A-Z Hama Tanaman

Thrips Parvispinus (Trips)

Serangga trips, Thrips parvispinus Karny (Thysanoptera: Thripidae), merupakan salah satu hama utama pada tanaman cabai. Hama ini memiliki karakter seperti kelompok trips fitofag lainnya yaitu merusak tanaman dengan cara memarut-menghisap.

Tanaman inang utama dari hama T. parvispinus ini adalah cabai, bawang merah, bawang daun dan jenis bawang lainnya, dan tomat. Jika tanaman inang utama keberadaannya jarang ditemukan, hama ini bisa juga menyerang tanaman inang lainnya yaitu tembakau, kopi, ubi jalar, labu siam, bayam, kentang, kapas, tanaman dari famili Crusiferae, Crotalaria, berbagai jenis kacang-kacangan, mawar, dan sedap malam.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh hama T. parvispinus pada daun tanaman berupa bercak keperakan. Diketahui serangan berat T. parvispinus pada tanaman cabai dapat menyebabkan bercak keperakan menjadi kecoklatan dan daun mengeriting dengan arah ke atas. Hama T. parvispinus juga berperan sebagai vektor virus TSV (Tobacco streak ilarvirus).

Gejala

Gejala serangan hama T. parvispinus paling banyak dijumpai pada permukaan atas daun atau bunga dari tanaman. Hama ini menyerang dengan cara menggaruk dan mengisap cairan daun muda dan tunas-tunas muda tanaman. Hal tersebut mengakibatkan sel-sel tanaman menjadi rusak dan mati, serta daun tanaman menjadi keriput, mengeriting dan melengkung ke atas. Akibat hisapan hama trips ini, jaringan tanaman menjadi kering sehingga menimbulkan gejala keperakan.

Apabila intensitas serangan hama trips tinggi, akan terlihat gejala berupa tepi daun berkerut, menggulung ke dalam dan timbul benjolan seperti tumor, mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi kerdil. Dan, ketika daun tersebut dibuka, terdapat imago yang berkelompok.

Penanganan dan Pencegahan

Startegi penanganan dan pencegahan hama trips ini diantaranya, diantaranya:

  • mengatur waktu tanam,
  • memasang perangkap likat warna kuning dan perangkap tersebut dipasang pada saat tanam,
  • penggunaan mulsa plastik hitam perak untuk memutus siklus hidup,
  • aplikasi pestisida berbahan aktif merkaptodimetur sesuai dosis anjuran, dan
  • aplikasi agens hayati seperti Beauveria bassiana.

 

---------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Sartiami D, Magdalena, Nurmansyah A. 2011. Thrips parvispinus Karny (Thysanoptera: Thripidae) pada Tanaman Cabai: Perbedaan Karakter Morfologi pada Tiga Ketinggian Tempat. Jurnal Entomogi Indonesia 8 (2): 85-95


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve