A-Z Hama Tanaman

Sundapteryx Biguttula / Amrasca Biguttula (Wereng Kapas)

Serangga Sundapteryx biguttula (Hemiptera: Cicadelidae) merupakan jenis wereng yang menjadi hama pada tanaman kapas.Hama wereng ini menyerang sejak tanaman kapas yang masih muda di lapangan. Hama wereng kapas ini selalu menimbulkan masalah di daerah kering seperti di pertanaman kapas Indonesia bagian Timur. Serangan pada tanaman muda dapat menyebabkanpertumbuhan tanaman tertekan, sedangkan serangan pada tanaman tua dapat menyebabkan bunga dan buah berguguran serta serat-serat kapas yang dihasilkan bermutu rendah.

Gejala

Beberapa gejala serangan hama wereng kapas ini, yaitu:

  1. ujung daun menjai menguning dan agak mengkerut;
  2. ketika terjadi serangan berat, maka warna daun menjadi coklat memerah dan pertumbuhannya menjadi kerdil. Pada permukaan bawah daun yang terserang sering terdapat bercak berwarna kuning. Kemudian daun akan mengering dan gugur.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi penanganan dan pencegahan dari serangan hama kumbang ini diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan varietas tolrean, seperti Kanesia 14 dan 15, karena kedua varietas tersebut memiliki daun yang berbulu lebat sehingga wereng kapas tidak mampu menghisap cairan daun dan meletakkan telur.
  2. Penggunaan tanaman pagar, seperti kacang hijau. Karena tanaman kacang hijau dapat berperan sebagai tanaman pagar jika ditanan bersamaan dengan kapas. Tujuan tanaman pagar tersebut yakni untuk menarik musuh alami dari wereng kapas (Coccinella dan Chrysopha sp.) sehingga musuh alami tersebut dapat berkembang biak karena ketersediaan inang tanaman kacang hijau tersebut.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://sinta.ditjenbun.pertanian.go.id/wereng-kapas/

 

Annie Papulung Saranga. 1989. Bionomi Amrasca (Sundapteryx) biguttula Ishida (Homoptera: Cicadellidae) Pada Empat Varietas Kapas di Sulawesi Selatan. Disertasi. IPB Press.