Budidaya

3 Tips Anti Ribet Mengatasi Hama pada Tanaman di Pekarangan Rumah

Kedala karena hama ketika bercocok tanam dapat dengan menanam tanaman penangkal hama, menggunakan pestisida alami, atau penanganan manual. 

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
null

Pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas manusia menjadi terbatas, memaksa manusia menerapkan prosedur 'new normal' atau 'kenormalan baru' untuk mencegah penularannya. Berbagai kota di berbagai negara terpaksa di-lockdown. Masyarakat dianjurkan untuk dirumah saja.

Bercocok Tanam Menjadi Kegiatan Ditengah Pandemi Covid-19

Karena pembatasan aktivitas itu, dan dampak lainnya akibat pandemi Covid-19 yang sudah merangsak ke sektor ekonomi, pangan, distribusi, dan perdagangan, banyak masyarakat mulai kembali ke sektor dasar yaitu pertanian. Ini sisi positifnya, banyak orang saat dirumah saja mulai memiliki hobi baru atau bahakan hobi lama yang mulai dijalankan lagi. Apa itu? Yup, bercocok tanam.

Berawal dari coba-coba menanam sayuran, tanaman hias dan tanaman obat seperti empon-empon, tidak sedikit juga setelah enam bulan, aktivitas menanam yang tadinya hobi dan mengisi waktu di rumah saja malah menjadi bisnis baru. 

Manfaat dari bercocok tanam salah satunya menghilangkan stress. Hobi bercocok tanam itu dibilang gampang bisa jadi sulit, atau sebaliknya. Selalu ada kendala dalam merawat tanaman, salah satunya daun yang menjadi berlubang karena hama. Berbagai jenis hama dan penyakit tanaman menghinggapi atau menyerang tanaman yang ditanam di pekarangan rumah.

Tips Menanggulangi Hama atau Penyakit Tanaman yang Ditanam Di Sekitar Rumah 

Nah, untuk menanggulangi kendala itu berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi hama atau penyakit pada tanaman di pekarangan rumah.

1. Cara Alami

Kalau tingkat serangan hama yang 'datang' ke tanaman hanya sedikit, misal kurang dari 5 ekor belalang tiap satu pot tanaman, maka cara alami lebih baik dilakukan. Cara alami tentu lebih praktis karena mudah dan cepat.

Cara paling mudah ini bisa dilakukan secara manual dengan tangan untuk mengambil langsung hama yang menyerang. Namun, juga bisa menggunakan pinset atau alat lainnya dan bisa juga dengan mematahkan bagian tanaman yang terserang hama dan membuangnya jauh-jauh dari halaman rumah.

2. Menanam Juga Tanaman Penangkal Hama

Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai penangkal alami hama tanaman seperti bawang putih, tagetes (marigold), dan tanaman mint. Tanaman-tanaman tersebut mengeluarkan senyawa alami yang aroma tidak disukai oleh hama serangga.

Jadi mulai sekarang ketika bercocok tanaman dirumah, jangan lupa untuk tanam tanaman “penangkal hama” juga di sekitar halaman rumah.

3. Menggunakan Pestisida Alami

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk membasmi hama pada tanaman kesayangan yakni menggunakan pestisida alami. Cara ini cukup mudah dan murah serta bisa buat sendiri. Bahan baku untuk membuat pestisida alami dengan mudah ditemui di dapur rumah, seperti cabai merah dan bawang putih.

Nah, untuk membuatnya cukup mencampur kedua bahan tadi yang sudah dihancurkan dengan air. Lalu, biarkan campuran tersebut selama sehari semalam. Setelah itu, saring campuran tersebut dan encerkan lagi cairan hasil penyaringan menggunakan air dan pestisida alami siap dipakai dengan cara menyemprotkan cairan pestisida alami tersebut ke bagian tanaman yang diserang.

Selamat Bercocok Tanam

Demikian tips untuk mengatasi hama pada tanaman yang ditanam di pekarangan rumah. Dengan kegiatan bercocok tanaman, selain menghilangkan stress, hikmah yang bisa diambil dari pandemi ini, selain jadi jago bercocok tanam, tentunya menjadi ahli dalam mengatasi hama yang menyerang tanaman.

Selamat bercocok tanam. 

  1. 0 Komentar
  2. 0 Dibagikan
Referensi

Paul Manning. Growing your own food during the coronavirus pandemic? Plan for pests. Diakses 16 September 2020. https://theconversation.com/

0 Komentar