Agribisnis

Faktor Kunci Usaha Madu Klanceng yang Mengandung Manfaat Kesehatan

Kaya manfaat kesehatan dan diburu pasar, usaha madu klaceng secara ekonomi menjanjikan.

  1. 0 Komentar
  2. 8 Dibagikan
Ilustrasi

Madu Klanceng menjadi primadona baru didunia usaha madu lebah. Salah satu produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) ini mulai banyak diburu oleh masyarakat di pasaran.

Madu Lebah Klaceng

Madu Klanceng memiliki warna, aroma dan rasa madu yang berbeda setiap sarangnya. Hal ini terjadi karena lebah mengumpulkan nektar (yang akan diubah menjadi madu) dari berbagai macam bunga (multiflora).

Madu Klanceng sendiri adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah madu jenis Trigona (Tetragonula). Secara umum, madu ada yang dihasilkan oleh lebah madu yang bersengat (seperti Apis cerana dan Apis mellifera) dan oleh lebah madu yang tidak bersengat (seperti Trigona atau Tetragonula).

Dengan ciri khas lebah yang tidak mempunyai sengat membuat lebah ini tidak agresif. Peternak lebah madu mulai banyak berternak lebah jenis ini karena mudah dalam pemeliharaannya. Meskipun mudah pemeliharaannya, dibanding dengan hasil jenis lebah lainnya jumlah produksi madu asli lebah klanceng ini masih tergolong sedikit.

Produksi Madu Klaceng

Produksi madu yang terbatas membuat Madu Klanceng asli sangat mahal di pasaran jika dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Jumlah produksi yang sangat sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Rata-rata lebah madu Klanceng menghasilkan 1-2 kg per koloni per tahun. Sedangkan rata-rata madu yang dihasilkan lebah bersengat sekitar 10 kg madu per koloni per tahunnya.

Hal lain yang membuat harga madu Klanceng menjadi mahal di pasaran yaitu kualitas madunya. Madu Kalnceng memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang lebih tinggi dibanding jenis madu lainnya. Madu Klanceng disebut tersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein, dan asam amino.

Karena itu, madu Klanceng diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes antikanker, dapat meningkatkan kinerja otak, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, dan diyakini juga dapat membut awet muda. Hal-hal tersebut inilah yang membut madu Klanceng memiliki potensi pasar yang besar.

Faktor Kunci Keberhasilan Usaha Madu Klaceng 

Dengan potensi pasar yang masuh terbuka, usaha budidaya lebah madu Klanceng secara ekonomi menjanjikan. Ada beberapa faktor dasar yang diperlukan dalam pengembangan budidaya lebah madu Klanceng ini, diantaranya seperti:

  • bibit lebah madu Klanceng yang unggul,
  • pelatihan budidaya,
  • ada organisasi kelompok peternak madu Klanceng, dan
  • peralatan untuk memeras ataupun mengolah madunya serta pemasaran yang baik.

Setelah itu, hal yang penting lainnya adalah keberhasilan pemasaran madu Klanceng. Beberapa kiat pemasarain madu klaceng, diantaranya:

1. Bahan Baku Madu Asli dan Alami

Jika lebah madu Klanceng ini dipelihara sendiri, tentunya keaslian madu yang dijual terjamin. Lain halnya jika sebagai penjual madu, maka sebelum menjual produk madu Klanceng, pastikan secara langsung dengamendatangi lokasi peternakan lebah madu Klanceng atau melihat proses produksi madu Klanceng tersebut.

2. Menajaga Reputasi

Reputasi yang baik adalah bintang lima. Pasar tidak akan mempertanyakan lagi kualitas suatu produk atau layanan jika sebuah usaha atau penjual sudah terkenal dengan reputasi yang baik. Membangun reputasi dapat dimulai dengan, bersikap jujur dalam berbisnis, respon cepat terhadap pembeli, memproses kiriman madu dengan baik, dan produk madu terdaftar POM atau Dinas Kesehatan setempat.

3. Merek & Kemasan

Merek dan kemasan menjadi penting ditengah berbagai produk serupa. Karena, pertama kali yang dilihat adalah kemasan, dan nantinya setelah membeli yang diingat adalah merek. Untuk membuat kemasan dan membangun merek, sudah pasti akan menambah biaya. Tapi itu tidak sia-sia karena, kemasan adalah sarana pengenalan keunggulan dan keunikan poduk, dan membangun merek adalah investasi jangka panjang.

4. Harga

Penentuan harga yang tepat yang sesuai dengan target konsumen akan meningkatkan pendapatan. Dari sisi penjualan akan meningkat, dari sisi margin tidak terlalu kecil. Penentuan harga adalah strategi harga yang sangat menentukan langkah dan perkembangan usaha baik kini maupun kedepan. 

5. Penjualan dan Marketing online

Dijaman serba digital ini dan tentunya saat pandemi Covid-19 ini, bisnis madu harus bisa beradaptasi. Dalam hal ini, pentingnya website yang berfungsi sebagai toko online yang juga berisi tentang artikel-artikel yang topiknya berhubungan langsung dengan produk madu yang dipasarkan. Selain itu, bisa juga melakukan penjualan dan pemasaran melalui sosial media, serta memanfaatkan marketplace online untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Catatan Penting Usaha Madu Klaceng

Membangun memang tidak mudah. Yang menjadi catatan penting adas usaha madu klaceng, bahwa produknya mempunyai nilai kesehatan. Produk dengan karakter itu tidak lekang dan selalu ada pasarnya. Atas kelebihan itu, keberhasilan usaha madu klacing selanjutnya ditentukan keberhasilan dan kegigihan dari pelaku usaha sendiri dalam lingkup ketidak tahuannya. 

  1. 0 Komentar
  2. 8 Dibagikan
Referensi

Erwin Setiawan, Sekilas Tentang Budidaya Madu Klanceng di Cabang Dinas Kehutana Wilayah I.

 

5 Cara Sukses Bisnis Jualan Madu. Link disini.

0 Komentar