Manajemen

Ide Produk yang Potensial dari Kacamata Pasar

Konsep dasar produk, meliputi solusi, keunikan dan diferensiasi juga harus mengacu pada pasar.

  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
null

Ide dasar sebuah produk adalah solusi. Berangkat dari masalah atau problem yang berusaha dipecahkan, terbentuklah solusi, untuk mengatasi masalah tersebut, dimana pada awalnya masih berupa ide, atau konsep dari produk.

Ide Dasar dan Azas Kebermanfaatan

Posisi keunikan produk pada ide pengembangan produk ada pada solusi tersebut, yaitu berupa manfaat yang dihadirkannya. Sedangkan, diferensiasi produk pada sebuah pengembangan produk merupakan ide pengembangan fitur produk.

Pasar sebagai Acuan 

Tujuan pengembangan produk adalah bisnis, yaitu diterima pasar, dapat dijual, menghasilkan pendapatan dan laba atas produksi dan penjualan produk. Sehingga, konsep dasar pengembangan produk, meliputi solusi, keunikan dan diferensiasi juga harus mengacu pada pasar.

Ini yang dalam praktiknya, setiap pengembangan produk pasti diawali oleh riset pasar, sebagai dasar pengembangan ide atau konsep dasar. Namun, tidak semua perusahaan mampu dan memiliki waktu untuk melakukan riset pasar, yang detail dan mendalam.

Framework Pasar pada Ide Produk

Walau tidak melakukan riset pasar, minimal pengembangan produk mengacu pada framework pasar. Dengan itu setidaknya, cara berfikir customer centric sudah terwakili. Berdasaran framework pasar, ide produk dapat dikatakan potensial jika:

1. Market Targeting dan Market Segement

Ide produk mempunyai target pasar nyata pada segmentasi yang jelas.  Target pasar dijabarkan secara jelas, terperinci dan teruji secara nyata. Sehingga ide solusi dan ide pengembangan fitur belandaskan pada kebutuhan dan keinginan konsumen yang sesuai dengan kondisi atau keadaan konsumen sesuai yang ditargetkan.

2. Customer Acquisition

Ide produk yang potensial juga sudah memikirkan cara menggaet pasar nantinya. Riilnya, disamping teknik, juga menyangkut perihtungan biaya mengakuisisi per 1 pelanggan yang harus dihitung. Ini nantinya untuk diperbandingkan dengan market size. Ide produk dengan market size kecil dan biaya untuk mengakuisisi pelanggan besar tentunya itu tidak potensial.

3. Market Size

Ide produk ditujukan untuk dan mempunyai pasar yang besar. Ini kaitannya dengan investasi dan sustainabilitas. Ide produk dengan pasar yang besar akan mempunyai kemungkinan RoI bagus dan lifetime value produk panjang.  

4. Market Share

Berapa target kue pasar? Pada ide produk yang potensial, sebelumnya juga harus sudah tergambar. Tidak perlu berlebih dan juga tidak dikurang-kurangkan, ukuran potensial tidaknya pasar yang dapat diambil pada ide produk adalah rasionalitas.

5. Entry to Market

Ide produk untuk pasar yang mudah dimasuki merupakan salah satu tolak ukur ide produk itu potensial. Entry to market terkait dengan regulasi, standar industri, channel dan lainnya.

Foto feature: genagraris.id
  1. 0 Komentar
  2. 1 Dibagikan
Referensi

0 Komentar