Agro Ekonomi

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Komoditas Pertanian dari Sisi Penawaran

Selain faktor dari sisi penawaran, kenaikan atau penurunan harga juga disebabkan oleh faktor, tata niaga, transportasi, dan perubahan teknologi hilir.

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Harga komoditas pertanian, terutama bahan pangan sering menjadi sorotan. Tentunya karena menyangkut hajat hidup (perut) orang banyak. Jika harga turun masyarakat petani mejerit, jika harga naik masyarakat non petani teriak.

Masalah Harga Komoditas Pertanian

Karena dampak kenaikan harga komoditas pangan dianggap lebih berbahanya, sering kali dilakukan operasi pasar untuk menurunkan harga, baik yang didapat dari impor maupun dipenuhi dari stok dalam negeri.

Khusus untuk komoditas beras, ini sudah menjadi persoalan biasa, menjadi sentimen isu yang malah melebar dan menjauh dari penyelesaian masalah. Contoh terbaru soal perdebatan impor jagung. Hampir sama dengan beras, pemenuhan kebutuhan jagung untuk industri pakanp ternak melalui impor sempat menjadi polemik.

Ciri Harga Komoditas Pertanian

Harga komoditas pertanian mempunyai ciri tingkat fluktuasi yang tinggi. Kadang harga naik signifikan dalam waktu yang pendek, sebaliknya jika turun juga signifikan yang bisa dalam waktu hitungan hari atau jam.

Pedagang hasil bumi baik besar maupun kecil sudah paham dengan pola perubahan harga ini. Walaupun kadang juga tidak bisa memprediksi dan mengikuti perkembangan harga yang berubah cepat.

Ciri kenaikan dan penurunan harga signifikan berlaku pada hampir semua jenis komoditas pertanian, terutama komoditas pertanian yang budidayanya sangat dipengaruhi oleh cuaca. Banyak perusahaan perdagangan komoditas besar turun langsung ke on farm untuk mengamankan stok dan menyesuaikan kenaikan atau penurunan harga.

Faktor yang Mempengaruhi Harga dari Sisi Penawaran

Cuaca berpengaruh besar terhadap harga penawaran. Namun, cuaca bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi harga komoditas pertanian dari sisi penawaran. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga dari sisi penawaran. Penawaran harga komoditas pertanian dari petani atau pelaku uaha on farm, dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1. Perubahan Harga Input

Yang termasuk input diantaranya, pupuk, bibit dan benih, obat dan protein, air, tanah, peralatan utama pertanian, dan tenaga kerja. Jika salah satu atau sebagian besar harga input naik, tentunya akan menyebabkan pada kenaikan harga ditingkat petani atau pembudidaya on farm

Misal, harga pupuk dan tenaga kerja naik, petani, atau pembudidaya on farm juga akan menaikan harga komoditas hasil panennya.

2. Harga Komoditas Lain yang Berhubungan

Kenaikan atau penurunan harga komoditas pertanian juga dipengaruhi oleh komoditas lain yang berhubungan. Misal, kenaikan harga ayam potong naik dapat menyenabkan kenaikan harga jagung sebagai bahan atau sumber pakan ayam. 

3. Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi yang berpengaruh pada harga komoditas pertanian dari sii pertanian adalah perubahan teknologi ditingkat hulu. Misalnya, adanya pupuk atau teknologi yang meningkatkan produktivitas budidaya sampai 100%. Tentunya, ini akan menurunkan harga dari sisi penawaran karena produksi melimpah.

4. Ramalan Penjualan pada Harga

Petani atau pembudidaya no farm menahan penjualan atau meningkatkan harga jual ketika melihat tern permintaan atau harga yang akan meningkat di masa yang akan datang. Contohnya, harga gabah naik ketika datang musim kemarau, atau turun ketika sudah mulai musim tanam.

5. Cuaca

Cuaca berpengaruh besar pada produktivitas pada budidaya outdoor. Harga cabai akan tinggi di musim hujan karena produktivitas budidaya cabai menurun di musim hujan.

Faktor Lainnya dan Faktor Dominan

Selain faktor dari sisi penawaran, kenaikan atau penurunan harga juga disebabkan oleh faktor lainnya. Seperti, 1) transparansi tata niaga yang berpotensi adanya penimbunan ditingkat pendistribusian, 2) transportasi, akibat kenaikan BBM, dan 3) perubahan teknologi di tingkat hilir yang berpotensi menaikan permintaan.

Atas berbagai faktor yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga tersebut, faktor dominan tidak tetap, atau dapat berubah.

img feature:: GenAgraris.ID
  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi
Ratya Anindita, Nur Baladina. Pemasaran Produk Pertanian. Penerbit Andi. 2017

0 Komentar