Manajemen

7 Tahap Pengambilan Keputusan Dalam Pemecahan Masalah

Dalam pengambilan keputusan secara tidak disadari biasanya mewati tujuh tahapan, yang merupakan tahapan pengambilan keputusan.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan

Sebagai Bagian dari Pemecahan Masalah

Pengambilan keputusan merupaka bagian dari proses pemecahan masalah. Dalam proses pemecahan masalah, pengambilan keputusan termasuk salah satu tahap yang dapat dikatakan mile stone atau titik yang krusial yang harus dilalui.

Pengambian keputusan dilakukan melalui proses analisis, pemetaan dan simulasi dengan memperhitungkan berbagai alternatif kemungkinan, sebelum ditentukan satu kemungkinan yang paling efektif dan efisien serta realistits untuk dilaksanakan.

Dalam menganalisis, memetakan dan mensimulasikan berbagai kemungkinan solusi atas setiap masalah, salah satu metode yang dapat digunakan oleh pemimpin/eksekutif atau manajer perusahaan atau pelaku usaha diantaranya dapat dengan menggunakan pendekatan bertahap.

Pendekatan Bertahap

Pendepakan bertahap sebagai metode pengambilan keputusan merupakan cara-cara yang struktural, yang dapat digunakan oleh pengambil keputusan, manajer/eksekutif atau pelaku usaha.

Pendekatan bertahap sebagai metode pengambilan keputusan diambil dari kebiasaan yang efetif para pengambil keputusan yang tidak disadarinya, yang terdiri dari tujuh tahapan. Berikut adalah tujuh langkah dalam proses pengambilan keputusan

  1. Mengidentifikasi keputusan. Langkah pertama dalam membuat keputusan yang tepat adalah mengenali permasalahan serta memutuskan untuk mengatasi hal itu, dan juga menentukan alasan tentang mengapa keputusan ini akan membuat perubahan bagi konsumen atau karyawan.
  2. Mengumpulkan informasi. Selanjutnya, saatnya untuk mengumpulkan informasi sehingga dapat membuat keputusan berdasarkan data dan fakta. Tahap ini membutuhkan penilaian untuk memnentukan informasi apa yang relevan dengan keputusan yang ada dan bagaimana cara mendapatkannya. Supaya efektif, sebelumnya definisikan apa yang perlu diketahui yag berpengaruh dengan keputusan, dan tentukan siapa saja yang perlu dilibatkan.
  3. Mengidentifikasi alternatif. Dengan memahami permasalahan, mengidentifikasi kemungkinan dan mensimuulasikannya akan lahir opsi-opsi keputusan. Opsi tersebut yang diperyimbangkan utuk diambil salah satunya sebagai keputusan.
  4. Menimbang bukti. Menurut pakar manajemen Phil Higson dan Anthony Sturgess, dalam langkah ini diperlukan "mengevaluasi kelayakan, penerimaan dan keinginan" untuk mengetahui alternatif manakah yang terbaik. Pengambil keputusan baik itu manajer/eksekutif atau pelaku usaha harus mampu mempertimbangkan pro dan kontra kemudian memilih opsi yang memiliki peluang keberhasilan tertinggi. Mencari opini kedua yang dipercaya mampu memberikan perspektif baru terhadap permasalahan juga mungkin akan sangat membantu.
  5. Memilih diantara alternatif pilihan. Ketika tiba waktunya untuk membuat suatu keputusan, pastikan bahwa adanya resiko yang menempel pada keputusan yang dipilih. Atau, alternatif lainya, dengan memilih kombinasi dari beberapa alternatif setelah sepenuhnya memahami informasi serta potensi resikonya.
  6. Bertindak. Selanjutnya, setelah keputusan diambil harus segera dibuat rencana implementasi. Hal ini melibatkan kegiatan mengidentifikasi sumberdaya yang diperlukan serta mendapatkan dukungan dari karyawan dan para pemangku kepentingan. Mengumpulkan orang lain yang setuju dengan keputusan yang diambil adalah komponen kunci untuk melaksanakan rencana kita secara efektif. 
  7. Meninjau kembali. Langkah penting namun paling sering diabaikan dalam proses pengambilan keputusan adalah mengevaluasi keputusan . Apabila keputusan yang diambil tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan,segeralah tinjau kembali dan telusuri secara runtut apa yang menyimpang atau tidak sesuai.

Mahluk Keputusan

Sebenarnya, keputusan bukanlah hal yang istimewa yang dimiliki oleh pelaku uaha, eksekutif atau manajer saja. Tugas manusia dalam hidup ya, salah satunya mengambil keputusan. Pada manusia pengambilan keputusan merupakan hal yang alamiah.

Setipa hari manusia harus mengambil keputusan, pergi ke temat kerja merupakan keputusan, bertemu seseorang merupakan keputusan, dan berhenti diperjalanan untuk singgah sejenak juga merupakan keputusan. Pendewasaan atau pematangan manusia adalah pada keputusan disetiap pengalaman permasalahan yang dilaluinya. 

Sumber/Freferensi :
Trisia Hussung. 2017. 7 Steps of The Decission Making Process  
imge feature: genagraris.id
  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi

0 Komentar