Tradisi

Kelebihan Menggunakan Daun Sebagai Pembungkus Makanan

Daun pisang, kelobot jagung, daun kelapa/enau, daun jati dapat memperpanjang usia dan melindungi makanan secara mekanis dari kontaminasi zat kimia dan biologi.

  1. 0 Komentar
null

Nusantara mengenal banyak makanan tradisional yang dibungkus dengan daun. Konon, daun untuk pembungkus makanan memberikan aroma khas yang mempengaruhi rasa, dan membuatnya menjadi lebih sedap.

Daun Sebagai Pembungkus Makanan

Tidak salah memang. Tapi lebih dari itu, pembungkus daun untuk makanan ternyata memiliki keuntungan dan manfaat yang tidak didapat dari pembungkus makanan lain sepeti plastik atau bahan sintetis lainnya.

Nenek moyang kita tidak salah ketika memutuskan untuk memanfaatkan dedaunan ini sebagai pembungkus makanan. Itu karena bukan belum ada kemajuan teknologi produksi yang menghasilkan plastik. Daun pisang, kelobot jagung, daun kelapa/enau, daun jati, dan dedaunan lainnya yang biasa digunakan menjadi pembungkus makanan itu ternyata dapat memperpanjang usia penyimpanan dan melindungi makanan secara mekanis dari kontaminasi kimia dan biologi.

Kelebihan Membungkus Makanan dengan Daun

Berikut adalah alasan mengapa daun mempunyai nilai lebih sebagai pembungkus makanan ketimbang kertas, plastik atau styrofoam, yaitu :

1. Sehat tanpa bahan kimia sintetis

Dalam suhu tinggi, bahan plastik, PVC atau styrofoam akan berbahaya bagi tubuh. Zat-zat racun yang terkandung di dalamnya dapat melepaskan berbagai bahan kimiawi sehingga makanan yang dibungkus dapat terkontaminasi.

Tidak dengan daun. Lapisan daun yang cenderung lebih tebal dan berserat alami mampu menahan makanan dari panas dan menjaga suhu dari udara luar sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat basi. Alih-alih mengeluarkan zat racun berbahaya, dedaunan ini justru mengeluarkan aroma khas yang menambah cita rasa makanan yang dibungkusnya.

2. Menambah kelezatan makanan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bungkus daun akan menyeluarkan aroma khas yang akan menambah kelezatan makanan. Ketika suhu tinggi menyentuh lapisan daun, maka “lilin” atau lapisan pelindung daun akan meleleh, yang selanjutnya menebarkan aroma khas harum dan sebagian terserap kedalam makanan.

Inilah yang kemudian menjadikan makanan yang dibungkus dengan daun terasa lebih enak dan lezat.

3. Ramah lingkungan

Daun merupakan sesuatu yang telah tersedia langsung dari alam, bahan yang tentunya jauh lebih ramah lingkungan ketimbang kertas apalagi plastik dan styrofoam.

Daun sangat mudah terurai hanya dalam hitungan hari ataupun minggu. Bahkan, setelah terurai, daun dapat beralih fungsi menjadi pupuk alami bagi kesuburan tanah.

  1. 0 Komentar
Referensi

Rini, Yulian Fakhrurrozi, Dian Akbaririni. Pemanfaatan Daun Sebagai Pembungkus Makanan Tradidional Oleh Masyarakat Bangka. Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, Universitas Bangka Belitung

http://ensiklo.com/2015/09/19/inilah-beberapa-keuntungan-makanan-dengan-bungkus-daun-pisang/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/membungkus-makanan-panas-dengan-plastik/

https://www.dailymail.co.id/manfaat-membungkus-makanan-dengan-daun-jati/

0 Komentar