A-Z Hama Tanaman

Xylosandrus morigerus dan X. compactus

Serangga Xylosandrus morigerus dan X. compactus (Coleoptera: Scolytidae) merupakan jenis hama yang termasuk kedalam kelompok kumbang-kumbangan. Jenis hama ini dikenal sebagai penggerek ranting pada tanaman kopi robusta. Umumnya, serangan hama penggerek ini terjadi pada tanaman kopi yang sebelumnya pertumbuhannya sudah terhambat atau kurang baik, karena gangguan dari nematoda.

Distribusi hama penggerek ranting kopi ini daiantaranya yaitu Afrika Timur, Madagaskar, Reunion, Srilanka, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua New Guinea, Queensland, Samoa, Fiji, Caroline Island, Colombia, dan Brazilia. Siklus hidup hama penggerek ranting kopi ini terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan imago (serangga dewasa).

Hama penggerek ranting kopi, Xylosandrus morigerus dan X. compactus adalah hama polifag. Selain kopi yang berfungsi sebagai tanaman inang, ada beberapa tanaman inang dari kedua hama tersebut, diantaranya kakao, alpukat, mahoni, Cassia, teh, Crotalaria, Desmodium, sengon, Tephrosia, dan anggrek Dendrobium, Vanda, dan Cattleya.

Gejala

Gejala serangan yang ditimbulkan oleh hama penggerek ranting kopi ini adalah kerusakan akan ditemukan pada ranting yang sudah berkayu, dengan diameter antara 0,5 – 1,0 cm. Terdapat liang gerek yang dibuat oleh serangga betina, mula-mula melintang kemudian tidak beraturan, tetapi biasanya memanjang.

Selain itu, bagian dalam liang gerek serangga betina terdapat cendawan ambrosia yang berkembang biak, sehingga kondisi tersebut menyababkan kematian pada ranting kopi. Pada tanaman muda, kematian ranting ini lebih banyak terjadi. Apabila ranting dapat bertahan hidup, maka biasanya bekas liang gerek akan dihuni oleh semut

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan dan pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama penggerek ranting kopi ini, diantaranya yaitu memotong semua ranting terserang dan membakarnya, memperbaiki pertumbuhan tanaman dengan pemupukan berimbang, penyiangan gulma, dan perbaikan struktur tanah, menanam varietas yang mempunyai kecepatan regenerasi dan kandungan air di dalam jaringan tanaman rendah, serta melakukan konservasi musuh alami, yaitu parasitoid Tetrastichus xylebororum Dom. (Hymenoptera: Eulophidae).

 

-------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


Indriati G, Khaerati, Sobari I, dan Pranowo D. 2017. INTENSITAS SERANGAN PENGGEREK CABANG Xylosandrus compactus (Coleoptera: Curculionidae) PADA EMPAT KLON KOPI ROBUSTA. Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar 4(2): 99-106


Rahayu S, Setiawan A, Husaeni EA, Suyanto S. 2006. PENGENDALIAN HAMA Xylosandrus compactus PADA AGROFORESTRI KOPI MULTISTRATA SECARA HAYATI: Studi kasus dari Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat. AGRIVITA 28 (3)