A-Z Hama Tanaman

Tirathaba Mundella (Ngengat Tandan Kelapa Sawit)

Serangga Tirathaba mundella (Lepidoptera: Pyralidae) merupakan salah satu jenis hama yang merusak bunga dan buah tanaman kelapa sawit. Hama ngengat ini memiliki sayap depan dan sayap belakang merah jingga. Larva berwarna coklat kehitaman dan telur diletakkan secara terpisah.

Cara hama ngengat ini merusak tanaman kelapa sawit yaitu dengan menebar telur di bagian buah kelapa yang masih muda. Setelah telur menetas kira-kira 4 sampai 5 hari, larvanya akan merangsek masuk ke dalam buah kelapa sawit. Tanaman inang lain hama ngegat ini yaitu kopi, durian, sorgum, tengkawang dan jarak (Ricinuas).

Gejala

Secara umum, hama ngengat ini dikenal sebagai perusak perbungaan dan perbuahan. Larva mulai merusak dari bagian tangkai bunga dan menggerek ke dalam. Larva digunakan sebagian bekas gerekan dengan benang-benang yang dihasilkannya.

Serangan yang terjadi pada buah kelapa sawit yang masih muda tersebut dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu, hama ini juga mengakibatkan tanaman kelapa sawit tidak akan berbuah, yang tumbuh hanyalah pohonnya saja yang terus menjulang tinggi.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi penanganan dan pencegahan hama ngengat ini yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Pemanfaatan musuh alami antara lain lalat Tachinidae (Argyroplax basifulva), Venturia sp. (Ichneumonidae), Apenteles tirathabae (Braconidae) dan Telenemus tirathabae (Scelionidae).
  2. Pemanfaatan feromon atau menggunakan sebuah perangkap yaitu dengan menggunakan pipa PVC yang bagian bawahnya ditutup dengan sepotong kayu. Feromon sintetik digantung pada lubang masuk. Setiap perangkap dimasukkan 2 kg serbuk gergaji sebagai tempat berkembang biak kumbang yang terperangkap hidup di dalamnya.
  3. Penggunaan powdered neem oil cake (serbuk mimba) yang dicampur dengan pasir kemudian disimpan pada pucuk kelapa yang menjadi tempat masuknya serangga tersebut.
  4. Penggunaan naftalene balls (kamfer), 3.5 g kanfer per pohon, yang diletakkan pada tiga pangkal pelepah dibagian pucuk, dan di kontrol setiap 45 hari.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi


http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=181&Itemid=165


http://hewantumbuhan.com/2013/10/22/pengendalian-hama-tanaman-kelapa/


https://en.wikipedia.org/wiki/Tirathaba_mundella