"/> " />
Kepemimpinan

Belajar dari Steve Jobs, Pemimpin Memahami dan Mengerti Apa yang Dipimpinnnya

Orang baru mengenal jawaban atas pertanyaan Steve Jobs itu di kemudian hari. "Think Different" adalah jawabannya, kita tidak mengetahuinya, tetapi kita mengenalnya.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Membahas Stave Jobs selalu menarik. Lebih dari sekedar orang yang mempunyai talenta mumpuni di bidang teknologi, tetapi ia adalah seorang peminmpin dengan karakter yang sangat kuat, inspirasional dan 'disegani'. Pencapaiannya bukan hanya untuk Apple, tetapi industri teknologi secara keseluruhan. Itulah yang membuat Steve Jobs selalu dikenang.

Pertanyaan Steve Jobs Ketika Kembali Memimpin Apple 

Artikel "Steve Jobs Asked One Profound Question That Took Apple" yang ditulis oleh Carmine Gallo, di Forbes sangat menarik. Artikel tersebut menunjukan satu hal mendasar yang harus dimiliki dan harus diingat oleh seorang pemimpin. Artikel tersebut menggarisbawahi satu kata dari Steve Jobs di video yang bertajuk "Steve Jobs, Dibalik Think Different Apple".

Ketika Steve Jobs kembali ke Apple (1997), pada saat Apple disisi jurang kebangkrutan, pada sebuah rapat kecil, ia melontarkan satu pertanyaan, "Who is Apple and where do we fit in this world?”. Apa jawaban pertanyaan pada saat itu tidak diketahui. Tetapi setelahnya ia melakukan restrukturisasi revolusioner, mengeliminas 70% lini produk dan fokus pada 30% permata (produk yang potensial).

Bersama Steve Wozniak, Steve Jobs mendirikan Apple pada tahun 1976, ia kemudian dicepat pada tahun 1985, dan kembali lagi ke Apple pada tahun 1997. Kembalinya Steve Jobs dengan pertanyaannya tersebut menunjukan bahwa ia yang paling mengerti tetang Apple.

Pemimpin Menjawab Dengan Capaiannya

Petikkan pembelajaran pada kasus tersebut adalah hal mendasar seorang pemimpin atau pendiri perusahaan. Seorang pemimpin harus memahami betul bahwa dirinya adalah pemimpin, dan harus mengerti betul apa yang dipimpin. Seorang memimpin harus mampu mendefinisikan tiga pertanyaan "Apa?, Siapa?, dan Dimana?.

Misal, Kita ini perusahaan apa?, kita ini siapa? dan dimana posisi kita?. Jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan nilai dasar (core value) perusahaan. Dikemudian hari, jawaban atas pertanyaan "apa?, siapa? dan dimana?" akan menentukan arah dan perkembangan perusahaan, tercermin pada karakteristik produk dan layanan perusahaan.

Orang baru mengetahui jawaban atas pertanyaan Steve Jobs itu di kemudian hari. "Think Different" adalah jawabannya. Saat itu mungkin orang tidak mengetahuinya, tapi sekarang setiap orang mengenalnya.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi

0 Komentar