Kewirausahaan

Kewirausahaan Sosial, Perkembangan, Definisi dan Kesimpulan

“Sekecil” apapun dedikasi setiap manusia akan ditagih oleh kehidupan. Termasuk kehidupan sosial, dan alam yang menunggu inovasi yang ramah padanya.

  1. 0 Komentar
  2. 4 Dibagikan
null

Dipetik dari sebuah media, "Jadi tidak hanya mengejar keuntungan bisnis, tapi juga bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat," kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M Hanif Dhakiri, dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Agustus 2018.

Kewirausahaan Sosial

Kemarin, 8 September 2018, Bekraf juga menandatangani MoU kolaborasi mendukung wirausaha sosial kaum muda dengan UNDP. Sebelum pemerintah, korporasi besar lebih dulu mempelopori program pengembagan wirausaha sosial.

Kewirausahaan sosial menjadi salah satu program ekonomi global (Sustainable Development Goals, SDGs), dari UNDP (United Nation Development Program). Kewirausahaan sosial muncul atas latar belakang pengentasan kemiskinan, mempersempit jurang ketimpangan ekonomi, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, untuk menuju dunia yang lebih baik.

Definisi Kewirausahaan Sosial

Sebagai sebuah ide, kewirausahaan sosial berasal dari definisi wirausaha sebagai kegiatan ekonomi, yang berlandaskan pada falsafah dasar manusia sebagai mahluk ekonomi. Ide ini sudah diungkapkan jauh sebelum adanya definisi kewirausahaan sosial.

Jean-Baptiste Say (1767–1832), ekonom asal Prancis, salah satu yang mendefisisikan kegiatan wirausaha sebagai sebuah implementasi kegiatan ekonomi dari ide wirausaha yang berdampak sosial. Dalam evolusinya, ide atau gagasan kewirausahaan sosial lebih didorong oleh pencarian pengembangan implementasi program CSR (corporate social responsibility) yang efektif.

definisi kewirausahaan sosial dan wirausaha sosial
Conceptualizing Social Entrepreneurship

Secara teori definisi kewirausahaan sosial masih menjadi perdebatan. Pendefinisian kewirausahaan sosial terbelah menjadi dua kelompok, 1) definisi kewirausahaan sosial secara luas, 2) definisi kewirausahaan secara spesifik. Definisi kewirausahaan sosial sebagai implementasi wirausaha yang mempunyai dampak sosial, apapun bentuk organisasinya dalam praktik lebih diterima di kalangan luas.

Aspek-aspek kewirausahaan sosial meliputi, social entrepreneur, sebagai pelaku wirausaha sosial, social enterprise, sebgai bentuk organisasi/kelembagaan usaha sosial, dan social innovation sebagai inovasi yang berdampak sosial.

Disimpulkan Sendiri

Jadi apa itu wirausaha sosial? Karena masih menjadi perdebatan, kerancuan dan masih dikembangkan baiknya masing-masing menyimpulkan sendiri untuk memberi arti wirausaha sosial baik secara praktik maupun secara teori.

Yang pasti, manusia tidak bias lepas dari dedikasi. “Sekecil” apapun, dedikasi setiap manusia akan ditagih oleh kehidupan. Termasuk kehidupan sosial, dan alam yang menunggu inovasi yang ramah padanya, yang juga sebagai individu, manusia tidak lepas dari ego keindividuan. 

img feature: GenAgraris.ID
  1. 0 Komentar
  2. 4 Dibagikan
Referensi
Michael O’Neill. The Origins of Social Entrepreneurship
Conceptualizing Social Entrepreneurship
Origin & Growth of Social Entrepreneurship and Its Significance in North East India
Daryl Poon. The Emergence and Development of Social Entrepreneurship
Social Entrepreneurship. Wikipedia

0 Komentar