A-Z Hama Tanaman

Tenuipalpus Pacificus Baker (Tungau Merah)

Tungau Tenuipalpus pacificus (Arachnida: Acari: Tenuipalpidae) merupakan jenis tungau yang menjadi hama pada tanama hias anggrek. Tungau ini memiliki tubuh berwarna merah berukuran sangat kecil, kira-kira 0,1 mm, karena itu hama tungau ini dikenal dengan istilah hama tungau merah. Umumnya keberadaan hama tungau merah ini ditemukan di permukaan bawah daun. Hama tungau merah mengambil makanan dari tanaman dengan cara menusukkan alat mulutnya ke jaringan tanaman dan mengisap cairannya.

Tanaman inang dari hama tungau merah ini diantaranya adalah sebagai berikut: Phalaenopsis sp., Dendrobium sp., Orcidium sp., Vanda sp., Gramatophyllium sp., kapas, kacang-kacangan, jeruk, dan gulma terutama golongan dikotil.

Gejala

Gejala serangan dari hama ini yang mudah diamati yaitu pada permukaan bawah daun terdapat bercak atau titik berwarna putih keperakan, kemudian meluas menjadi bercak tidak beraturan dan seluruh daun menjadi kuning, pada permukaan bawah berwarna putih perak. Pada tingkat serangan lanjut daun menjadi keriting dan kerdil kemudian gugur, selain itu pucuk serta tunas mengeriting, melengkung ke bawah.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi dalam penanganan dan pencegahan serangan hama ini yaitu sesuai dengan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT), diantaranya sebagai berikut:

  1. Secara fisik, dengan melakukan strelisasi media tumbuh, seperti melakukan uap panas agar tanaman bebas dari organisme pengganggu tanaman (OPT) yang dapat ditularkan melalui media tumbuh.
  2. Secara kultur teknis, pemeliharaan tanaman secara optimal, pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan kebun.
  3. Aplikasi pestisida nabati dan pestisida kimiawi secara bijak

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Hanudin, Djatnika I. 2012. Inovasi Teknologi Pengendalian Hama/Penyakit Utama Mendukung Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Anggrek yang Berdaya Saing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Anggrek.


Karyatiningsih R, Ramadhani S, Desmawati, Sianturi DA, Utami LS, Haryati, Wiyono S, Hanudin. 2008. Buku Saku, ISBN 978-979-3147-30-7. Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tanaman anggrek dan krisan. Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortiklultura, Dirjen Perlindungan Tanaman Hortikultura, Jakarta, 62 hal.


http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=185&Itemid=179