Tradisi

Bosen Dirumah Aja, Segarkan Dengan 5 Tanaman Hias Sekaligus Obat Ini

Tanaman hias, tanaman obat, bugenvil, lavender, kastuba, bunga pukul delapan adalah tanaman hias sekaligus berkasiat sebagai obat.

  1. 0 Komentar
  2. 3 Dibagikan
Bugenvil atau kembang kertas di depan rumah.

Sudah mulai bosan dirumah aja? Banyak cara mensiasati agar tetap betah dirumah. Selain diisi dengan berbagai kegiatan yang produktif. Untuk menambah suasana ceria, hangat dan menyejukkan, dapat juga dengan menanam tanaman hias dirumah, ditaman, dipojokan dalam rumah, atau lainnya.

Selain sebagai memperindah estetika rumah, berbagai kegunaan tanaman hias lainnya salah satunya sekaligus berkhasiat sebagai obat. Banyak tanaman hias yang sekaligus berkhasiat sebagai obat, mulai dari bunga-bungaan, jenis tanaman rimpang, dan lainnya.

5 Tanaman Hias yang Dapat DImanfaatkan Untuk Pengobatan

Walau ciri khasnya beraroma menyengat, ada baiknya mulai sekarang sediakan space atau ruang untuk tanaman hias obat. Karena, selain menambah keindahan, juga mempunyai manfaat yang cukup vital, yaitu dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak tanaman hias yang mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, diantaranya 5 tanaman ini.

1. Bugenvil atau Bunga Kertas (Bougainvillea glabra)

Sifat kimiawi rasa pahit, kelat, dan hangat. Efek farmakologis diantaranya berkhasiat memperlancar sirkulasi peredaran darah. Bougainvillen mengandung betanidin, isobetanidin, beta-saphoroside, rhamnosysophoroside.

Bagian yang dipakai untuk bahan pengobatan adalah bunga dan batang yang dikeringkan. Pemanfaatan sebagai obat antara lain biang keringat, bisul, hepatitis, keputihan.

2. Lidah buaya (Aloe vera)

Aloe vera sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan yang mempunyai banyak khasiat untuk kosmetik maupun pengobatan. mengandung zat yang dapat dipakai untuk menyembuhkan berbagai permasalahan kesehatan di kulit.

Selain itu, kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi sehingga mempercepat pemulihan luka. Aloe vera bisa ditanam dalam pot atau dibudidayakan dalam kebun.

3. Kastuba (Euphorbia pulcherrima)

Tanaman Kastuba lebih dikenal dengan sebutan Poinsettia. Kastuba merupakan tanaman perdu tinggi yang dapat mencapai 3 meter dan membentuk tajuk berdiameter sekitar 2 meter. Daun pada pucuk tanamannya berwarna merah dan bunganya kecil. Perbanyakan dari tanaman kastuba ini menggunakan cara vegetatif melalui stek pucuk.

Daun Kastuba mengandung alkkaloida, germanikol, saponin, 121-a mirin, lemak, amylodextrin, yang dapat digunakan untuk memyembuhkan penyakit radang kulit, erysipelas, luka dan memar.

4. Bunga Pukul Delapan (Turnera ulmifolia)

Dinamakan Bunga Pukul Delapan karena bunganya mekar di pagi hari dimulai jam delapan, hingga pukul dua belas sehingga disebut Bunga Pukul Delapan. Dalam pengobatan, rebusan akar tumbuhan ini dapat digunakan untuk rematik sendi disertai bengkak, juga bengkak yang disebabkan memar.

Pada tanaman bunga pukul delapan, bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun dan akar. Pemanfaatan bunga tersebut sebagai tanaman obat biasanya dalam bentuk segar (belum diolah) dan bahan kering (simplisia).

5. Lavender (Lavandula angustifolia)

Bunga lavender dapat digunakan sebagai parfum dan minyak mandi. Aroma wanginya dapat digosokkan ke kulit sehingga dapat menghindarkan diri dari gigitan nyamuk. Bunga lavender kering dari jenis Lavandula angustifolia dapat dijadikan teh sebagai aromaterapi untuk relaksasi.

Selain itu minyak esensial dari ekstrak bunga lavender adalah sebagai aromaterapi yang memberi efek relaksasi, anti-neurodepresive & sedasi untuk orang yang mengalami insomnia serta memperbaiki mood seseorang, menurunkan tingkat kecemasan, meningkatkan tingkat kewaspadaan.

Senyawa polifenol yang terdapat dalam teh bunga lavender memiliki potensi sebagai antioksidan, menghambat aktivitas radikal bebas, anti-terbakar, antivirus, anti kanker, dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Bisa Dicoba Tanaman Obat Lainnya Difungsikan Sebagai Tanaman Hias

Ada banyak lagi tanaman hias yang sekalibus bermanfaat untuk pengobatan. Selain manfaatnya, penanaman tanaman hias obat pun cenderung mudah, tidak membutuhkan ruang luas, dan bisa ditanam di pot. Rempah dan emon-empon dapat juga difungsikan sebagai tanaman hias. Tentunya dengan penataan dan perawatan yang estetik.

  1. 0 Komentar
  2. 3 Dibagikan
Referensi

Ir. Titiek Widyastuti, M.S. 2017. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. Yogyakarta. CV Mine.

 

Biopharmaca Research Center. Institut Pertanian Bogor. Diakses, 5 April 2020. Link disini.

0 Komentar