A-Z Hama Tanaman

Thrips Tabaci Lind (Hama Putih atau Trips Bawang)

Trips atau dengan nama latin Thrips tabaci Lindeman (Tysanoptera: Thripidae) merupakan serangga hama dengan ukuran kecil, memiliki bentuk tubuh ramping dengan panjang tubuh sekitar beberapa milimeter. Fungsi ekologi trips adalah trips sebagai predator dan pengurai. Namun, sebagaina besar, trips secara fungsi ekologinyame adalah hama, yang menyerang pada bagian bunga dan daun tanaman dengan cara meraut-menghisap.

Hama T. tabaci bersifat polifag, biasanya menyerang tanaman cabai, mentimun, tomat, wortel, dan sawi hijau. Namun, diketahui bahwa hama merupakan hama utama yang menyerang tanaman bawang-bawangan, khususnya bawang putih. Dikalangan petani, hama ini dikenal sebagai trips bawang atau hama putih.

Selain sebagai hama, fungsi ekologi T. tabaci juga berperan sebagai vektor penyakit pada tanaman tomat, selada, nanas, dan tembakau. Hama T. tabaci juga diketahui menyerang gulma golongan teki. Biasanya, populasi hama trips bawang ini akan meningkat saat musim kemarau dan dapat menyebabkan kerugian akibat kehilangan hasil dari produksi bawang yang menurun.

Gejala

Gejala serangan dari hama trips bawang ini yaitu terlihat pada tanaman bawang ada bekas jaringan daun yang rusak, akibat dari trips yang menyerang dengan cara menggaruk dan menghisap cairan sel daun tanaman bawang, terutama daun yang masih muda. Hama trips bawang ini biasanya banyak ditemukan pada kuncup-kuncup daun.

Daun yang terserang hama ini, awalnya bernoda putih mengkilat seperti perak, kemudian menjadi kecoklat-coklatan dengan bintik hitam. Serangan berat hama ini akan terlihat seluruh daun berwarna putih, sehingga hama ini sering disebut juga hama putih.

Tanaman bawang jika kondisi tersebut terjadi pada saat panen, maka hama trips bawang atau hama putih ini dapat terbawa umbi ke tempat penyimpanan.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan dan pencegahan hama ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu pemasangan perangkap berwarna kuning berperekat sebanyak 80 – 100 per hektar, dan penggunaan pestisida yang diizinkan oleh otoritas legal yang berlaku.

 

-------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Fournier F, Boivin G, Stewart RK. 1995. Effect of Thrips tabaci (Thysanoptera: Thripidae) on Yellow Onion Yields and Economic Thresholds for Its Management. Journal of Economic Entomology 88 (5): 1401–1407


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


Anugrawati HN. 2013. KEANEKARAGAMAN Trips (Thysanoptera) PADA BERBAGAI JENIS TANAMAN SAYURAN DI JAWA BARAT DAN JAWA TENGAH. Skripsi. IPB Press.