biaya, atau nilai uang tertentu yang dikeluarkan sebagai biaya.

5 Alternatif Efisiensi Biaya

Ada berbagai strategi atau alternatif tindakan-tindakan usaha atau perusahaan dalam melakukan efisiensi biaya. Berikut ini sedikitnya 5 strategi untuk menghemat biaya yang bisa diterapkan untuk usaha atau perusahaan dimasa pandemi Covid-19 ini.

1. Beradaptasi dengan Tekhnologi Virtual 

Salah satu peranan tekhonologi dalam perusaan adalah ketika mengadakan rapat dan meeting dengan calon klien di luar kota atau luar negeri. Dua aktivitas perusahaan ini memerlukan banyak biaya yang cukup besar, khususnya biaya untuk perjalanan.

Peran tekhnologi virtual seperti aplikasi konfrensi merupakan solusi paling tepat untuk efisiensi biaya. Hanya cukup bermodal smartphone atau laptop tanpa mengurangi efektivitas meeting dan rapat dapat dilakukan dengan aplikasi virtual meeting. Biaya perjalanan yang besar untuk rapat bisa simpan untuk pos biaya lainnya.

2. Efisiensi Biaya Listrik

Biaya listrik akan membengkak setiap bulan bila perusahaan tidak ada tindakan untuk mengendalikan. Misalnya, ketika ada karyawan yang lalai untuk mematikan lampu, AC atau komputer yang tidak digunakan.

Solusinya harus ada aturan yang ketat dan tegas mengenai penggunaan listrik dalam perusahaan atau juga bisa dengan cara menerapkan teknologi smart electric yang bisa sensor gerak sehingga lampu atau penggunaan listrik lainnya yang tidak digunakan mati secara otomatis.

3. Efisiensi Keuangan Perusahaan dengan Penggunaan Paperless

Ada banyak dokumen yang biasaya harus dibuat dan dicetak oleh perusahaan. Penggunaan kertas dan biayanya tentu akan menguras keuangan perusahaan. Efisiensi biaya dalam perusahaan tentu harus segera diterapkan, misalnya dengan cara menerapkan sistem kerja paperless.

Dokumen digital bisa digunakan melalui sistem kerja baru ini. Selain lebih praktis dan aman,  perusahaan menjadi lebih untung dan sehat.

4. Menghemat Biaya Sewa Kantor

Salah satu beban berat biaya perusahaan adalah biaya sewa kantor. Biaya ini harus lebih dapat dihemat. Sebuah usaha atau perusahaan dapat memaksimalkan ruangan dengan menyewa ruang kantor untuk aktivitas bisnis seperlunya.

Agar tetap nyaman, ruangan yang sempit bisa dirancang menjadi ruangan kerja yang ringkas, bersih dan sehat. 

5. Perbaiki Manajemen Waktu

Manajemen waktu selalu diutamakan dalam melaksanakan setiap aktivitas yang menyangkut perusahaan. Jadi, jika menginginkan suatu kegiatan bisnis lebih efisien, dapat dengan memaksimalkan manajemen waktu.

Menunjau Fundamental Bisnis

Beberapa strategi efisiensi biaya dalam perusahaan ini dapat dicoba untuk diterapkan dengan mempertimbangkan kesesuaian situasi bisnis internal dan eksternal. Krisis kesehatan Covid-19 yang telah berubah menjadi krisis ekonomi saat ini, Bagi entitas bisnis, usaha atau perusahaan adalah waktu yang tepat untuk menunjau kembali aspek-aspek fundamental bisnisnya.

  1. 0 Komentar
  2. 21 Dibagikan
Referensi

0 Komentar