A-Z Hama Tanaman

Riptortus Linearis (Kepik polong)

Hama kepik polong Riptortus linearis (Hemiptera: Alydidae) diketahui sebagai hama yang menyerang polong dan biji kedelai. Hama ini dapat menimbulkan kerusakan yang dicirikan dengan polong menjadi kosong tidak berbiji dan menyebabkan kerusakan yang parah. Akibat serangan hama kepik polong ini, dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga mencapai 80% bahkan kegagalan panen jika tidak ada tindakan pengendalian hama ini.

Hama kepik polong ini menyerang untuk menhisap cairan pada biji polong dengan cara menusukkan alat mulut yang seperti jarum (stilet) pada kulit polong, lalu ke biji. Selain tanaman kedelai, hama kepik ini diketahui juga menyerang tanaman lain seperti dadap, kacang panjang, dan kacang hijau.

Gejala

Beberapa gejala yang dapat teramati akibat serangan hama kepik polong ini, yaitu:

  1. Serangan hama ini biasanya terjadi pada fase perkembangan biji dan pertumbuhan polong menyebabkan polong dan biji kosong,
  2. Serangan berat hama ini pada fase perkembangan menyebabkan polong mengering dan menjadi gugur.
  3. Serangan pada fase pengisian biji menyebabkan biji menjadi hitam dan busuk.
  4. Serangan hama ini pada polong tua menyebabkan kualitas biji menurun karena adanya bintik-bintik hitam pada biji atau biji menjadi keriput.
  5. Selain itu, gejala serangan sangat jelas terlihat pada kulit biji dan kulit polong bagian dalam berupa bintik hitam atau coklat. 
  6. Kerusakan pada biji dan kulit polong disertai dengan serangan jamur.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi penanganan dan pencegahan hama kepik polong yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Melakukan tanam serempak dengan selisih waktu kurang dari 10 hari
  2. Melakukan rotasi tanaman
  3. Secara bilogis, penggunaan cendawan entomopatogen Lecanicillium lecanii, yang mampu menginfeksi telur, nimfa, dan kepik coklat hama ini dengan tingkat kematian mencapai 50%.
  4. Aplikasi pestisida apabila populasi mencapai ambang kendali.

 

---------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/infotek/hama-pengisap-polong-riptortus-linearis-pada-tanaman-kedelai-dan-cara-pengendaliannya/