Agribisnis

6 Peluang Usaha Pertanian yang Potensial Ditengah Pandemi Covid-19

Budidaya tanaman rempah, usaha tanaman hias, produksi pupuk, menjual bibit dan lainnya merupakan usaha pertanian yang potensial dikembangkan ditengah pandemi Covid-19.

  1. 0 Komentar
  2. 4 Dibagikan

Pelajaran yang didapat dari outbreak-nya Covid-19 ini memberikan banyak cara untuk tetap produktif ditengah-tengah pandemi. 

Usaha Pertanian 

Salah satu usaha yang potensial ditengah pandemi ini yaitu usaha pertanian. Banyak peluang usaha pertanian yang hanya membutuhkan modal kecil tapi menjanjikan keuntungan besar. Apalagi, usaha ini bisa bisa dikerjakan dari rumah saja sehingga dapat menjadi tambahan penghasilan.

Usaha pertanian sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Tidak hanya sebagai pengalihan ketika usaha lainnya sedang lesu, menjadi pendapatan sampingan, mengisi waktu luang saat pandemi, usaha pertanian potensial dikembangkan sebagai usaha yang berkelanjutan.

Jenis-jenis Usaha Pertanian yang Potensial Dikembangkan Ditengah Pandemi Covid-19 

Ada banyak ide peluang usaha pertanina yang layak dikembangkan dan dicoba. Jenis - jenis usaha pertanian yang potensial untuk dikembangkan di tengah pandemi Covid-19 diantaranya, yaitu:

1. Menjual Bibit Tanaman

Menjual Bibit Tanaman, salah satu peluang usaha pertanian yang paling menarik khususnya selama himbauan #dirumahaja ditetapkan pemerintah. Karena dengan membeli bibit tanaman dan menanamnya akan membuat kegiatan #dirumahaja lebih bervariasi.

Sebagian besar jenis bibit tanaman yang paling dicari dan gampang untuk ditanam dipekarangan rumah: rempah-rempahan sepeti jahe, cabao-cabaian, sayur-rayuran seperti pakchoy, dan lain-lain.

2. Produksi Pupuk

Jika berminat memulai usaha ini, dapat memulainya dengan membuat formulasi berupa kompos yang ditambahkan dengan kotoran kambing, abu sekam, daun bambu, dan jamur hayati. Manfaat daun bambu adalah untuk asupan akar bagi tanaman.

3. Menjual Komoditas Pangan Organik

Umumnya komoditas angan seperti sayuran terimbas dampak Covid-19, permintaan menjadi menurun, bahkan di Malang, petani membagikan hasil panen sayurannya kepada masyarakat, karena saking tidak adanya permintaan.

Komoditas pangan organik merupakan produk yang bersifat fancy. Karena itu, walau pasarnya nice, segmen organik tetap potensial ditengah pandemi Covid-19. Komoditas pangan organik yang popular diantaranya sawi hijau, cabai, pakchoy, tomat, kangkung, bayam, terong, kacang-kacangan, dan sebagainya.

4. Menjual Alat Pertanian

Penjual alat pertanian, untuk menunjang bercocok tanam, tenetunya alat-alat pertanian akan banyak dicari juga bagi masyarakat. Contohnya, sekop tangan, polybag, pot-pot tanaman berbagai ukuran, dan lain sebagainya.

5. Usaha Tanaman Hias

Ditengah berbagai kecemasan dan kebingungan keberadaan tanaman hias dirumah menjadi salah satu yang dapat menenagkan dan mengurai stress. Berdasarkan riset, terbukti dengan menanam dan merawat tanaman hias dapat meringankan tingkat stress.

Karena itu, usaha tanaman hias menjadi suatu peluang yang menguntungkan ditengah pandemic Covid-19 ini. Kegiatan #dirumahaja menjadi lebih berwarna ketika tanaman hias yang dirawat dengan baik tumbuh subur bahkan mungkin bisa menjadi peluang untuk dijual kembali.

6. Budidaya Tanaman Rempah

Komoditas rempah menjadi komoditas pertanian yang paling banyak dicari saat pandemi covid-19. Saat pandemi ini, harga jahe merah pernah mencapai level 100 ribu per Kg. Karena itu, budidaya tanaman rempah seperti jahe, temulawak, kunyit, laos, dan rempah-rempah lainnya, menjadi salah satu yang potensial dikembangkan saat pandemi Covid-19 ini.

Selama vaksin atau obat Covid-19 belum ditemukan, komoditas rempah tetap akan dicari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, komoditas rempah potensial untuk menjadi obatnya.

Usaha Pertanian Dikembangkan Dengan Sistem Daring

Salah satu yang potensial dari usaha-usaha pertanian itu adalah sudah tersedianya sistem daring, terutama untuk kemudahan distribusi dan akses pasar. Pelaku usaha dapat memanfaatkan marketplace atau pekerja sama dengan toko online.

Saat pandemic Covid-19 seperti ini, terlihat banyak kesusahan diberbagai sektor kehidupan. Akan tetapi bagi yang jeli, tidak akan menyerah pada keadaan. Usaha pertanian, salah satu usaha yang layak dikembangkan saat pandemi. 

  1. 0 Komentar
  2. 4 Dibagikan
Referensi

https://www.wartaekonomi.co.id/read282346/peluang-bisnis-pertanian-di-tengah-pandemi-covid-19/0

https://majoo.id/blog/detail/bibit-tanaman-peluang-bisnis-yang-tak-biasa-di-masa-pandemi

https://www.99.co/blog/indonesia/usaha-pertanian-rumahan/

https://genagraris.id/post/kebun-dan-pekarangan-rumah-sebagai-sumber-tanaman-obat

https://genagraris.id/post/10-tanaman-hias-penyegar-udara-dan-suasana-hati

http://agroindonesia.co.id/2020/04/sektor-pertanian-tetap-hadir-di-tengah-pandemi-covid-19/

0 Komentar