Bahan Makanan

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dari Berbagai Penelitian

Minuman kopi merupakan yang ke-2 terbesar dikonsumsi oleh penduduk dunia. Berbagai penelitian menunjukan manfaat minum kopi diantaranya, mencegah diabetes, menurunkan risiko kanker hati, dan lainnya.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Kopi merupakan minuman yang sangat popular sejak ber abad–abad yang lalu. Sejarah mencatat bahwa penemu kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Liopia di Benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.

Kopi Indonesia

Kopi terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Sebagai salah satu negara penghasil kopi, Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400.000 ton kopi pertahunnya.

Untuk kopi, Indonesia terkenal dengan berbagai ragam cita rasa kopi dari berbagai daerah. Kopi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Negara-negara penikmat kopi Indonesia dengan volume ekspor besar diantaranya, Amerika Serikat, Korea, dan Eropa.

5 Manfaat Kopi

Berbagai peneliti menunjukan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes dan berbagainya. Lalu apa itu kopi dan apa saja manfaat dari kopi?

Kopi adalah salah satu minuman yang diproduksi dan dikonsumsi terbesar kedua di dunia. Kopi memiliki citarasa yang khas dibandingkan dengan minuman lainnya. Kopi memiliki banyak kandungan kimia, salah satu kandungan kimia tersebut adalah asam klorogenat. Asam klorogenat memiliki banyak manfaat untuk menghasilkan efek farmakologi yang berkhasiat (1). 

Minuman kopi dibuat dari seduhan biji buah tanaman kopi yang sudah dibuat menjadi bubuk kopi. Kopi bubuk adalah biji kopi yang telah disangrai digiling atau ditumbuk sehingga mempunyai bentuk halus. Adapun manfaat meminum kopi, diantaranya (2):

1. Mencegah diabetes tipe 2

Khasiat kopi ini, salah satunya ditemukan oleh para peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA). Para peneliti menemukan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kadar plasma dari protein sex hormone-binding globulin (SHBG). Professor Simin Liu, merupakan salah satu peneliti pada studi tersebut, mengatakan bahwa “hubungan terbalik” antara konsumsi kopi dan resiko diabetes tipe 2. 

Setudi lain, dari Harvard School Of Public Health (HSPH). Asupan kopi dengan lebih dari satu gelas sehari (rata-rata meningkat 1,69 cangkir per hari) selama periode 4 tahun memiliki 11% lebih rendah terkena resiko diabetes tipe 2.

2. Mencegah dari penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit pikun yang cukup berat yang bisa dialami oleh lansia. Hasil studi para peneliti di Amerika Serikat menunjukan asupan kopi dan kafein yang lebih tinggi mempunyai hubungan dengan kejadian penyakit parkinson yang lebih rendah.

3. Menurunkan risiko kanker hati

Minum kopi juga bisa menurunkan risiko kanker hati. Penelitian dari Italia menemukan bahwa konsumsi kopi menurunkan kanker hati 40%. Selain itu, beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa minum 3 cangkir kopi sehari, juga menurunkan risiko lebih dari 50%.

4. Mencegah gagal jantung

Para peneliti di Beth Israel Beaconess Medical Center (BIDMC) dan Harvard School of Public Health, menyimpulkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang melindungi sorang dari gagal jantung. Orang yang minum 4 cangkir empat cangkir setiap hari memiliki risiko 11% lebih rendah dari kejadian jantung. Tapi manfaat kopi dari penelitian itu ditekankan pada jumlah kopi yang diminum (cangkir).

5. Mengurangi risiko stroke

Walau pengaruh minum kopi terhadap stroke masih kontroversial, kafein disebut dapat meningkatkan tekanan darah sebagai salah satu faktor risiko stroke. Tapi, penelitian dari Korea menunjukan sebaliknya, dimana minim kopi justru mengurangi stroke.

Penelitian dari Universitas Harvard juga menunjukan hal yang sama. Konsumsi kopi 3-4 cangkir sehari ada hubungannya dengan penurunan risiko stroke. Tapi, pada mereka yang jarang minum kopi, kejadian stroke justru mungkin terjadi setelah mereka minum kopi.

Kopi, Walau Bermanfaat Tapi Jangan Berlebihan

Begitu banyak manfaat minum kopi bagi kesehatan kita namun ingat nikmatilah kopi dalam porsi sedang dan tidak berlebihan karena apabila berlebihan mungkin bukan memberikan manfaat namun akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita dan dianjurkan kopi yang diminum adalah kopi tanpa gula.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi

Prof, Dr. Zullies Ikawati, Apt.manfaat di balik secangkir kopi. Diakses pada 6 november 2019. (http://farmasi.ugm.ac.id)

 

Naeli Farhaty, Muchtari TINJAUAN KIMIA DAN ASPEK FARMAKOLOGI SENYAWA ASAM KLOROGENAT PADA BIJI KOPI : REVIEW.  Diakses pada 6 november 2019. (http://jurnal.unpad.ac.id)

 

0 Komentar